Liburan, Perawatan Motor dan Kantong Jebol

Sebentar lagi masa liburan semester gue habis dan sudah hampir di pastikan liburan kali ini tidak ada yang istimewahnya.

Faktor tidak ada planning secara mateng, akhirnya memaksa gue mesti jadi anak rumahan, yang kerjaan utamanya yaitu ngabisin stok makanan dan lauk dirumah. Selain tidak adanya planning buat liburan, faktor lain yang mendukung, antara lain jadwal gue yang gak sama dengan anggota keluarga gue yang lain. Gue libur, sedangkan yang lain masih sibuk dengan aktivitasnya. Yaudah dari pada gue mesti liburan sendirian, mending gue dirumah aja deh, ngelanjutin ngemil kolor dalem kamar, apes...

Selain menimbun makanan, gue juga ngabisin waktu liburan dengan olahraga. Yap, kesehatan dan kebugaran fisik ini penting lho buat di jaga. Karena kita tahu ye, selama liburan itu, banyak orang mengabaikan kesehatan semisal begadang, alhasil kondisi kesehatan badan pun menurun imbasnya gampang terkena sakit. Ehmmm... padahal sepele penyebabnya itu, mereka rela begadang demi memastikan kebenaran berita, apakah bener Haji Sulam sudah ambil saham bisnis kripik maicih ? atau gak berita tentang Haji Muhidin yang telah di angkat jadi menteri pertahanan banjir di jakarta ? aduuuuuh, sayang bangetkan begadang cuma untuk sekedar berita yang begituan. Mending olahraga, badan jadi sehat, nafsu makan tetep terjaga. *Senyum Najong*

Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan badan selama liburan yang gak istimewah ini, gue mesti tetep olahraga. Karena gue orangnya gak mau yang ribet-ribet, jadi olahraganya pun gue pilih yang gampang aja yaitu senam jari. Menurut gue, ini olahraga pilihan yang terbaik untuk saat ini, karena senam jari itu murah, efesien, mudah dilakukan, dan gak susah buat nentuin lokasi. Bisa dilakukan di indoor maupun outdoor. Perantaranya pun banyak, dengan mencat-mencet remote tv atau keypad handphone itu sudah lebih dari cukup. Olahraga, merakyatlah pokoknya.

Inget pribahasa, sambil menyelam minum kopi tubruk. Jadi, senam jari ini ngasi banyak banget dampak positif menurut gue. Kita ngelakuin olahraga ini, badan tetep sehat, trus tingkat kelenturan jari kian meningkat. Imbasnya dari lenturnya jari, tentu sangat membantu kita dalam proses melancarkan pengorekkan upil di hidung. So, buat temen-temen yang kadang kala mengalami kebuntuan dalam proses ngorek-ngorek upil, gue anjurin sering-sering senam jari deh. Inget, yang bermasalah itu bukan upil yang keras, tapi lebih kepada jari kita yang kurang pandai dalam mengorek-ngoreknya.

Itu baru sebagian kecil dari manfaatnya senam jari. Belom lagi seandainya, senam jari ini sudah dapat menuai prestasi, ya katakanlah dapet gelar Guinness World Record dalam kategori jenis olahraga yang aneh. Wuih...gak kebayang deh bila ini beneran terjadi, pasti makin popular deh... ehmm.

Oke, cukup deh… Fokus-fokus-fokus !!
Di
postingan gue kali ini gue emang akan membahas dua hal yaitu kesehatan dan perawatan. Namun, disini gue gak akan ngebahas banyak tentang kesehatan, tetapi lebih akan membahas kepada soal perawatan.

Langsung aja ya.
Jadi, selama semester 3 kemarin, sewaktu di mata kuliah RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) bukan Rayuan Perempuan Letoy. Nah, gue sering banget denger istilah perawatan (maintenance).

Apakah itu perawatan ?
Sejenis girl band kah ?

Oke, oke… sabar, gue bakal lanjutin kok, maka dari itu dibaca dengan seksama ya, biar perlu ambil lup (baca : kaca pembesar) biar jelas ngebacanya :p

FYI, perawatan itu sangatlah penting dalam segala hal. Perawatan juga harganya terbilang mahal. 

Sewaktu belajar RPL, gue inget banget dengan kalimat ini...


Perawatan lebih mahal ketimbang pengembangan


Maksud dari kalimat itu, dalam segala hal kita mungkin dengan gampang memakai, menggunakan, ngerombak, nge-edit benda (produk) yang kita punya, tapi nantinya bakal ngebikin kantong jebol kalo seandainya benda yang kita pake gak terlalu kita perhatiin alias gak terawat sama sekali, ujung-ujungnya rusak.

Aduh... nyols, gue gak ngerti lo ngomong apa ? sumpah demi jenggot pak tiff sembiring, lo ngomong udah kayak kecoa lagi ngerumpi. Gak paham terus bikin gue rempong deh.

Santai bro... santai *nyumbat mulut pake deodoran*, gue bakal jelasin !
Gue ambil contoh simple aja nih. Misalnya lo beli handphone berlabel “cina”. Lo udah tau kan, kalo hp yang jenis itu, cepet rusak bila lo gak pake pada mana mestinya. Anggap saja , lo dengan sengaja jatuhin hp lo itu dari gedung lantai 5 ke lantai paling bawah, inget “sengaja” lo jatuhin. Yaudeh, otomatis bakal rusak tuh hp lo, kalo gak rusak berarti hp lo lagi mujur, itu pun mungkin.
Gimana paham ?

Kalo gak paham juga, gue kasih contoh lagi deh. Masih dengan hp yang sama, kali ini beda perlakuan. Yaitu, saat lo mencoba melakukan manuver-manuver dahsyat ketika mencet keypad hp lo dengan obeng gitu. Niscaya, hp lo jadi rusak deh.
Dari sono bisa kita ambil kesimpulan, perawatan yang kurang maksimal tentu ngebikin barang yang lo gunakan (pake) bakalan mengalamin kerusakan. Jika sudah rusak begitu, biaya untuk perawatan akan sangat mahal ketimbang saat awal kita beli. Terus, lo coba benerin hp lo, tentu ini menyedot biaya cukup besar, ditambah lagi presentasi hp lo yang akan baik 100 % belum tentu terjamin. Untung kagak rugi iya, benerkan ?

Nah, sama yang gue alamin sekarang. Beberapa minggu yang lalu, motor gue masuk rumah operasi motor (baca : bengkel). Lantaran, sudah hampir 3 bulan gue gak servis motor (pemilik yang tak ber pri-kemotoran). Gara-gara kelakuan gue itu, akhirnya dengan terpaksa motor gue mesti dibawah ke bengkel. Awalnya gue cuma mau servis yang ringan-ringan aja gitu, misalnya ganti oli, kencengin rantai, dll. Namun setelah gue curhatin tentang problem motor gue, dengan tukang servisnya (baca : mekanik), keadaan langsung berubah drastis. Awalnya sedikit yang akan di servis, eh… malah berubah jadi super-duper banyak servisan di motor gue.

Oh ya gue servisnya di bengkel resmi merk motor gue itu sendiri. Gak mau lagi deh di bengkel yang abal-abal. Trauma gue.

Gue : Pak, gue mau servis motor

TS (Tukang Servis) : Oh iya mas, ini mau di servis apanya ?

Gue : Anu pak, tolong ganti oli, ganti pack rem sama kencengin rantainya

TS : Cuma itu aja ya mas ? Apa ada yang lain ?

Gue : Ada mas, ini ban depan kayaknya bengkang deh, tolong di cek dong 

TS : *ngecek* ini mas, soknya yang rusak nih, jadi mesti di ganti

Gue : Yaudah pak, diganti aja, gpp

TS : Ada lagi mas ?

Gue : Ada mas, minggu kemarin motor gue dikencingin oleh kucing

TS : trus...??

Gue : Gpp sih, cuma cerita doang pak

TS : *nelen ludah* *keluar mimisan dari hidung*

Iya, emang bener sih, beberapa hari yang lalu motor gue di kencingin kucing. Kok bisa terjadi ? Baca aja deh, disini. Hahahaha

Fokus woi, fokus...
Gue pikir servisnya itu cuma beberapa jam gitu, eh... ternyata lama juga bray. Kira-kira selama 4 jam-an lebih deh. Dan gue yakin pasti tingkat keparahan rusaknya motor gue udah kelewatan banget. Buktinya selama masa servis itu berlangsung, si TS sering banget ngampirin gue, ngejelasin masalah yang terjadi pada motor gue. Banyaklah pokoknya. Dan gue yang gak tahu apa-apa, akhrinya gue cuma bisa meng-iya-kan apa yang TS bilang. *Nasib gak paham seluk beluk motor*

TS : Mas, ini rusak jadi mesti diganti…

TS : Mas, itu rusak, ganti ya… 

Gue : Oke mas, sekalian itu muka kamu di ganti ya, epet gue liatnya !

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya selesai juga servis pada motor gue. Gue di izinin beberapa menit buat tes drive dan wuih... serasa enteng aja motor gue, dan bener-bener nyaman banget pas ngendarainya. Mungkin seandainya motor gue bisa ngomong, dia pasti bilang kayak gini.

"Akhirnya aku sehat, kini aku siap untuk berkelana lagi…."
Selesai tes drive, waktunya pembayaran. Sebenarnya, saat masa servis berlangsung gue sudah memikirkan dan memperkirakan seberapa besar budget yang bakal gue keluarkan untuk biaya servis motor gue ini. Ya, gue taksir di kisaran 300 ribu biaya yang harus gue keluarkan. Dan, saat gue ngampirin kasir.

Gue : Mbak, jadi berapa total biaya ?

MK (Mbak  Kasir) : 569 ribu mas, ini notanya. *nyodorin nota*

Gue : *Shock* *mata melotot* *Hidung KembangKempis* *ngambil nota* *membaca*

Gue : Oooooh.... jadi 569 ribu ya mas, *nyengir* *muter badan check dompet*

Mampus banget, gue cuma ada 350 ribu di dompet. Dan rasanya pengen nyembunyiin kepala gue di ketiaknya Tamara Bleszynski. Gue udah khawatir banget bakal di tonjok oleh si TS pake obeng. Akhirnya gue make jurus andalan, yaitu phone a friend (nelpon ibu).

Kira-kira nunggu 15 menit, akhirnya ibu gue datang. Senyum sumbringah gue muncul lagi. Jadi, ibu gue cuma nambahi uang 220 ribu dari uang yg gue punya tadi. Total uang yang kembali ke gue sebesar Rp.1000, dan kata lumayan terucap. 

“lumayan… bisa buat beli kuaci”
 
Setelah itu masalah gue kelar juga. Dan gue pulang dengan selamat.
Okey temen-temen, sory ya panjang banget tulisan gue kali ini hehe. Gue harap lo tahan ngebaca sampe kelar deh, aamin.

Sekedar mengingatkan kembali.
Bahwa perawatan itu penting banget. Untuk semuanya tanpa terkecuali, baik benda mati yang kita miliki atau pun tubuh kita sendiri. Bayangkan, seandainya kita gak ngerawat badan kita sendiri, tentu ujungnya bakal kena sakit deh ? Pas cak-cek ke dokter, eh… ternyata bukan sakit ringan melainkan cukup parah, pengennya pake bodrex  sembuh gitu, malah harus lanjut pake infus, so… otomatis biaya yang dikeluarkan pun tentu sudah banyak dong ? Iya kan ? 

Maka dari itu, gue mau bilang, mulai dari sekarang cobalah untuk lebih ngejaga apa yang telah sehat sekarang. Kita punya barang sebisa mungkin kita jaga, dirawat jangan sampe rusak. Paling penting, tubuh kita. Jika sekarang kita sehat bugar, usahakan buat ngejaga biar sehat terus, pokoknya mulai mencoba untuk sayangin tubuh kita sendiri. Walau gak 100 % banget, setidaknya dalam sebulan itu kita menuangkan waktu sebentar, hanya sekedar untuk olahraga.

perawatan blog

Semoga apa yang gue omongi itu ada benernya ya *Nyihahahaha

Pesan moral : perawatan itu emang penting, penting lagi bila mau pergi buat servis motor bawalah uang yang cukup, usahakan jangan kurang apalagi pas. Dan sebisa mungkin bawa alat komunikasi semisal handphone, siapa tahu nanti mengalami kesulitan, kita bisa pake bantuan phone a friend. Namun, bila itu semua tidak anda persiapkan, yaudah siap-siap akting memelas + kantong bolong aja.

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Liburan, Perawatan Motor dan Kantong Jebol"

  1. gk sayang duit? mnding tuh motor jual bli bru komen bacck y

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kalo emang udah parah, mending bener deh ketimbang sayang uang :>

      Hapus
  2. Kadang emang suka kesel tuh perkirain segini gak taunya segono eh bawa duitnya segitu! Udh tewas aja gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, jgn tewas gara2 hal yang beginian deh pil..
      tapi bener, mikirnya segini eh.... pas di coba beneran, melebihin apa yg kita pikirkan...
      rugi dah wwkw

      Hapus
  3. wakakakak xD
    Bantuan Phone a friend nya mantep juga bang. eh tapi tapi kalo ibu waktu itu gajawab telfonnya, apa yang bakalan terjadi yaa?

    apakah tiba-tiba "seorang Tukang Servis nekat adu tonjok dengan pelanggannya" bakalan jadi headline news dikoran esoknya? #plak xD

    BalasHapus
  4. eaaaaa pas awal postingan kirain si onyol ikutan senam bareng ibu ibu :p
    taunyaaa lagi perawatan motor tercintah yaa nyol..
    selamaaaat yaaa motornya udah okee lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bacanya smpe kelar kan ?
      emg klo setengah2 pasti mikirnya gue masuk tim, senam tante feny rose gitu :D

      Hapus
  5. beh,
    iyalah yang nilai RPL nya bagus, langsung bawa-bawa mata kuliah RPL.

    Berarti motor lo udah siap dibawa ke hutan lagi donk nyol ?
    kan udah sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah dong Oi :p

      kamfreet ! bukan hutan woi, tapi jungle...

      Hapus
  6. gue donggg.. liburaannyaaa..
    gak kemana2 juga si.. mehehehehe ;D

    BalasHapus
  7. hihih, aku kira perawatan untuk kesehatan.. X))

    BalasHapus
  8. Thanks infonya bermanfaat sekali,...

    BalasHapus
  9. haha kejadiannya sama yang pernah alami yaitu kekurangan duit gara2 nyervis akhirnya gue nelpon ibu gue dan yang datang ayah gue..
    senasib apa sejodoh kita wkwkwkkw (najis tralalala)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente yang ngomong begono... bukan gue ye... najis :p

      Hapus
  10. Mari bergabung bersama KARTUVIPQQ Agen Poker Online Win Rate Tertinggi dan Terbesar di Indonesia.

    Jangan menunda kesempatan untuk jadi jutawan, join sekarang juga !!!

    Jangan mengaku jago main poker & domino kalau belum bermain di KARTUVIPQQ

    Kami hadir dengan 9 macam permainan dalam 1 ID :
    - Bandar Poker
    - Poker
    - BandarQ
    - Bandar66
    - Domino99
    - Bandar66
    - Sakong
    - Capsa Susun
    - Perang Baccarat


    Dapatkan bonus terbesar di KARTUVIPQQ
    - BONUS MINGGUAN : 0.5% [Tanpa Syarat]
    - BONUS REFERRAL : 20% [Seumur Hidup]

    Ajak teman anda sebanyak-banyaknya dan tingkatkan turnover Anda, maka makin banyak bonus yang akan di dapatkan.

    Kemenangan anda merupakan kebanggaan kami, karena dengan kemenangan anda, maka anda akan semakin betah bermain di KARTUVIPQQ

    - LiveChat KARTUVIPQQ Online 24 Jam Non Stop
    - Support Platform ANDROID dan IOS
    - Minimal Deposit 15.000 / Withdrawnya Rp 20.000
    - Proses Deposit / Withdraw tidak sampai 3 menit !
    - Bertransaksi di support 5 BANK : BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON
    - 100% Player VS Player ( NO ROBOT / ADMIN!)
    - Win Rate Tertinggi 99% Pasti Menang


    Gabung Di Sini, Lebih Banyak Menangnya !!!

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di.
    Whatsapp : +85510791654

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols