Menuju Sumsel Yang Semakin Gemilang

Makin hari, kehidupan kian modern. Semua serba canggih dan praktis. Keinginan untuk menjadi lebih baik tentu selalu terpacu dalam diri ini. Bukan hanya diri kita, suatu daerah pun ingin menjadi yang lebih baik seperti di provinsi ku, Sumatera Selatan.

Dari aku masih kecil, hingga sekarang telah menjadi seorang mahasiswa, sungguh sangat banyak perubahan yang bisa terbilang signifikan, terutama pertumbuhan dari segi pembangunan. Seluruh kota maupun kabupaten di provinsi Sumatera Selatan telah banyak berbenah diri, gencar melakukan pembangunan demi upaya menjadi daerah yang lebih baik dan modern kedepannya.


menuju sumatera selatan yang semakin gemilang

Aku di lahirkan di kota Palembang (tetapi bukan asli palembang) hanya saja dari kecil udah menetap disana. Nah, sebagai warga Palembang, yang notabenenya ibukota dari provinsi Sumatera Selatan, aku merasakan betul, suatu perkembangan dari pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari infrastruktur gedung, transportasi, kesehatan, keamanan, fasilitas yang lainnya, sungguh mengalami banyak kemajuan pokoknya lebih maju.

Pembangungan disini bukan berarti kita hanya melihat dari sektor infrastruktur saja, tetapi menyeluruh artinya ke semua sektor di aspek kehidupan seperti kesehatan, pendidikan, kesejahteraan warga (sosial) dan hal inilah yang terus dilakukan oleh pemerintah, demi upaya Menuju Sumsel Yang Semakin Gemilang.

Keberhasilan dalam segi pembangunan ini bukan semata jerih payah seorang pemimpin sajalah, peran semua warga di Sumatera Selatan tentunya memberikan andil besar. Hal lain yang membuat Sumatera Selatan cepat dan sukses dalam perkembangan pembangunan ini, yaitu berkat bagusnya jalinan kepemimpinan antara yang lama dengan yang baru, maksudnya disini yaitu kejelasan kelanjutan perancangan pembangunan yang telah direncanakan oleh pemimpin yang lama, sehingga opsi perancangan pembangunan untuk jangka pendek maupun panjang dapat terealisasi dengan baik dan tepat waktu, salut deh buat pemerintahannya.

Melalui postingan ini, apresiasi besar ingin aku sampaikan kepada pemerintahan di Sumatera Selatan saat ini. Betapa hebatnya mereka, bisa melakukan banyak pembangunan yang sangat pesat, sehingga membuat kota Palembang dan daerah-daerah lainnya di Sumsel makin hari makin bagus. Aku sendiri mencatat, ada beberapa pembangunan yang sangat signifikan di era kepemimpinan H. Alex Noerdin sebagai gubernur Sumatera Selatan, tepatnya di kota saya, Palembang.

1. Fly Over

Menuju Sumsel Gemilang

Fly Over | Sumber foto : klik

Rampungnya pembangunan Fly Over, memberikan dampak positif yang sangat besar, yaitu membuat akses lalu lintas di jantung kota Palembang, cukup stabil alias memberi kenyaman buat pengguna jalan, dapat terkontrol dengan baik.

Fly Over jugalah, bukti nyata lanjutan pembangunan dari pemerintah yang lama menuju yang baru. Pembangunan pertama sudah dirintis oleh gubernur yang lama, namun yang melakukan penyelesaian sampai rampung terjadi di pemerintahan gubernur yang saat ini yaitu di H.Alex Noerdin.

2. Taman Kota

Kambang Iwak Palembang

Taman Kota Kambang Iwak | Sumber foto : klik

Sektor penting untuk kenyamanan suatu daerah, tentu saja adanya suasana go green. Pembangunan taman kota juga banyak dilakukan demi mencapai suasana go green itu sendiri. Taman Kota di Simpang Polda dan yang paling terbaru yaitu Taman di pelataran Mall Palembang Square (PS) menambah catatan sukses pembangunan di sektor lingkungan di pemerintahan saat ini.

Bukan hanya pembangunan (pembuatan) taman kota yang baru. Saat ini aja, sudah banyak renovasi dan penataan ulang taman-taman yang sudah ada seperti Kambang Iwak, yang kian membaik pastinya dan lebih tertata.

3. Kesehatan

Menuju sumsel yang semakin gemilang

Puskesmas | Sumber foto : klik

Pembangunan yang selanjutnya yaitu kesehatan. Untuk hal yang satu ini, harga mutlak yang mesti di benahi oleh pemerintah. Dan saya, cukup bangga dengan usaha pemerintah sampai detik ini yang terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang kian merata untuk mereka-mereka yang kurang mampu.

Pembangunan akses kesehatan pun kian banyak dilakukan, seperti Puskesmas di daerah-daerah terpencil, Puskesmas keliling dll. Semoga saja makin banyak di bangun dan tetap digalangkang hal seperti ini, sehingga setidak memberikan kemudahan akses kesehatan untuk daerah-daerah lain yang warga-warganya masih di taraf kesehatan kebawah. Aamin.

4. Fasilitas

menuju indonesia gemilang
Logo Sea Games ke-26 | Sumber foto : disini

Untuk hal yang satu ini, mungkin bisa dilihat dari pencapaian Sumatera Selatan (Palembang) sebagai tuan rumah Sea Games yang ke-21 beberapa bulan yang lalu. Banyak banget pembangunan yang drastis dilakukan, makin merubah kota palembang kian modern dan internasional.

Menuju Sumsel Gemilang

Venue Polo Air, Palembang | Sumber foto : klik

Memang pada dasarnya fasilitas belom 100% rampung dalam perhelatan sea games kemarin, namun disini kita patut bangga dan beri apresiasi kepada pemerintah yang berhasil, berani membuat Sumatera Selatan menjadi daerah yang modern dan besar sampai bisa menjadi kota terpilih dalam acara sea games. Toh, namanya pembangunan itu mesti ada planning yang mateng, dan untuk sea games kemarin itu, saya rasa karena waktu yang begitu mepet, namun dari mepetnya waktu itu, Sumatera Selatan tetap bisa dan mampu menyelesaikan acara sea games sampai akhir. Dan temen-temen pasti  masih ingat dong, opening and closing ceremony... itu semua di Palembang loh ! :D

5. Transportasi

Trans Musi | Sumber foto : disini

Keberhasilan lainnya yaitu dalam pembangunan transportasi. Pemerintah mengerti akan keluhan warga akan kebutuhan dan kenyamanan pelayanan untuk transportasi. Trans Musi merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam membangun perubahan di bidang transportasi. Setelah makin berkurang kepercayaan dengan angkutan umum, semacam angkot, bus kota. Trans Musi (TM) menjadi pilihan bijak untuk warga yang masih membutuhkan kenyamanan transportasi. 

Bukan hanya di transportasi darat, udara dan air pun menjadi titik penting dalam sektor pengembangan pembangunan di bidang transportasi. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) yang telah berlabel bandara Internasional, menjadi catatan gemilang lainnya pemerintah dalam upaya pengembangan pembangunan di bidang transportasi.

Dari kebanyakan pembangunan yang dilakukan sampai saat ini, pemerintah dinilai cukup berhasil melaksanakan dan merealisasikannya, lambat tapi pasti pembangunan yang dilakukan akan benar-bener memberikan suatu perubahan untuk  provinsi Sumatera Selatan yang makin maju, modern, dan canggih. Dan bentuk nyata dari keberhasilan pembangunan ini, dapat dibuktikan dengan banyak gelar yang di raih oleh gubernur Sumatera Selatan yaitu H. Alex Noerdin seperti piala Adipura (Lingkungan), yang terbaru saat ini yaitu Transmigrasi Award 2012.

Dibalik keberhasilan yang sudah cukup banyak diraih ini, tentu juga dibarengin dengan beberapa masalah, terlebih dalam proses pembangunan. Ya, itulah masih menjadi “pekerjaan rumah” pemerintah saat ini. 


Pembangunan bukanlah hal sepele yang bisa seenak hati dilakukan atau dilaksanakan, tetapi dalam proses pembangunan itu kita mesti tahu dan sadar kapan dan apa yang harus didahulukan dalam memutuskan suatu proses pembangunan.

Memang untuk melakukan pembangunan pasti akan mendapatkan banyak kendala dan “pekerjaan rumah” yang besar bagi pemerintah, ya… bisa semacam dilema. Dilema disini yaitu suatu permasalahan yang sering terjadi. Contoh konkritnya seperti dimana belum tersebar secara merata dan secara menyeluruh proses pembangunan di Sumsel ini, kadang kalah tersendat karena biaya, dsb.  Itulah semacam dilema yang akan terjadi lagi tentang pembangunan. Yang terpenting, semoga pemerintah dapat berfikir lebih bijak untuk kedepannya, dan segera melakukan tindakan nyata dalam proses pembangunan ini, memprioritaskan yang sangat-sangat penting terlebih dahulu.

Saya sebagai warga Sumatera Selatan, tentu memiliki harapan besar dari pembangunan yang terus dilakukan ini. Harapannya sih tidak terlalu meribet, saya hanya berharap pemerintah memaknai dengan betul akan arti Menuju Sumsel Yang Semakin Gemilang. Di sini, pembangunan yang dilakukan di Sumatera Selatan diharapkan merata, menyebar keseluruh daerah di provinsi Sumatera Selatan tanpa ada yang tertinggal, supaya tidak ada kecemburuan akan suatu proses pembangunan daerah yang satu dengan yang lain. Harapan lainnya yaitu Sumatera Selatan kian berbenah diri, makin bersih (go green), menjunjung tinggi rasa good geverment dan good governance, peningkatan keamanan yang terus diperbaiki, dan terakhir… semoga setiap terjadi pembangunan diharapkan diselesaikan sampai rampung, jangan sampai ada yang tertinggal alias mandek ditengah jalan.

Dan, apabila itu semua terealisasi dengan baik, kemungkinan akan Menuju Sumatera Selatan Yang Semakin Gemilang benar-benar menjadi kenyataan, dan ini bukan isapan jempol semata.

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Menuju Sumsel Yang Semakin Gemilang"

  1. AKu gak tau apa2 nyol.
    karena masih 1 tahun setengah ini berada di palembang.
    tapi, semoga palembang bisa terus berubah ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Oi, gue paham :p
      semoga lo makin betah di palembang hihi, aamin.

      Hapus
  2. aduh nyol indahnya Palembang kalau diliat dari foto-foto diatas,

    semoga Palembang jadi kota yang lebih baik dan lebih baik lagi. Aaminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin... yang terpenting, tahun depan kita udah bisa ikut milih #usiaMakinMenua

      Hapus
  3. Bener nyol, Palembang udah lumayan berkembang sekarang :D semoga peningkatan" untuk kedepannya bisa dinikmati semua kalangan, baik warga ilir juga warga ulu #eyaaaa #hidupulu hahahaha XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tidak ada yang dibeda-bedakan lagi antara ilir maupun hulu... tapi

      #hidupIlir wkwwk #eyaa

      Hapus
  4. Ckckck..gak nyangka Palembang udah berkembang jauh

    Kira" ada perubahan apalagi ya Nyol dimasa depan?? Terutama di 2013 in??

    #penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, Ce.
      Palembang udah kece banget sekarang :D

      hmm... mungkin, kayak penambahan rel kereta api, dan tempat-tempat baru kebanyakan dibangun, yang pasti Menuju Sumsel Yang Semakin Gemilang

      Hapus
  5. hmmm, bukan cuma pak alex tapi juga kontribusi pak edi santana, itu kan yg di lihat dari sudut kota palembang saja

    BalasHapus
  6. tulisanya mantap bro,, semoga harapnya dapat terlaksana,, aamiin,,,

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols