Jelajah Raso Jajanan Khas Kota Palembang Part. 2

Baiklah ini adalah lanjutan postingan yang sebelumnya, topiknya masih sama yaitu tentang kuliner khas dari kota Palembang. Buat yang belum baca, ada baiknya dibaca dulu bagian pertama dari jajanan khas kota Palembang, di sini.

Jelajah Raso Kuliner Palembang 2

Seperti yang sering gue ketikkan, kalo kita sudah ngebahas yang namanya makanan atau kuliner, pasti nggak akan ada habisnya. Logikanya gini, makanan adalah sesuatu yang bisa dimakan, yang dihasilkan atas percampuran dari satu bahan dengan bahan yang lain, kemudian diolah sedemikian rupa. Tentunya yang dimaksud adalah bahan makan, bukan bahan ngadon semen, bukan.

Sehingga dapat dipastikan bakal ada sesuatu yang baru muncul di dunia kuliner, bahasa inteleknya adalah “resep” baru. Hal inilah yang membuat makanan gak akan ada habisnya. Inovasi terus berjalan men.

Gue jamin, makin berkembang zaman, makin nggak ketebak arah kuliner kita. Ya, kemungkinan besar kita semua bakal ngeliat sesuatu yang biasanya gak mungkin dimakan, malah nanti bisa dimakan.

Pernah tuh gue nggak sengaja nonton di radio tipi berita tentang “dawet yang berasal dari olahan daging ikan lele”. Bayangin bro, “DAWET dari IKAN LELE”, enek nggak lo. Gue pas tahu berita itu, jujur saja pengen muntah rasanya. Nggak kebayang aja, dawet dari ikan. Biasanya kan dawet dari olahan telor. Nah, ini dari ikan lele. Tapi, itu emang beneran ada lho dan bisa dimakan. Parah bener inovasinya.

Well, itu tadi adalah sekedar mukadimah dari postingan gue kali ini aja.

Sesuai judul, di postingan kali ini, gue kembali akan mau membahas soal jajajan khas dari kota Palembang. Apa saja itu? Cekidot!

6. Kue Putu

Jajanan ke 6 yang mau gue bahas adalah kue putu.

Walau namanya adalah kue putu tapi menurut gue ini masuk kategori jajanan. Gue yakin nggak cuma di Palembang, di daerah Indonesia yang lain, juga sudah familiar dengan kue yang satu ini.

Kue Putu Khas Palembang sikonyols
Kue putu, Ngiler cuy!

Ciri khas dari kue putu adalah waranya yang hijau, kemudian bentuknya sama kayak risol, namun isinya adalah berupa gule merah yang cair. Temen sejati ketika makan kue ini adalah parutan kelapan. Beh, ajib bener dah.

Harganya sangat terjangkau, terus juga kue ini biasanya hadir setiap menjelang malam saja. Jujur aja, dari gue kecil hingga gue udah gede, ganteng kayak Zayn Malik ini. Penjual kue putuh tetep ada berjualan, keren bangetkan.

Orang yang jualan kue putu umumnya bersepeda, dari kampong ke kampong (komplek ke komplek) dengan suara khas dari kue putu yang lagi kukus yaitu “tuuuuut….. tuuuuuuuut… tuuuut”.

7. Gulo Palu

Selanjutnya adalah jajanan favorit gue sewaktu kecil yaitu gulo palu. Makanan ini terbuat dari gula merah yang dicairkan. Harganya murah, nggak bakal ngabisin duet di dompet kamu kok.

Hal yang membuat gue suka banget dengan makanan yang satu ini adalah kita bisa berkreasi bikin apa dari gula merah yang cair itu. Jadi, sekedar informasi saja nih, gula palunya itu kalo masih dalam keadaaan cair terus lo coba makan, dia bakal lengket banget di mulut. Maka dari itu, biasanya di proses lagi agar keras lalu dimakan. Memprosesnya menggunakan apa? Hanya menggunakan tangan. Yap, TANGAN! :)

Lihat gambar…

Gulo Palu Khas Palembang sikonyols
Gulo Palu, Ngiler cuy!

Beh, nostalgia banget gue jadinya. Haha.

Gue mahir banget kalo ngebikin bentuk apa dari gulo palu ini. Gue dulu biasanya bikin “Transformer”. Oke, ngebohong gue kebangetan banget yak :p

Ya, intinya gitu deh. This is jajanan yang kudu lo coba deh. Hanya saja, makanan yang satu ini udah sulit untuk dicari. Hmmm…

8. Es Kacang

Dari postingan 1-4 sekarang ini, gue bahasnya makanan mulu ya, kapan minumnya, seret juga tenggorokan. Hehe..

Oke baiklah, special pada postingan kali ini, gue bakal kasih lo sebuah minuman, yang menurut gue masuk kategori jajanan khas kota Palembang. Dia adalah…. “ES KACANG” :)

Es kacang adalah salah satu minum yang pasti bakal sering banget lo temuin di Palembang. Untuk membuat es kacang ini, tidak terlalu ribet menurut gue. Bahannya adalah kacang, es batu, susu, sirup, parutan buat es batu. Sedikit bangetkan? Dari bahan itu saja, lo pasti ketebak gimana ngebuatnya?

Lihat gambar ini aja ya…

Es Kacang Asli Khas Palembang sikonyols
Es Kacang, bikin Ngiler cuy!

Soal harga, es kacang nggak mahal. Top markotop banget buat nemenin waktu santai :)


Oke, mungkin segitu saja dulu pembahasan gue soal jajanan khas kota Palembang. Ini jajanan di kota ku, manan jajanan di kota mu? Share di kotak komentar ya :)

Biar kalian nggak bingung apa saja makanan khas dari kota Palembang. Tenang… gue udah nyiapin postingan-postingan sebelumnya, baca aja di sini:

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jelajah Raso Jajanan Khas Kota Palembang Part. 2"

  1. Sukses bikin laper lo Nyol gue baca postingan ini malem-malem. Jangankan kuliner Palembang, cewenya aja mantep-mantep. hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols