Jelajah Raso Kuliner Khas Kota Palembang

Ada dua hal yang paling nggak bisa gue tolak dalam hidup ini. Pertama, jadian dengan Nabilah JKT48. Kedua, makan. Yup, makan. Untuk yang pertama, masih gue usahakan kapan terealisasinya (mohon doanya aja #mimpi), namun untuk yang kedua itu, gue bisa memujudkannya kapan saja, kapan gue mau. Asoydah!

Gue adalah orang yang gila makan. Bukan, bukan gila… tapi lebih tepatnya doyan banget makan. Gue itu orangnya suka penasaran sama suatu hal. Makanya, apa yang gue lihat, selalu bakal gue coba untuk ‘dikulik’ lebih dalam, pun termasuk makanan. Jadi, kalo gue ngeliat makanan ini, pengennya dicicipin. Ngeliat makanan itu, pengen dicicipin. Ngeliat Nabilah JKT48, pengennya… dinikahin. Hehe :p

Jelajah Raso Kuliner Khas Kota Palembang

Gue bersyukur, kesukaan gue dengan makan-memakan ini, didukung juga dengan tubuh gue yang gak gemuk-gemuk walau banyak makan. Heran, kan? Ya, beginilah gue. Jadi, kalo orang biasanya takut dengan makan banyak. Nah, kalo buat gue mah hajar aja, mau sampe perut kembung juga gak masalah. #HidupOrangCungkring!

Buat yang belom tahu, gue berasal dari kota Palembang. Dari kecil hingga gue besar sekarang (berkat rajin disiram dan diberi pupuk), hidup gue banyak dihabiskan di kota surganya ‘empek-empek’ ini.

Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Selain ‘empek-empek’, kota ini juga identik dengan jembatan AMPERA-nya, yang telah kokoh berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Dimana, peran jembatan ini juga sangat vital yaitu menghubungkan wilayah seberang Ulu dan seberang Ilir di kota Palembang.

Well, pada kesempatan ini, gue nggak akan banyak bahas soal kota Palembang. Cuma, pada postingan ini, gue bakal buat lidah kalian ngiler dengan kelezatan aneka makanan-makanan khas dari kota gue, Palembang.

Sekedar informasi tambahan, sebagian besar makanan khas kota Palembang terbuat dari bahan dasar daging ikan. Usut punya usut, itu karena pada zaman dulu, kota Palembang lagi melimpah banget dengan namanya ikan. Akhirnya, oleh sebagain besar warga Palembang yang keturunan cina, membuat inovasi dengan cara mengolah daging ikan tersebut menjadi sebuah makanan yang baru. So, jangan heran, kenapa nama makanan khas dari di kota Palembang, agak-agak chinese gimana gitu :)

Oh iya, sebelum memulai wisata kuliner digital ini, gue mau kasih sedikit ilmu soal pembendaharaan bahasa Palembang. Bahasa Palembang itu umumnya nggak jauh beda dengan bahasa Indonesia, cuma ganti huruf ‘A’ dengan ‘O’ doang. Contoh:

Siapa -> Siapo
Dimana -> Dimano

Rasa -> Raso

Ya, kurang lebih seperti itu. Jadi, buat kalian yang baru coba ngomong dengan logat bahasa Palembang, berbanggalah, karena lo seakan-akan berasa jadi orang Italia KW Super. Hahaha :)

Dan inilah kuliner khas kota Palembang. Cekibrot!

1. Empek-empek

Kuliner pertama yang mau gue bahas, yaitu the famous food from Palembang City, they are “Pempek” or “Empek-empek”.

Pempek Murah Khas Palembang
Pempek cuy!

Kalo ada orang di luar sana yang bilang “Palembang adalah surganya empek-empek”, gue setuju banget dengan statement tersebut. Berwisata ke kota Palembang, gak makan pempek itu rasanya gak afdol. Ibarat naik haji, haji lo itu nggak “mabrur”. Serem ya :(

Palembang emang beneran surganya pempek. Dimana-mana pasti ada aja orang yang jualan pempek. Mau di komplek, perumahan, toko, pasar, sampai mall-mall berkelas pun pasti ada yang jual makanan yang terbuat dari daging ikan ini.

Betewe, sebagai orang Palembang, gue sangat bangga dengan makanan satu ini. Bukan cuma telah menjadi makanan khas kota gue, pempek juga sudah mendunia lho. Ya, emang belom se-populer rendang dan nasi goreng gitu ya. Cuma ada orang-orang Palembang yang tinggal di luar negeri sana, terus bikin pempek dan memperkenalkan ke orang luar sana. Gue nggak bohong kok, cerita ini gue baca di salah satu blog orang, di sini. #RespectWongKitoGalo !

Gue nggak tahu pasti ya ada berapa banyak jenis pempek. Cuma, yang gue tahu, pempek itu rasanya enak, dimakan bikin ketagihan. Kelar makan, bayar. Udah itu aja. Hehe, nggak kok becanda :p

Pempek emang ada buanyak. Saking banyaknya, gue sendiri gak pernah tahu ada berapa jenis pempek. Soalnya nama jenis pempek tuh macem-macem dan aneh-aneh. Bayangin, kata “Pempek” atau “Empek-empek” aja udah unik, ini ditambahi lagi dengan kata-kata yang absurd, gimana nggak bikin orang makin penasaran, ya nggak? Misalnya pempek kapal selam, pempek kulit, pempek lenjer, pempek lenggang, pempek panggang (bayangin, sebelum booming bakso bakar, pempek udah dibakar duluan cuy!), pempek jongkok, dan mpek ambe-ambe belalang kupu-kupu, siang makan nasi kalo malam minum susu. Halah, ini apa coba. Hahaha!

Macam-macam Pempek Palembang
Jenis-jenis pempek

Pempek Jongkok Lezat Kota Palembang
Pempek jongkok, makannya sambil jongkok. Mantap cuy!

Yang terpenting dari itu semua adalah lo kalo makan pempek harus ditemenin dengan yang namanya “cuko”. Ke Palembang nggak makan pempek itu nggak afdol. Nah, kalo makan pempeknya sendiri nggak pake cuko, maka lo berdosa. Eh.. nggak sampe dosa juga sih, cuma sensasi makan pempeknya agak berkurang aja.

Artis Indonesia Makan Pempek
Zayn Malik lagi makan Pempek dan Tekwan

Pempek sama cuko itu udah kayak Habibie-Ainun, sulit terpisahkan.

Soal harga, pempek masuk kategori makanan kelas menengah ke bawah (makanan rakyat) lho. Soalnya harganya murah. Yakin deh, gak bakal nguras kantong sampe dalem banget.

Makanya, banyak orang di luar sana, bilang katanya orang Palembang tuh kuat-kuat. Bayangin aja sob, pagi-pagi kita udah minum cuko, makannya kapal selam. Njrit! kapal aja dimakan, kuat banget, kan? :p

2. Tekwan

Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan bakso, iya kan? Nih, gue kasih bakso versi kota Palembang. Namanya “tekwan”.

Makanan satu ini, bisa dibilang turunan dari Pempek. Berbeda dengan pempek, tekwan disajikan layaknya bakso. Disebuah mangkok, terus dibanjirin dengan kuah. Tentunya, kuah yang berbeda dari bakso.


Tekwan Khas Kota Palembang
Tekwan cuy!

Soal harga, tekwan juga termasuk makanan harga “rakyat”. Murah-meriah, tapi bikin kenyang dan ketagihan. Sekedar tips dari gue kalo lo pengen makan tekwan. Enaknya itu disantap jam-jam sore dan malam hari. Beh ajib bener dah! :)

3. Model

Apa yang terbesit dalam pikiran lho, ketika denger kata ‘model’? Pastinya seksi, cantik, anggun, istri-able banget ya (mungkin). Nah, beda kalo di kota Palembang. Makna model itu ada dua. Pertama, makna sebenarnya. Kedua, model yang berupa makanan.

Model adalah salah satu kuliner khas dari kota Palembang. Model ini sodaranya dari tekwan. Ya, nggak jauh beda gitu dengan makanan tekwan. Perbedaanya dari segi ukuran saja. Tekwan itu diibaratkan bakso kecil. Sedangkan model, bakso ukuran besar.


Model Khas Kota Palembang
Model cuy!

Dari segi penyajian dan harga sama aja dengan tekwan. Gimana tertarik dengan model dari Palembang? Hehe, awas! jangan salah pilih model ya :p

4. Laksan

Satu lagi jenis makanan yang merupakan keturunan Pempek. Namanya adalah laksan. Makanan yang terbuat dari bahan baku sagu dan ikan ini dibuat dalam bentuk oval dengan rasa yang hampir sama kayak pempek, tetapi disajikan berbeda dengan menggunakan kuah santan.


Laksan Khas Kota Palembang

Laksan enak banget disantap buat sarapan ataupun sore hari. Harganya pun pastinya sangat bersahabat :)

5. Celimpungan

Makanan yang satu ini, anggap saja masih sodaraan sama Laksan. Kenapa gue berani bilang kayak gitu? Ya, habis nggak ada bedanya. Paling dari segi bentuk doing. Laksan bentuk oval, kalo celimpungan lebih ke bentuk bulan padet.


Celimpungan makanan Khas Palembang
Celimpungan cuy!

Terus lagi, warna kuah. Laksan warna kuanya orange, sedangkan celimpungan warna kuahnya adalah kuning, hasil campuran dari kunyit dan santan.

Aduh… mak… makin baca, makin ngiler aja nih :’)

6. Otak-otak

Makanan kota Palembang emang unik-unik namanya. Salah satunya yang ini, namanya Otak-otak. Bisa lo bayangin gimana bentuk otak? Haha.

Pempek Otak-otak khas kota Palembang
Otak-otak cuy!

Gak tahu ya, siapa pencetus nama makanan ini. Mungkin, perkiraan gue kayak gini. Orang yang buat makanan ini sebenarnya salah buat makanan. Anggap saja, si A menyuruh si B untuk buat pempek. Dan ternyata si B malah buat kesalahan. Kemudian si A marahi si B. Dia umpat-umpat kesel gitu.
“DASAR KAMU YA, NGGAK ADA OTAK!!”

Karena kesel, si B pun mencicipin masakan yang salah tadi. Eh, tanpa diduga-duga, ternyata makanan yang salah itu lezat. Akhirnya dari umpatan itulah dia menamakan makanan ini adalah “otak-otak”.

Tamat.

Ajib, brilian banget ya gue... ngarangnya!! Hahaha :p

Nggak jauh beda dengan makanan yang lain. Otak-otak juga masih keturunan pempek. Cuma uniknya, makanan ini disajikan dalam daun pisang, kemudian dipanggang. Makanya bisa dicocol pake saos ataupun dengan cuko.

Humm.. nyam-nyam banget dah. Soal harga, jangan khawatir… semua makanan khas kuliner kota Palembang, dijamin gak bikin kantong jebol. Percaya deh sama gue :)



Well, itulah beberapa dari sekian banyaknya kuliner khas dari kota Palembang. Menurut gue, 6 makanan tadi adalah tim inti dari makanan khas kota Palembang, itu versi gue ya. Nah, kalo kalian punya pendapat sendiri? Ayok, share di kotak komentar :)

Semoga postingan gue ini, bisa ngebantu kalian yang mau berlibur ke kota Palembang, terutama mau berwisata kuliner. Aamin.

Postingan tentang wisat kuliner khas kota Palembang yang lainnya:
Payo, wong kito galo, mamper ke Palembang. Asoydah! :)

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Jelajah Raso Kuliner Khas Kota Palembang"

  1. Memang kalo kuliner Palembang itu enak-enak semua, yang udah gue coba sih pempek sama tekwan. Wiuihh air liur ngucur nih...oia kerupuk kemplang gue jugasukaa. Boleh dikirim kemari gak bang? :D

    salam dari kuliner Padang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lo nah lo, ngiler kan. Haha

      Kirim kemana, gue gak jualan juga :p

      Salam jugo yo..

      Hapus
  2. mantap nih wong kito galo.
    nyokap gue orang palembang, dan.. makanan2 diatas sangat sangat familiar untuk gue. kemarin baru aja makan pempek adaan. gue suka semuanya, tapi enatah kenapa nggak terlalu suka celimpungan. kalau model sama tekwan, biasanya hidup rukun berdampingan. hahaha, salam pempek kapal selam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, nyokap lo orang Palembang juga ternyata. Asik dong kalo begitu :p

      Salam pempek kapal selam!

      Hapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols