Tipe-tipe Orang Makan Bakso Dan Rahasia Di Baliknya

Bakso bulat seperti bola pingpong,
Kalo lewat membikin perut kosong,
Jadi anak janganlah suka bohong,
Kalo bohong digigit sapi ompong...

Temen-temen masih ingat sepenggal lirik lagu di atas? Yaps, itu adalah lagu anak-anak, lagu dijaman gue masih unyu pake banget deh. Judul lagunya kalo gak salah, "Mamang Tukang Bakso". Atas dasar lagu inilah yang membuat dan mendoktrin kebanyakan orang indonesia akhirnya kenal bakso, pokoknya demen banget makan makanan yang satu ini.

Well, kali ini gue bakal bahas tentang bakso. Siap-siap laper deh dan inilah wujud dari  bakso...jeee...jreeeeeeng!

Bakso Daging Sehat
Dingin-dingin enak loh makan bakso, apalagi bareng kekasih hmm....


Biar lebih afdol, gue jelasin dulu secara singkat tentang bakso dan antek-anteknya.

Sejarah bakso gue gak tau siapa yang ngebikinnya dan siapa juga yang melopori untuk memakan makanan yang satu ini, yang gue tau setelah gue lahir udah ada lagu mamang tukang bakso otomatis bakso udah ada dong sejak dulu *analisa gokil*. Bakso itu bentuknya bulat, biasanya disajikan dalam mangkok, ada mie kuning, daun bawang juga ada bawang gorengnya. Bentuk bakso itu juga aneh-aneh, mulai ukuran kecil sebesar kelereng atau bola pingpong, sampe paling gede sebesar buah apel bahkan sampe ada yang lebih besar. Makan baksonya pelan-pelan aja, kenapa mesti pelan-pelan? ya iyalah harus! emang mulut loh muat langsung disempelin sebuah bakso seukuran apel ? *sempelin bakso borax*.

Gimana udah cukup jelas??

Oke, lanjut.

Siapa sih yang gak kenal sama bakso? Seantero indonesia pasti kenal dengan bakso. Ya, mau di kota gue atau pun di kota yang lain pokoknya di seluruh indonesia pasti ada yang jualan makanan yang bentuknya bulat ini, walaupun beda cara penyajiannya tapi tetep jua disebut bakso. Hidup bakso !!! 

Ngomongin bakso gue punya hal-hal konyol yang terkadang diluar nalar gue sendiri, lebih tepatnya sewaktu makan bakso. Makan bakso itu paling enak bareng temen atau keluarga dan gue kebetulan sering banget makan bareng temen-temen. Enaknya makan bareng temen itu, satu rame, dua lebih berasa sensasinya, tiga kalo gak ada uang, temenlah yang bisa kita gadaikan buat bayar tuh bakso yang kita beli hahahaha *contoh temen yang baik.

Gue kali ini bukan bahas bentuk atau jenis bakso, tapi lebih tepatnya bahas tipe-tipe orang yang makan bakso. Nah, ternyata banyak banget keanehan dan bisa dibilang extreme dari orang-orang yang suka makan bakso. Apalagi rahasia dibalik keanehan mereka makan tuh bakso, hmmmm.....

Oke, sesuai judul postingan. Gue kali ini bakal kasih tau tipe-tipe orang makan bakso dan rahasia dibaliknya. Cekidot... !

1. Makan Bakso Normal (Pas)
Oke, langsung aja kita mulai dari tipe orang makan bakso yang pertama yaitu makan bakso secara normal (pas). Untuk orang yang satu ini, dia gak melebih-lebihkan ataupun mengurang-ngurangi cara makan bakso yang baik dan benar, makannya normal. Cara dia makan bakso, pasti memadupadankan komposisi antara saos, kecap dan sambel secara merata. Ini tergolong contoh yang patut di tiru dirumah. 

Mereka yang tergolong kedalam tipe orang makan bakso normal, terkadang memiliki sifat yang bisa dibilang adil, sederhana dan simple. Tapi buat kita, tetep waspada aja ya, jangan-jangan tipe orang makan bakso normal ini adalah orang yang baru pertama kali kenal bakso dan pertama kali juga makan bakso, ya... jadinya dia ngambil aman aja gitu, because first moment is important, and second moment is exploration. Itulah filosofi khusus tipe orang makan bakso normal (pas) bahas kecenya: nyoba-nyoba hehehe.

2. Makan Bakso Kuah Murni (Originalitas)
Tipe orang makan bakso berikutnya yaitu makan bakso kuah murni (Originalitas). Jadi, dia makan gak mencampurkan saos, sambel, kecap cukup kuah murni dari penjual bakso doang. Nah,  temen-temen gue banyak banget tergolong ke dalam tipe makan bakso kuah murni ini. Biasanya kebanyakan di minati oleh kaum cewek ketimbang cowok. Kata mereka sih, kalo yang dicampur-campur gitu udah mainstream banget.

Untuk orang-orang yang suka makan bakso kuah murni ini, mereka cenderung menjunjung tinggi yang namanya steril (baca : higenis). Mereka biasanya memiliki sifat pendiam dan gak bisa ditebak, bisa dilihat dari komposisi dia makan bakso, piur kuah doang tidak mau dicampur adukan (original). Tapi sekali lagi gue mesti bilang kita tetep waspada. Orang-orang yang demen makan bakso tapi kuah doang ini, jangan-jangan dia punya penyakit sariawan ber-episode, dimana selalu menyerang diseluruh area bibirnya atau jangan-jangan dia punya fobia sama kecap,sambel, dan saos...hmmm.. mungkin saja iya.

3. Makan Bakso Kuah Murni + Sambel Overdosis
Nah, dari pengalaman gue makan bakso, khusus tipe yang satu ini, yang gue rasa paling extreme. Di kampus, gue punya temen cewek (sebut saja dia bunga) yang suka makan bakso kuah murni tapi mencampur pake sambel. Awalnya gue pikir ini biasa hampir sama dengan tipe ke-2, namun lama kelamaan ada hal menjanggal menusuk mata gue. Saat dia akan mencampur baksonya dengan sambel, dan... astaaaaaaaga dia ngasih sambel yang buaaaanyak banget, overdosis gitu. Kuah yang murni tadi, berubah jadi ke-ijo-ijoan alias sudah terkontaminasi sama sambel. Buseeet dah, extreme bener !! Habis ngeliatnya ngelakuin hal itu, nafsu makan gue hilang, yang ada pengen buru-buru boker.

Sulit gue menebak rahasia dibalik tipe ini, yang pasti buat orang yang tergolong kedalam tipe makan bakso kuah murni + sambel overdosis, mereka-mereka adalah orang yang tangguh. Cuma satu yang gue khawatirin, tuh kalo boker gmana ya rasanya, pedes kali ya? Bukan eek tapi mungkin api yang keluar! Waw, gak kebayang deh. Serem, sadis :(

4. Makan Bakso Lautan Kecap
Mungkin khusus tipe ini yang paling gampang ditebak. Ya… orang yang masuk ke dalam tipe makan bakso lautan kecap, cara makan baksonya sangat simple yaitu mengutamakan banyak kecap ketimbang yang lainnya, alhasil lautan kecap tercipta indah di kuah baksonya. Banyak orang yang tergolong tipe makan bakso yang satu ini, gue yakin banyak juga temen kalian yang tergolong ke dalam tipe ini, gue jamin banyak. Aneh sih, kenapa suka banget pake kecap yang begitu banyak, kalo gue sih ngeliat kuah udah gelep kayak gitu, beeeh.. nafsu hilang, enek iya.

Bagi kalian yang suka makan bakso lautan kecap ini, gue rasa kalian mempunyai sifat yang baik. Karena kita ambil dari basic rasa kecap yaitu manis, menandakan kehadiran kalian tuh berarti bagi orang sekeliling. Ya mungkin, itu rahasianya… tapi gue bisa cuma kasih saran, jangan terlalu demen makan yang manis-manis, nanti bisa sakit gigi lho.

5. Makan Bakso Saos Holic

Habis manis, terbitlah pedas!

Nah, kalo yang satu ini, kebalikan dari yang nomor 4. Mereka yang suka makan bakso saos holic adalah orang-orang yang mengutamakan saos ketimbang kecap atau sambel. Gue masuk dalam kategori ini. Gue biasanya makan bakso banyakan saos, paling kecap gue kasih sedikit terus baru sambel, weeeeh…ajib coy ! Emang pedes sih, tapi gak terlalu parah asal kita bisa mengontrolnya dengan baik alias gak berlebih-lebih banget gitu. Kalo bicara efek, mau manis atau pedes semua punya efek. Dan gue udah terbiasa tuh, habis makan perut mules, ya… namanya juga pedes, tinggal boker deh, beres masalah.

Tipe orang makan bakso saos holic, bisa dibilang energic dan ganteng *bela diri sendiri hehe, gak setuju yaudah lapor Julia Perez aje weeg *keluarin lidah.  Yang terpenting bagi elo yang pengen pindah ke tipe makan bakso yang ini, sering-sering aja olahraga, terutama sit up, kuatin tuh perut…siapa tahu 1 minggu pertama masuk ke tipe ini, tingkat intensitas boker loh mendadak naik 2x lipa.

6. Makan Bakso Absurd
Mungkin kalian gak akan percaya kalo gue nulis tipe makan bakso yang ini. Jujur ya, ini nyata banget dan temen gue sendiri yang masuk dalam kategori ini, temen gue dari jaman playgroup nyampe sekarang gue kuliah. Jadi, dia ini kalo di ajak makan bakso pasti mau, tapi itu tadi absurdnya parah banget. Dia kalo makan bakso pengen mie nya doang, baksonya gak mau! Anehkan? Ini memang diluar pikiran gue, absurdnya udah kronis. Setiap gue ajak dia makan bakso, pasti gue yang ketiban rejeki yaitu pentol bakso gue melimpah habisnya dia gak mau makan pentolnya hahaha dan dia…makan mie sama kuahnya doang hmmm… *tarik nafas*. Rasa sedih tuh ada, tapi dia sendiri bilang “aku gak mau makan baksonya, mau mienya doang”. Hebatkan dia?

Kategori orang makan bakso absurd, yang pasti akan memberikan keuntungan bagi orang disekitarnya, tapi jangan terlalu happy apalagi berharap penuh. Lah enak kalo absurdnya kayak temen gue itu, tapi kalo seandainya absrudnya lebih parah, misal makan bakso tapi pentol baksonya pengen diganti sama pisang goreng, itu kan aneh banget??!!

7. Makan Bakso Ngerampok
Mungkin ini tipe terakhir, yaitu orang makan bakso ngerampok. Tipe ini sangat menjengkelkan, mesti waspada dan harap-harap cemes seandainya dia beraksi. Orang yang masuk kategori ini adalah orang-orang yang gak tau diri, dimana makan belom mulai aja udah ngoceh sana-sini. Pokoknya berbahaya!

“Mbak, tambah kuahnya dong…”

“Mbak, nih mie-nya tambahi lagi dong…

“Mbak, pentolnya dikit aja, tapi uang kembaliannya lebihin ya…?!!”

Biasanya orang-orangnya itu gak pernah merasa puasa, selalu pengen dapetin yang banyak (pas) namun gak menyadari apa yang dia lakuin itu terkadang ngeselin bagi orang lain. Itu baru aksi yang pertamanya, aksi kedunya paling merugikan orang disekitarnya yaitu suka ngerampok pentol bakso orang lain sesuka hati. Banyak cara dilakuinnya, bisa ngambil tanpa permisi, pura-pura ngajak ngobrol tapi garpun nusuk pentol bakso, terakhir ngemis. Ngemesi dia rela lakuin, yang penting dapet, aaaaah resek pokoknya tipe orang makan bakso ngerampok, kita akan mengalamin kerugian dalam upaya penikmatan semangkok bakso !!

Cukup berhati-hati aja kalo seandainya kalian udah kenal orang-orang kategori tipe ini, usahakan sebelum makan bakso kasih label pentolnya satu per satu. Misal, pentol gede ini siapa yang makannya, bayar ke gue Rp.10000, kalo yang kecil ini Rp.5000. Ya, semoga saja dengan adanya tanda (label) ini mereka akan pikir lagi buat ngerampok, aaamin. Waspadalah…waspadalah !

Ya, kurang lebih seperti itulah tipe-tipe orang makan bakso yang selama ini gue alamin. Gue tahu sebenarnya masih banyak lagi tipe-tipe orang makan bakso dengan sejumlah latar belakangnya. Entah apa motif mereka makan bakso seperti itu, yang pasti semua yang mereka lakukan itu punya maksud dan sesuai kemauan si penikmat. Toh, gak ada juga larangan makan bakso, selagi nyaman dan enak menurut si penikmat (pembeli), sah-sah aja kan. Inget pelajaran biologi, yaitu simbiosis mutualisme. Pembeli puas, penjual senang….yeah !!!

Berhubung bahas bakso, sekalian deh gue mau bilang rasa prihatin gue dengan maraknya aksi curang dan kejam dari para pembuat (produsen/penjual) bakso, yang kadang kalah suka ngelakukan hal bodoh demi mendapatkan untung yang banyak.

Santer berita yang lagi hot akhir-akhir ini, yaitu daging bakso yang biasanya dijual, telah diganti dengan bahan dari hewan-hewan yang notabenenya gak bisa di konsumsi sama sekali. Serem deh. Dulu, mie kuning yang katanya gak bagus, dicampur pake bahan kimia (borax) segala, sekarang giliran dagingnya ! kenapa gak sekalian mamang tukang baksonya di ganti pake robot atau gak diganti dengan Jin suster bencong…Aaaah! sial deh! Kan kasihan gitu, bagi mereka yang jual bakso di jalan halal, jadi kena imbasnya juga !! *ikut emosi.

Semoga aja permasalah ini cepat diselesaikan dan oknum-oknum yang berbuat curang dalam kasus ini segera tertangkap dan mendapat hukuman yang setimpal-timpalnya. Hidup bakso sehat !!

Pesan moral : 
inget ya kalo selesai makan bakso, bayarlah ke mamang tukang bakso, jangan ke tukang parkir kendaraan, terus kalo pengen makan bakso datanglah ke tempat jualan bakso, jangan ke apotik !

Subscribe to receive free email updates:

55 Responses to "Tipe-tipe Orang Makan Bakso Dan Rahasia Di Baliknya"

  1. bakso jajanan favorit ane yang ke dua setelah sate padang!!! *promo

    ane yang ke 2 nih Nyols. Original, tanpa saus, hanya kuah murni, dan sifat yang ditebak tepat banget ke ane, pendiam dan sulit ditebak... ane kasih nilai 5 dari 5 untuk Nyols

    ReplyDelete
  2. kyaaaa... jujur ga yaaa? wkwk

    kalo saya sukanya pedas. pake saos dikit, kecapnya dikit aja tapi sambelnya banyaaak. hehe *duh jadi curhat* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur aja kalo bohong ntr di marah haji sulam :p

      ciee sama kita :D

      Delete
  3. Wkwk,. penikmat bakso extrem itu blom prnah gw jumpai nyol :D kbnyakan sih yg kebanjiran saos.
    Klo gw sih, yang normal-normal aja. Udh capek jadi penikmat absurd. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah ? penikmat absurd ? wuih...enak banget ya lo val :p

      Delete
  4. gue yang tipe normal deh tapi gak suka pake saos, gak suka pake kecap juga. cuma bakso sama sambel dua atau tiga sendok. btw kok gak ada tipe overdosis cuka sih? padahal temen gue ada tuh yang ngasih cukanya membabi buta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak ada ? ya itu tadi, setiap daerah beda-beda cara penyajiannya, nah ini gue baru tau ada overdosis cuka :(

      Delete
  5. sayangnya aku bukan pemakan bakso nyoll... :D

    ReplyDelete
  6. makan bakso kasih sambel lumayan plus kecap udah cukup, kuahnya banjir yaa mang,satu porsi plus es teh yaa :D

    ReplyDelete
  7. Gue tipe pemakan Bakso Kuah Murni..
    Biasanya orang yang suka makan bakso kuah murni itu orangnya cantik/ganteng, baik, udah gitu pinter dan berbakat dalam segala hal..
    Beneran..

    ReplyDelete
  8. Nah kalo aku masuk mana dong?
    Kan aku biasanya kalo makan bakso kuahnya murni, tapi bakso,tahu, dan sebagainya itu aku cocol.in ke campuran saus, kecap, sama sambel. Tapi kuahnya masih putih gitu. Hayoo...kalo gitu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... mungkin masuk tipe makan bakso campur aduk wkwk atau ngerampok ya ? hmm (-___-")

      Delete
  9. wah enak juga ya kalau makan bakso bareng yang no 6... Bisa dapat limpahan bakso bulatnya...

    ReplyDelete
  10. cowok gue absurb juga kak, masa bakso panas dimasukin es batu biar agak ademan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih...itu absurd banget kayaknya :3
      tapi bener sih, biar adem

      Delete
  11. aku termasuk dalam kategori Makan Bakso Kuah Murni + Sambel Overdosis, Makan Bakso Saos Holic dan Makan Bakso Ngerampok... hhhahaaa
    wah berarti aku juara donk ya, siiipp harus dapet awards nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. *jleeeb banget ya mei, serem liat lo... pas makan itu masih dalam keadaan sadar kan :3

      award ? hmm... *lagimikir

      Delete
    2. ya sadarlah.. kalo gak sadar mana mungkin bisa makan bakso wkwkwwkwkwk

      iya award.. kan aku pecinta bakso yg super heboh

      Delete
  12. hahahahaha, ane sukanya bakso kalo dikuahin kecap plus sambel overdosis...ade kesan manis di setiap gigitan tapi juga ada pedes2nya juga...
    soalnya, ane juga mengikuti prinsip hidup, bahwa hidup gak selalu manis, tapi juga ada pedesnya (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm... sungguh bermakna ya :)
      jaga terus kebiasaanya itu hehe

      Delete
  13. keren bang postingannya xD dan gue kadang kadang tipe satu,kadang kadang tipe yg kedua :p

    ReplyDelete
  14. gue tipe yg normal aje.... soalnya jarang makan paling kalau ditraktir doang <<<< curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHA, hati-hati entar lo mesti neraktir temen lo deh :p

      Delete
  15. Wew ... yang saus overdosis bikin ngekek ..

    Saya lebih suka yang saus sambal atau bakso dengan rasa pas. Uenak tenan bakso makanan favorite saya (^,^)b

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... yang penting komposisi pas, itu baru top markotob ya nggak ;D

      Delete
  16. Gue yang nomer 3 haha! Gue gak suka tuh pake saos sama kecap, jadi cuma kuah bening tapi pake sambel,, HOTSS *bibir meleleh*

    ReplyDelete
  17. Palinng suka tipe yang ke 7
    Ngrampok Mode On
    ha ha ha

    ReplyDelete
  18. kalau ane suka baso campurr sobb dan dikasih sambal mantap bikin dower bibir pastinya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih... suka mules gak kalo habis makannya :o

      Delete
  19. waduj jadi ngiler nieh sobb pengen ngebaso berdua sama kekasih!!!

    ReplyDelete
  20. Ane, ane yang pake kuah murni *ori
    Ane pikir isinya bkal ngacok, ternyata tebakan nya si bener, pendiem dan mungkin susah ditebak wakaka :D

    ReplyDelete
  21. lo punya ide ginian darimana bray? hahahhaa

    ReplyDelete
  22. Ga seneng bakso kak, senengnya mie goreng original + teh manis ( insitjik )

    ReplyDelete
  23. Makan bakso lautan kecap. Dak katek yang ngalahke rasonyo :D

    salam dari www.michaelfrofile.com :)

    ReplyDelete
  24. wkwk bang kagak ada yah buat yang sering nambah 2 ampe 3 mangkok lagi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu nggak terlalu wah banget
      Jadi nggak masuk deh hha

      Delete
  25. ya ini bang penasaran juga aku siapa lah yang pertama kali menciptakan bakso ini kok gak ada ya di dalam buku kumpulan tokoh penemu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, jangan dipikirin banget mas, udah biarin aja.
      Yang pasti penemunya termasuk orang yang hebat :)

      Delete
  26. hahah, ada ada aja gan. thanks infonya.. cukup menghibur :)

    ReplyDelete
  27. harusnya yang normal itu makan bakso murni gan jangan pake saos atau kecap :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols