Balada Anak SMA, Kuliah dan Facebook

Tamat dari SMA (2011), gue memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan.

Alasan gue memilih untuk kuliah karena ada 2 hal. Pertama, faktor dari orang tua. Kedua, status anak kuliahan, di yakini dapat membantu meningkatkan kadar kegantengan cowok di mata para wanita.

Waktu SMA dulu, gue sempet melakukan survei kecil-kecilan, dengan cara bertanya langsung kepada temen-temen cewek yang ada di sekolah gue. Pertanyaan sederhana kok yaitu pilih mana antara cowok anak SMA atau cowok anak kuliahan. Dari sekian banyak temen cewek yang gue survei, gue menyimpulkan bahwa semua jawaban mereka adalah sama, mereka pilih cowok anak kuliahan.

Uhmm, gue nggak ngerti ya jalan pikiran anak cewek. Tapi yang pasti kebanyakan dari mereka beranggepan bahwa…

“ANAK KULIAHAN ITU KEREN-KEREN”

“ANAK KULIAHAN ITU DEWASA PEMIKIRANNYA”

“ANAK KULIAHAN ITU CUCOK ABISSSS CYINNN”

PREEET !!! (mules perut gue dengernya)

Sebagai cowok dan juga anak SMA, saat itu gue hanya bisa berlapang dada dan sebisa mungkin mengikhlaskan diri menerima jawaban-jawaban hina dari mereka. Cuma yang bikin eneknya nambah itu, ekspresi mereka saat menjawab pertanyaan gue itu loh. Mulai dari badan gerak-gerak manja lah, muka malu-malu kucing lah, mata kedap-kedip lah, ya mereka udah kayak Syahrini yang di gelitikin pake bulu hidung gajah sumatera di zaman pra-sejarah. HAH… TER… LA…LU !

Tapi, ya mau gimana lagi… inilah fakta, bahwasanya menjadi seorang anak kuliahan itu emang keren !

Berhubung hasil dari survei kecil-kecilan itu masih bersifat opini labil, gue pun menanggapinya dengan biasa-biasa juga. Sampai akhirnya gue sendiri yang membuktikannya.

Beberapa hari setelah melakukan survei itu, gue merasa susah banget buat deketin cewek.

Sewaktu SMA, gue sering banget gagal PDKT sama cewek gara-gara cewek itu lebih memilih anak kuliahan ketimbang gue, anak SMA.

Dulu juga, gue pernah nyoba PDKT-an sama cewek lewat jejaring sosial, facebook (fb), tapi tetep juga gagal. Kegagalan gue itu, bukan dikarenakan foto profil gue yang kelewatan serem atau updetan status gue yang makin terlalu lebay ? Oh, bukan ya… tapi kegagalan gue itu disebabkan oleh masalah yang sangat sepele yaitu faktor status education di profil akun facebook gue yang masih berstatuskan : Sekolah Menengah Atas (baca : SMA).

Gak logis bangetkan gagal PDKT cuma karena status pendidikan ? HAH… TER… LA… LU !

Jujur ya, dari lubuk hati gue yang paling dalam (bisa jadi bukan hati tapi usus) gue merasa terhina banget dengan hal seperti ini. Tapi, ya apa daya... tangan pun tak sampai. Akhirnya, gue kembali harus mengakui bahwa anak kuliahan emang lebih keren ketimbang anak SMA *ngemil minyak rambut*

Namun, kalo di pikir-pikir secara normal, kegagalan PDKT-an gue di facebook bukan hanya semata karena status education aja sih. Karena kalo di lihat-lihat dari berbagai sisi yang lain, anak SMA jelas banyak kalahnya ketimbang anak kuliahan. Salah satu contohnya yaitu dari cara mereka ngirim pesan dinding (baca : wall-an) di facebook.

Contoh wall-an dari anak kuliahan :

Foto Anak Kuliah Facebook

Dari pesan dinding aja, anak kuliahan mampu menunjukkan gombalan yang berkelas tinggi brader. Gombalan yang seperti ini selalu bikin cewek kepincut hatinya, terus beser nggak berhenti-henti, 7 hari 7 malam. Sadis !

Coba bandingkan dengan contoh wall-an dari anak SMA :

Foto Anak SMA Facebook

Kalo yang begini mah, gue yakin hal pertama yang terjadi yaitu di unfriend dan selanjut di block. Serem.

Terakhir, sebagai penetral suasana. Gue kasih contoh wall-an dari anak SMA labil garis keras :

Foto Anak Labil Facebook

NO COMMENT !

Beda banget kan ?

Kalo wall-an gue ? 

Uhmm... ya ada kali yang mirip gambar di atas, kira-kira sebelas : duabelaskalisepuluh gitu dah Hhehe :p

Kegagalan demi kegagalan PDKT-an saat SMA pun silih berganti gue rasakan setelah itu. Masa indah maenin facebook pun menjadi suram. Wall-an dari cewek lambat tapi pasti mulai berkurang, chatting-an sama cewek pun nggak ada lagi, dan secara nyadar kredibilitas status cowok dan anak SMA yang ada dalam diri gue sangat di pertanyakan saat itu.  OH NO… berasa pukulan keras dari Chris Jhon mendarat tepat di muka gue *PLAAAAAK !*

Sejak saat itulah, gue fix... pengen jadi anak kuliahan (҂'̀'́)9

* * * *

Saat sudah resmi menjadi anak kuliahan, apa yang gue harapkan semuanya beneran terjadi. Iya, gue ngerasa makin keren dan ganteng. *kemudian senyum 10 jari*

Terbukti, saat awal-awal kuliah, friend request gue bertambah banyak. Mau cewek, cowok, sampai cowok prawakan cewek pun ada. Dari yang alay, semi alay, sampai tingkat alaynya yang kebangetan pun masih tetep ada, malahan buaaaaanyak. Hhihi :p

Ya, emang nggak di pungkirin lagi saat gue resmi menjadi anak kuliahan, facebook lagi dalam fase keren-kerennya. (Berasa sudah lama aja kuliah gue)

Sekedar FYI aja nih, saat itu kalo lo nggak punya akun facebook rasanya nggak gaul banget deh. Dan untuk mengecek tingkat kegaulan orang saat itu sangatlah gampang. Di lihat dari berapa banyak total jumlah like saat dia update status dan berapa banyak orang yang kemudian “mencolek”nya.

Gampang bangetkan ? Nih contohnya…

Foto Alay Facebook Ganas

Anak Gaul Banget versi Facebook

Facebook memang indah, terlebih lagi kita bisa meng-kepoin cewek atau cowok yang kita taksirin secara lebih detail. Bukan cuma kata-kata bahkan fotonya pun bisa kita kepoin, ya itulah berkah kalo main facebook. Yihaa!

MEGAN FOX SEXY FOTO

Contoh kepoin foto di facebook yang baik dan benar, ihiw… sembriwing…sembriwing…sembriwing !

Sejak kuliah, gue makin pede menatap indahnya kembali facebookan. Terlebih, status education gue telah berganti menjadi Universitas Bla..bla..bla.

Pokoknya, gue nggak khawatir lagi kalo misalnya PDKT-an sama cewek. Mau itu di dunia nyata, dunia maya, atau bahkan di dunia goib sekali pun, gue tetep pede. Eh… yang terakhir itu nggak ada ding :)

* * * *

Baru beberapa bulan kuliah, ada saja anak SMA yang ngajakin gue kenalan. Ibarat obat, status gue sebagai anak kuliahan ini bener-bener tokcer dah, manjur gilaaaak. Ahay !

Tapi yang namanya transisi, tentu selalu menghadirkan kesan baik dan buruk. Inilah yang terjadi dengan kehidupan gue. Hari-hari yang gue lalui dengan status anak kuliahan ini nggak selamanya mulus semulus paha Mak Erot.

Aneh ? mungkin iya.

Sesuatu yang sudah lama gue idam-idamkan, malah kurang srek saat gue berhasil merasakannya. Sampai akhirnya gue mengalami dilema pengen kembali ke masa SMA. Ya, bisa di bilang, ini adalah penyakit rutin yang pasti akan di alami oleh setiap mahasiswa baru, tanpa terkecuali… catet ya.

Kehidupan sebagai anak kuliahan sungguh sangat betolak belakang dengan kehidupan gue sewaktu SMA dulu.

Dulu sewaktu SMA, dengan jerawat yang menjamur di sekujur muka, gue masih bisa tampil pede untuk keluar rumah, jalan ke sana-sini. Ya walaupun untuk melakukan hal itu gue mesti mempersiapkan banyak hal. Semisal rutin check up kesehatan jantung, takut-takut kalo nanti ada orang menjerit histeris cetar membahana setelah melihat muka gue yang penuh jerawat begini, kan brabeh tuh.

“AHHHHH… JERAWAT… TIDAAK… TOLONG… SETAAAAAN… JERAWAT !”

Namun berbeda dengan sekarang.

Sejak kuliah, tumbuh 1 jerawat aja, gue mindernya setengah mampus. Padahal tumbuhnya juga bukan di area strategis gitu. Tumbuhnya di bagian jidat yang kebetulan di tutupin oleh poni rambut. (plis, jangan berpikir model rambut gue seperti rambut Andika eks vokalis Kangen Band ya).

“ANJRIT… BANYAK BANGET JERAWAT GUE !” (padahal cuma satu)

Ehmm… dilema ini bener-bener berasa merenggut kejantanan gue. *ciat-ciat*

Kalo tadi kesan buruk, nah sekarang giliran kesan baiknya.

Resmi menjadi anak kuliahan, hal positif pertama yang gue rasakan ialah perubahan sikap.

Dulu gue paling cemen untuk menerima suatu kenyataan bahkan buat menatap kehidupan aja susahnya minta ampun bagi gue. Kalo pun bisa, paling gue menatapnya setengah-setengah, setengahnya lagi ketutup oleh jari, jadi bisa di bilang gue menatap secara unyu.

Tapi setelah menjadi anak kuliahan, nggak ada lagi rasa takut dalam diri gue buat menatap kehidupan, gak pake lagi acara tutup-tutup muka dengan jari, pokoknya gue lebih berani, malahan gue ngelihat dengan mata telanjang, saking beraninya kadang-kadang gue ngelihat sambil telanjang beneran *eh.

Kalo di banding-bandingkan dengan zaman sekarang, rasanya nggak ada lagi deh yang namanya minder-minder PDKT gara-gara status education, bener nggak sih ?

Iya, bisa kita lihat dari pergaulan anak muda zaman sekarang. Mereka bisa bersatu dengan hebat, tanpa mikirin status pendidikan. Entah itu anak SMP, anak SMA, anak kuliahan, anak sialan, anak kampret, anak blangsat, siapa saja bisa jadi teman, bisa bergaul atau mungkin bisa jadi pacar.

Nih, ada tips singkat buat elo yang pengen nyari pacar.

Gue sih berharapnya, lo nggak punya rasa untuk minder-minder seperti gue ini. Karena, zaman lo sudah mendukung banget sob untuk sebuah perbedaan. Lo nggak usah pusing mikiran hal ini hal ono. Asal lo punya ketulusan hati buat mencintai seseorang, yaudah... langsung sikat aja bro. Gampangkan ? tapi jangan asal sikat juga sih, lo tetep kudu pastiin juga, kira-kira ada nggak cewek/cowok yang mau sama elo, kalo nggak ada, ya tips ini nggak berlaku goblok… Hhehe :)

Sepanjang dari apa yang gue tulis ini, sebenernya ada sesuatu hal yang bener-bener membuat gue nyesek bercampur prihatin, ya… tentang facebook.

Nggak lama dari resminya gue menjadi anak kuliahan... gue merasa era ke-emasan dan ke-kuning-kuningan facebook makin lama makin turun. Orang makin banyak beralih ke jejaring sosial yang lain. Facebook makin hilang pamor. Imbasnya, facebook pun nggak lagi di anggap sebagai alat nomor wahid untuk dapetin gebetan atau pun buat PDKT-an sama cewek. Beda banget dengan apa yang gue lakuin dengan facebook waktu dulu.

Sedih ? pastinya brader…

Walaupun agak miris, gue sih tetep berdoa… semoga facebook kelak nasibnya nggak kayak friendster. Dan bagi mereka yang sekarang menganggap facebook adalah ranahnya anak alay, jangan sombong dulu deh. Begini-begini lo dulu pasti sering juga kan maenin facebook ? ngaku aja deh… berbohong lobang hidung lo nambah satu, mau ?!

Oh ya, sejauh ini gue cuma mengambil konteks bahwa cowok anak kuliahan di anggep "agak" lebih keren di mata anak cewek SMA, hanya itu saja. Namun beda lagi kasusnya, kalo si anak cowok SMA ini ternyata berparas tampan (mirip sule) dan merupakan anak tunggal dari pengusaha jengkol sukses se-Indonesia. Nah beda lagi tuh...

Semoga nalarnya nyambung. Nggak nyambung juga ? ya sambung-sambungin aja deh :p

Well, masa transisi (baca : peralihan) dari anak SMA ke anak kuliahan emang selalu membingungkan. Mungkin tiap orang berbeda-beda merasakannya. Tapi yang pasti kita harus punya keyakinan masing-masing dalam diri kita, karena hidup… ya kita sendiri yang menentukan, bukan orang lain. :)

Pesan moral :
Gak ada gading yang nggak martin!
Kalo mau kepoin foto mantan di facebook... persiapkan mental ya cukup ya!

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "Balada Anak SMA, Kuliah dan Facebook"

  1. jadi kesimpulanya kalo cowok SMA susah dapet cewek kalo anak kuliahan gampang dapet cewek nih bang...
    emmm tunggu dulu,,,tunggu dulu. biar anak SMA kalo mukanya ganteng, bapaknya kaya, terus anak tunggal yang punya perusahaan gudang garam. kalo sekolah mobilnya ganti2. terus ayahnya sakit2an dan dia pewaris tungal gimana tuh bang ?

    BalasHapus
  2. ada jugo loh anak kuliahan belum dewasa, mungkin kalo cuma liat sekilas dari style yaa... Bisa jadi Bisa jadii :D haha

    BalasHapus
  3. bang jangan-jangan cuma aku anak cewe yang nganggep coko kuliahan itu serem bang. jangan-jangan cuma aku bang. jangan-jangan baaangg!

    BalasHapus
  4. whehehe... bener juga sih, anak kuliahan emang terlihat 'agak' lebih keren dari anak SMA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, anak kuliahan....

      *siap-siap di keroyok anak SMA se-indonesia*

      Mwehehe

      Hapus
  5. jangan2 lu kepoin gua juga nyol?

    BalasHapus
  6. yah kalau udah kuliah mah emang sih gak terlalu susah deketin anak SMA, tapi lain ceritanya kalau mau deketin anak kuliahan juga. Karena semakin dewasa seseorang, otomatis semakin tinggi juga standar mereka. kayak gue aja nih, dulu waktu SD sukanya sama anak SMA (tetangga), sekarang ya sukanya sama yang udah kerja. duda anak satu korban perselingkuhan juga boleh asal baik, soleh, mapan, pintar, bijak, bersahaja dan cinta keluarga termasuk gue. niat ya komennya -_-

    BalasHapus
  7. beneran nih bang??? saya soalnya mahasiswa baru nih T,T belom pengalaman -_- apalagi pacaran :v

    BalasHapus
  8. Kalo gue orangnya adil. Meskipun kebanyakan orang udah beralih ke yg lain seperti Twitter, gue tetep setia juga sama Facebook. Yah, gue emang baik Nyol.

    Menurut gue sih sih anak kuliahan sama anak SMA itu sama aja. Kalo misalnya cewek dasar suka yg anak SMA ya mau gimana lagi. Pokoknya tergantung kenyamanan aja, mau anak kuliah boleh, anak SMA juga boleh.

    BalasHapus
  9. kira - kira apa yah yang menginspirasi admin blog ini membuat tulisan ini :D

    BalasHapus
  10. Jadi gitu ya..
    Cewek anak SMA lebih suka sama Anak kuliah... Terus begitu lo kuliah, friend request fb lo jd nambah..
    Begitu masuk kuliah, lo harus jaga penampilan biar tetep maskulin, sampe jerawat nongol aja diributin..

    Tapi, di tempat gue beda deh, cewek SMA suka anak kuliahan, tapi cewek kuliahan lebih suka sama cowok yang udah kerja..
    Soalnya yg masih kuliah hidupnya kebanyakan tragis, lagian kuliah kalo mukanya kaya Ence Bagus mah sama aja ngga..
    Hidup di FB harus selektif dalam pasang foto profil haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu beda lgi kasusnya dotz.
      Kalo anak cewek kuliahan, emang suda pada mikir yg konkrit-konkrit aja gitu :D

      Hapus
  11. wah sekarang anak SD aja kelas 5 dan 6 udah gak sedikit loh yang in a relationship.. Gue ngebayangin kalo anak SD yang nulis wall ke cewek gebetannya kira2 gimana ya?


    http://dreamnote07.blogspot.com/2013/08/tentang-dia-cewek.html
    Bantu komeng bro.. :D

    BalasHapus
  12. Postingannya bagus :) followback blog gue dong http://ekienglandmuse.blogspot.com/

    BalasHapus
  13. eh iya nih, anak kuliahan kan emang keliatan keren :3
    aku juga pingin jd anak kuliahan, biar keliatan keren -_-

    BalasHapus
  14. em... Ternyata Adek KAlas.... sip dah cerita ente..

    Kunjungi juga web ane ya gan..>>>http://www.zonapos.com/

    BalasHapus
  15. Jadi anak kuliahan itu serba salah, ketika gak ada dosen senang sih gak belajar tapi sedihnya tugasnya seabrek ibaratnya sama aja belajar ! hahahaha

    BalasHapus
  16. Mari Bergabung di KartuVIPQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Win Rate Tertinggi di Indonesia

    KARTUVIPQQ MENYEDIAKAN 9 PERMAINAN KARTU POPULER:
    BANDAR66| DOMINO QQ | POKER | BANDAR POKER | SAKONG | CAPSA SUSUN | ADUQ | BANDARQ | PERANG BACCARAT


    Dengan Proses Deposit & Withdraw yang super CEPAT
    Min. Deposit Dimulai Dari 15 RIBU
    Withdraw minimal 20 RIBU

    DI SUPPORT 5 BANK TERBESAR & TERNAMA
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    ! Permainan 100% Murni Player Vs Player, No Robot !
    JADI, TUNGGU APALAGI?

    GABUNG BERSAMA KAMI DI KARTUVIPQQ
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols