Tahun 2015, Sungguh Menakjubkan!

Selamat tahun baru 2016 untuk seluruh makhluk di muka bumi! Yeaaaay! :)

Sengaja gue pake kata ‘seluruh makhluk di muka bumi’, karena gue nggak mau kalo sampai ada yang protes ketika baca tulisan ini. Ya, siapa tahu gitu ya, bangsa cengcorang dan umang-umang baca. Terus komplain deh.

“ssst…ssttt… kriiiik… kriikkk…ssssstt….ssstt…kriiikk!”

“cepep..cccttts…ccicicit…cep…cep..cccttt…cicitittt!”

Artinya…

“Woi, Ju! hargai kami ini dong, walau kami cengcorang tapi kami makhluk hidup juga. Ciptaan tuhan!”

“Iya, payah nih manusia! pada egois, pada mentingin diri sendiri. Manusia gak peka!”

Nah lo, bakal berbabeh kan?

Ok, kayaknya gue lagi ngigau nih, efek begadang malam tahun baruan :(
Skip!

Eniwei, gimana malam tahun baruan kalian gaes? Seru? Meriah? Atau biasa-biasa aja? Yang jomblo, MANA SUARANYA? SEHAT KAN?!! *pertanyaan wajib yang mesti dijawab!*

Ya, apapun suasananya. Mau ngerayain atau nggak. Yang penting, gue harap sih normal-normal aja dan kalo bisa tetap jaga ketertiban, dan jangan lupa cuci tangan sebelum makan. Hmm.. oke.

Kalo gue pribadi, khusus malam tahun baru 2015 ini, gue lalui dengan sangat berbeda dari biasanya. Kalo biasanya paling kumpul sama keluarga, teman, atau bareng kekasih tercinta *ceilaaaa*. Nah, kalo semalem itu, untuk pertama kalinya. Gue melewatkan malam pergantian tahun baru, sembari nyari duit.

Jadi, ceritanya itu gini gaes…

Dua minggu sebelum menjelang akhir tahun, gue dihubungi oleh Kak Arul (ketua Stand Up Comedy Palembang) dan katanya gue dapet job tampil stand up di malam tahun baru. Alhamdulillah. Namun, kenyataanya, seminggu menjelang akhir tahun, gue dikabarin lagi bahwasanya job tampil stand up itu, di cancel. Oh, ya udah pikir gue. Tapi, mungkin emang sudah rejeki gue yang dikasih oleh Tuhan, tahun baru mau dapet duit. Dilain waktu, gue juga dikontak oleh orang Telkomsel (kebetulan mereka mengadakan acara pergantian malam tahun baru). Dan gue diminta buat ngeliput kegiatan mereka. Jadinya, ya gitu deh. Pergantian malam tahun baru 2015, gue lalui sambil nyari duit. #JujuLagiNabungBuatBeliDSLR

Bukan cuma itu saja sih, di acara Telkomsel pun juga ada performance stand up comedy. Yang nampil juga temen gue. Jadi, kalo dipikir-pikir, kalo seandainya, gue beneran dapet job tampil stand up di malam tahun baru itu, tentu bakal berpisah-pisah deh kami. Gara-gara cuma ada satu acara, terus juga ada anak Stand Up Comedy Palembang-nya, jadi kami pun bisa merayakan bersama-sama. Hehe, rejeki emang nggak kemana ya.

Selesai acara yang Telkomsel itu, sekitaran jam 1 malam. Kami (anak-anak Stand Up Comedy Palembang) ramai-ramai pergi kerumah Fajar Raisa buat melewati malam tahun baru dirumahnya. Nggak banyak sih yang kita lakukan. Sekedar cerita tentang stand up comedy, curhat antar komika, terus main game: warewolf, dan ‘satu-dua-sapi’. Nah, game ‘satu-dua-sapi’ ini yang parah banget. Jadi, yang kalah harus minum minuman bersoda yang sudah dioplos dengan minuman lain. Wal hasil, sepanjang permainan berlangsung, perang kentut pun nggak terhindarkan (baca: sampai saat ini pun, gue masih suka boker. Efek sampingnya masih berasa. Anjirrlah hahaha!).

Pokoknya, kita nggak ada yang se-tiduran saat itu. Barulah jam 6 pagi, kita pulang kerumah masing-masing. Edan!

Berhubung sudah berganti tahun baru ya, sebagai seorang blogger murtad keren menurut majalah ibu-ibu, rasanya gak afdol deh kalo gak buat postingan yang isinya kayak ulasan apa saja yang terjadi sepanjang tahun 2015 kemarin (baca: kaledioskop).

Dan, postingan yang semacem ini, alhamdulillah gak pernah absen gue buat alias selalu ada dari awal gue ngeblog sampai sekarang.  Nah, biar flashback dikit gitu ya, nih baca aja postingan-postingannya:
Gimana udah dibaca belum? Baca dulu lah, siapa tahu mama dan papa kamu suka, dijodohin deh kita (baca: khusus untuk cewek saja) :p

Buaaaaaaaanyak sekali hal yang gue alamin sepanjang tahun 2015. Suka, duka semua campur aduk kayak gado-gado. Cuma, yang terpenting adalah bagi gue pribadi, gue selalu berdoa agar disetiap tahunnya. Gue bisa mem-push diri gue untuk menjadi lebih baik, terus berkembang, dan selalu ada peningkatan yang signifikan dalam hidup.

Alhamdulillah, semuanya bisa gue lakukan dan gue selalu senang :)                                   

Baiklah, apa saja yang gue alamin sepanjang tahun 2015, mari kita ulas kembali. Hehe..

Tetap Berprestasi dalam Nge-Blog


Tahun 2015 adalah tahun dimana gue bener-bener makin nggak produktif nulis blog. Gak usah panjang lebar. Intinya, gue udah nggak se-aktif dulu ngeblognya. Prinsip ngeblog gue aja udah berubah, gue sekarang lebih berprinsipi yaitu minimal ada tulisan di tiap bulan. Udah itu aja.

Cuma walau udah nggak se-aktif dulu. Ada satu hal, yang selalu gue usahakan untuk blog gue yaitu blog gue harus punya prestasi di tiap tahunnya. Alhamdulillah di tahun 2015 ini, gue udah mendapat prestasi yaitu Juara 1 Lomba Blog PIMSI MDP Palembang, bisa baca di sini. Dan sekarang lagi ikutan juga lomba blog dari Utees.me. Semoga aja menang juga, jadi bisa dibilang itu prestasi di tahun 2016. Semoga menang ya allah, Aamin #JujuLagiNabungBuatBeliDSLR


A photo posted by JUJU Onyols (@sikonyols) on

Selain mendapat gelar juara, yang bikin terharu lagi adalah pageview blog gue udah mencapai 200.000 lebih. Asoydah banget!

Ya, semoga yang baca ataupun khilaf berkunjung ke blog ini. Ada sesuatu hal yang bisa diambil. Mungkin itu ilmu kah? Ataupun semangat kah? Semoga aamin. Haha!

Memulai Menjadi Seorang YouTuber


Awal tahun 2015, gue mulai dengan mencoba buat video di YouTube, artinya sekarang sudah memasuki masa 1 tahun gue nge-YouTube. Ya, gue pribadi pengen banget memeriahkan dunia per-youtube-an Indonesia. Sekaligus, pengen juga bisa mengharumkan nama kota gue, Palembang di kancah berkarya lewat social media. Maklum, kota Palembang agak ketinggalan gitu di bandingkan kota-kota yang lain. Hehe

Untuk YouTube sendiri, gue merasa gak jelek dan gak bagus-bagus banget. Cuma, ya lumayanlah. Dari bulan Januari – Desember saat ini, subscriber channel YouTube gue udah mencapai 800 lebih. Dikit lagi mencapai 1000 subscriber (januari 2016 nanti. Aamin!). Terus, total viewers video YouTube gue pun, udah mencapai 60ribu lebih (tiap hari bertambah). Not bad-lah sebagai seorang newbie.

Tapi, terlebih dari itu semua, ada satu yang bikin gue bangga dengan video-video di YouTube gue yaitu video-video yang gue buat, Alhamdulillah cukup membantu banyak orang terutama bagi mereka yang pengen belajar editing video. Yap, itu salah satu hal yang bikin gue bener-bener seneng. Artinya video gue bermanfaat dan ilmunya bisa diterapkan. Asoydah!

Tahun 2015 bisa dibilang gue masih agak ‘ngos-ngosan’ dalam dunia YouTube. Dan, gue bakal berusaha (doain saja) di tahun 2016 nanti. Gue bisa bener-bener aktif dan produktif berkarya di YouTube. Aamin.

Stand Up Comedy


Sebagai seorang komika, gue merasa sepanjang tahun 2015, perkembangan karir Stand Up Comedy gue agak merosot. Walaupun nggak jauh-jauh banget merosotnya. Ya, bisa dibilang, di tahun 2015 gue nggak dapet panggung show di acara Stand Up Comedy Palembang. Tetep tampil kok, cuma bukan untuk stand up comedy lebih ke Improve Comedy.

Ya, berbeda banget dengan tahun 2013 dan 2014. Di tahun itu, Alhamdulillah. Gue gak absen tampil show. Hehe (bisa baca di sini dan di sini).

Uhmm… mungkin ini faktor dari diri gue juga sih yang disibukkan dengan urusan kuliah (baca: skripsi) serta keasyikan dengan dunia baru sebagai video content creator jadi pecah fokus gitu. Saking parahnya, bahkan selama satu bulan lebih gue nggak openmic-openmic. Bisa kalian bayangkan? Betapa cemennya gue? Jadi, wajar aja sih, agak menurun tahun ini. Hehe. Tahu diri gue :’(

Tapi, walaupun begitu. Ya, gue gak buruk-buruk bangetlah. Buktinya, gue masih dapet kok job tampil stand-up beberapa kali sepanjang tahun 2015. Dan yang paling keren adalah gue pernah tampil stand-up di atas kapal. Weh… ini keren dan epic banget dah :D

A photo posted by JUJU Onyols (@sikonyols) on


Satu lagi, pengalaman stand up comedy yang indah, yang gue rasakan di tahun 2015 adalah gue tampil stand up di depan pakde Indro Warkop dan Kartika Putri. YAP, SEORANG JUJU ONYOLS, STAND UP DI DEPAN KOMEDIAN LEGEND BRO!!

Bukan… bukan, gue nggak lagi ikutan audisi stand up kok, bukan. Tapi, sekedar tampil aja. Itu terjadi ketika gue ikut nonton bareng film PAKDE INDRO yang terbaru (gue lupa judulnya). Nah, disitu gue nggak sengaja dipanggil buat maju kedepan (ditunjuk langsung oleh Pakde Indro). Nah, pas, deket PAKDE INDRO, pas lagi salaman, gue langsung bilang aja..

“Pakde, saya anak stand up comedy Palembang….”

Terus dia jawab “Wah, lu stand up comedian?”

“Iya pakde..” gue jawab sambil senyum kegirangan.

“Wah, tampil ya? Satu bit aja?” Pakde senyum khas dia banget.

Tanpa mikir panjang, gue ‘iyakan’ tantangan dia. Gue ngomong dalem hati. “Kapan lagi dapet kesempatan kayak gini”.

Dan… BOOM! Disitu mencoba stand-up dadakan, ngehibur se-isi studio bioskop saat itu. Dan lumayan… bisa kalian nilai sendiri di video ini. Hehe :p

A video posted by JUJU Onyols (@sikonyols) on

Ya, seneng aja gue. Sebagai seorang komika (amatiran gini). Bisa tampil langsung, terus ditonton comedian legend Indonesia. Ya, seneeeeeeeeeng bangetlah. Gak bakal lupa deh gue dengan momen ini. Hahah. Asoydah! :)

Walaupun agak menurun, tapi gue tetep ngasih kualitas terbaik gue kok, untuk karir stand-up gue. Semoga tahun 2016 nanti, gue juga temen-temen gue yang lain bisa berbicara banyak di kancah stand up comedy yang sesunggunnya. Aamin ya Allah :’)

Menjadi Pembicara Seminar Nasional


Hal yang gue damba-dambakan selama ini beneran sudah terwujud coy. Yap, gue pengen banget jadi pembicara nasional. Dan, alhamdulillah sudah tercapai. Gue inget banget, momen itu terjadi yaitu pada hari Sabtu, tanggal 3 Oktober 2015. Gue bener-bener nggak akan lupa akan momen ini.

Sampai sekarang pun, gue masih suka merasakan ‘kemeriahan dan rasa asyiknya’ jadi pembicara. Ya udah, dari pada dibilang bohong ataupun ngibul. Mending temen-temen bisa baca aja tulisannya di sini.

Sekedar informasi saja, saat itu gue satu panggung dengan orang dibalik layar komik strip gila, yaitu Tahilalats.

Tentang Sikonyols dan Tahilalats
Nurfadli Mursyid (Tahilalats) x Juju Onyols (Sikonyols)
Seminar Nasional Techphoria 2015

Ya, gue bisa kayak gini. Itu berkat usaha keras tanpa mengenal lelah. Pantang menyerah, terus berkembang, dan harus tahan cacian serta makian dari orang-orang yang sirik dan jahat sama gue. Hehe.

Jadi, walaupun gue nggak dapet panggung stand up di sepanjang tahun 2015. Setidaknya gue ada penggantinya, panggung yang lebih megah, lebih mewah, tingkat ketegangan yang nggak terlalu bikin tegang yaitu panggung jadi Pembicara Seminar Nasional.

Asoydah! :)

Berkah dari Instagram


Hampir bisa dibilang sepanjang tahun 2015, gue banyak banget mendapat berkah dari hanya bermain instagram. Gue ulangi ya, ‘hanya bermain instagram’. Dan gue yang dapet yaitu duit (dari endorse, iklan, ditawarin kerja), masuk tipi (main sitkom ataupun video instagram gue nongol di tipi), beberapa kali masuk radio, dikenal banyak orang, jadi pembicara, bahkan beberapa kali muka gue nampang di koran, website, ataupun majalah.

Yang bikin terharu itu, contohnya gini....
Sikonyols di Ngomongbae.com
Masuk artikel di ngomongbae.com

Sikonyols di Majalah Go Palembang
Masuk majalah Go Palembang
(tebak gue yang mana?)

ANJRITTT!!! KOK BISA KAYAK GITU YA GUE?!! :(

Jujur saja ya, gue tuh jarang loh dapet yang kayak begituan. Entahlah… gue bener-bener bersyukur aja atas apa yang gue dapet ini. Bahkan gue sendiri kadang suka heran, awalnya cuma buat iseng-iseng aja, malah jadi hal yang bisa membanggakan. Ya, gue bersyukur bangetlah. Terima kasih ya Alloh.

Followers Instagram Sikonyols
Sungguh menakjubkan! Followersnya asli, nggak nge-cheat ataupun beli :)

Terus terang saja, ada hal yang bener-bener bikin gue terharu, gara-gara instagram. Yaitu ketika gue jalan sama nyokap ke mall, tepatnya di Palembang Square. Jadi, saat itu hujan deras. Kita yang rencananya tadi mau pulang malah nggak jadi pulang karena hujan. Sembari nunggu hujan redah, jadi gue sama nyokap, duduk-duduk cantik dulu di bangku yang ada di mall. Ketika gue asyik lagi main smartphone.

Ada dua orang cowok dan cewek datang menghampiri gue. Sebagai ahli menerka-nerka umur orang dengan tingkat keakuratan nggak 100%, gue yakin dari ngeliat bulu hidungnya saja kayaknya mereka berdua adalah anak SMP yang lagi dimabuk asmara.

Ketika mereka datang, terus menyapa gue. Disitu gue bener-bener terkejut dan dibuat speechless.

“Eh… ini kak Juju Onyols yang instagram @sikonyols itu kan?”

Mereka keliatan excited banget ngeliat gue. Sedangkan gue keliatan banget noraknya. Nyengir sumbringah ala kuda lagi horny. Sambil mata berbinar-binar gitu. Aduh... Ju!

Terus terang aja nih, ya emang sudah ada gitu beberapa kali yang negur ataupun kadang khilaf minta foto bareng sama gue (ini serius). Cuma yang bikin gue seneng dan seneng banget adalah karena saat itu ada nyokap gue juga. Ya, kalian bayangkan aja gimana rasanya gitu loh. Hahah. Ya, nggak usah gue lanjutin deh. Cukup temen-temen bayangkan sendiri ajalah :)

Ya, gue seneng aja gitu. Dengan apa yang gue dapet dari sekedar main instagram. Dari yang dulunya bikin video terus dikata-katain orang, buat apa bikin kayak gituan. Dan sekarang malah ngajakin terus untuk bikin video bareng gue (bangsatlah haha). Ya, sungguh di luar ekspektasi aja. Gue sih ambil positifnya aja dari apa yang gue lakuin yaitu bahwasanya bener “nggak ada hasil yang mengkhianati proses”.

Ini ada video instagram, yang gue buat sebagai penutup postingan tahun 2015.


A video posted by JUJU Onyols (@sikonyols) on

....

Ya, itulah tadi kurang lebih... tulisan dari gue, menggambarkan akan tahun 2015 yang sudah dilalui. Well, pada dasarnya selalu ada rasa suka dan duka. Tinggal bagaimana cara kita menyikapinya dan menghadapinya. Tetap semangat lakukan apa yang kita bisa, apa yang kita suka.

Dan sebagai penutup postingan kali ini.

Gue mau mengemukakan pendapat terlebih dahulu. Karena, terus terang gue heran aja, setiap akhir tahun baru selalu muncul tulisan “BAGI KALIAN YANG MERAYAKAN TAHUN BARU, KALIAN KAFIR!”.

Ok, menurut gue pribadi, malam tahun baru itu nggak perlu dirayakan banget. Dan kata yang tepat pun seharusnya bukan ‘merayakan’, lebih enaknya ‘melewati’ saja. Pun, kalau ada yang bilang ‘merayakan’ tahun baru itu adalah ‘orang kafir’. Gue nggak sependapat juga. Karena yang menurut gue kafir atau pun orang yang salah adalah ketika lo merayakan tahun baru tapi buat mabok-mabokan, narkoba, ataupun sampai zinah. Nah, itu baru menurut gue kafir. Bukan begitu? :)

Ya udah... sekali lagi gue mau mengucapkan. Selamat tahun baru untuk kita semua. Semog tahun 2016 makin asoydah! 2016 doakan gue wisuda ya. Aamin!! :)

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Tahun 2015, Sungguh Menakjubkan!"

  1. Bang juju makin eksis aja nih, wah itu btw ketemu sama om indro perasaannya gimana bang?

    Keren, keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bro..

      Perasaanya pengen nangis tapi ditahan, bangga :')

      Hapus
  2. Ditunggu karya-karya lainnya di 2016! :))

    BalasHapus
  3. wah keren keren pencapainnya baaang! smangat trus buat 2016 :))

    BalasHapus
  4. kerennn... semoga di tahun 2016 karirnya lebih keren lagi bang nyol

    BalasHapus
  5. Juju ini super sekali ya. Semua bidang dirusuhin :p

    Semoga tahun ini makin hitz lagi ya #JujuLagiNabungBuatBeliDSLR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah lupa pake hestek #ASOYDAH :(

      Hapus
    2. Selagi bisa jadi dicobain semua haha. Thanks ya mbak tresna :'D

      #ASOYDAH

      Hapus
  6. Baca beberapa paragraf, "Kok panjang, ya?" Napas dulu. Fyuhhh. Lanjut lagi.

    Gileee. Ini rangkuman hal yang terjadi di 2015. Ntaplaaahh. Banyak banget ya pencapaian lu, Ju. Gue nggak ada apa-apanya. Bahaha. :D

    Pantesan aja udah mulai jarang nge-blog, sekarang udah banyak kesibukan euy. Ehehe. Stand up, vlog, seminar, dll. Seneng ih kalo ada temen blogger yang sukses. Semoga suatu saat kecipratan. Halah. :))

    Oiya, congrats! Makin sukses yooo. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya gue tahu panjangan bener tulisannya ya ga :p

      Thanks bro, sukses juga buat elu. Ditunggu bukunya hehe

      Hapus
  7. wew kereeeen, semoga 2016 makin maju, dan ad kesempatan tampil lg di kancah nasional

    BalasHapus
  8. MASYA ALLAH MAKIN KEREN AJA INI AKANG YANG SATU :"))
    Kamu yang sukses kok aku yang terharu, yah. Hiks. Itu juga di awal tulisan ngapain pake dibahas soal tanggapan cengcorang dan umang-umang saoloh :"

    Hashtagnya gak mau diganti, nih? #JujuLagiNabungBuatNikahanKita Gitu? HuhahahahahamatiajaDep.

    Asoy! Keren! Mantep! Gilak! Standup diepan Bang Indro, satu stage sama si pembuat komik strip Tahilalats, masuk artikel di ngomongbae.com. Tahun 2015mu was superduper bikin envy ahh! :"DDD

    Yosh! Semangat untuk 2016nya, Bang Angga (entah kenapa suka banget manggil nama ini). Buat lebih keren lagi di tahun ini yaaaa! *lempar peluk dari Manado*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Depa kalo ngomen suka gitu deh, ah jadi gak enak.

      Makasih yaaa mbak MC :p

      Hapus
    2. Enakin aja, Bang Angga :p

      Sami-samii \:D/

      Hapus
  9. Hmm, jobnya di cancel kayaknya tau nih.. semoga makin ahaydey aja kak

    BalasHapus
  10. Iri banget gua sama produktifitas lo. Kalau kayak gini gua jadi nggak mau kalah produktif di tahun 2016 ini. Doain gua, ya, Nyols!

    BalasHapus
  11. Mari Bergabung di KartuVIPQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Win Rate Tertinggi di Indonesia

    KARTUVIPQQ MENYEDIAKAN 9 PERMAINAN KARTU POPULER:
    BANDAR66| DOMINO QQ | POKER | BANDAR POKER | SAKONG | CAPSA SUSUN | ADUQ | BANDARQ | PERANG BACCARAT


    Dengan Proses Deposit & Withdraw yang super CEPAT
    Min. Deposit Dimulai Dari 15 RIBU
    Withdraw minimal 20 RIBU

    DI SUPPORT 5 BANK TERBESAR & TERNAMA
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    ! Permainan 100% Murni Player Vs Player, No Robot !
    JADI, TUNGGU APALAGI?

    GABUNG BERSAMA KAMI DI KARTUVIPQQ
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols