Tips Sebelum Mengubah Tampilan Blog

Selain menulis, hal lain yang membuat gue jadi senang dalam ngeblog adalah bisa mengubah atau mengedit tampilan blog.

Mungkin bagi sebagian blogger, hal yang semacam ini terkesan membosankan atau malah menyia-nyiakan waktu saja. Ya, nggak usah dipermasalahkan soal itu. Karena pada dasarnya, mengubah atau mengedit tampilan blog bukanlah suatu keharusan yang wajib dilakukan dalam ngeblog. Tapi kalo boleh jujur nih, menurut gue pribadi berdasarkan apa yang gue rasakan, salah satu keasyikan dalam ngeblog ialah muncul pada saat kita mengubah tampilan blog lho.


Tips Mengubah Tampilan Blog Sikonyols

Tampilan blog merupakan salah satu elemen utama dalam sebuah blog. Dialah yang menjadi pemikat, yang membuat pengujung makin tertarik dan penasaran untuk meng-grepe-in blog yang kita punya. Dengan kata lain, tampilan blog menjadi unsur pembeda bagi masing-masing blogger. Karena pastinya setiap blogger mempunyai kekhasan tersendiri dalam tampilan blognya. Tampilan yang dimaksud di sini meliputi widget, template, dan lain sebagainya.

Agar kita bisa mengubah atau mengedit tampilan blog, tentunya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh yang namanya perjuangan (pembelajaran) khusus agar bisa memahami cara mengubah atau mengedit tampilan blog yang baik dan benar. Tentunya pelajaran tentang blog.

Gue sendiri bisa ngedit-ngedit tampilan blog sampai sejauh ini, itu bukan karena gue les atau kursus, tapi berkat rajin belajar lewat mbah google dan faktor nanya langsung ke temen-temen blogger yang lebih paham soal mengubah tampilan blog. Mengutip sebuah pepatah yang berisi, “malu bertanya, sesat di jalan”. Hal itu jugalah yang gue terapkan agar belajar ngeblognya makin asoy. Selain belajar tentunya juga menjaga pintu silahturahmi antar sesama blogger, bukan begitu? :)

Dalam postingan ini, gue mau berbagi pengetahuan dari apa yang gue alami seputar mengubah atau mengedit tampilan blog.

Ada beberapa hal yang harus temen-temen blogger perhatikan sebelum mengubah atau mengedit tampilan blog. Memang hal ini terkadang diabaikan. Namun sebenarnya penting juga lho untuk dilakukan. Yo wes, mari kita bahas bersama-sama.

TIPS SEBELUM MENGUBAH TAMPILAN BLOG

1. Jangan lupa untuk backup template yang digunakan

Backup template adalah hal yang sering diabaikan oleh banyak blogger setiap mau mengubah atau mengganti template blog. Biasanya hal seperti ini banyak dialami oleh blogger pemula.


Mengapa harus melakukan backup template?

Fungsi dari membackup template adalah menyimpan file (.xml) template yang kita gunakan. Artinya bila template rusak, kita tidak perlu susah payah untuk memperbaiki kembali tampilan blog kita, tinggal mengupload ulang file (.xml) blog yang sudah kita simpan sebelumnya.

Anggap saja backup template adalah hal yang bisa mencegah, ketidaksukaan kita terhadap template yang telah kita download dan pasang diblog. Serta mencegah tampilan dari widget kita yang tidak teratur mengikuti perubahan dari tampilan template.

Berikut langkah-langkah untuk membackup template:
  • Buka dashboard blogger, pilih template
  • Setelah muncul, klik button dipojok kanan bertuliskan backup/restore
Download Template Blog Benablog
  • Selanjutnya akan muncul gambar dibawah, lalu klik download full template
Download Template Blog Radityadika
  • Selesai

2. Pastikan mempunyai aplikasi text editor

Setelah berhasil membackup template. Artinya kita telah melakukan hal aman dalam menjaga tampilan blog. Seadainya sewaktu-waktu ingin mengubah tampilan, maka dapat dipastikan data yang sudah ada (tersusun) dalam template lama akan menghilang pada template yang baru. Data tersebut meliputi meta tag, dan data penting lainnya.

Untuk itu diperlukan aplikasi text editor agar bisa membuka file (.xml) pada template blog lama sehingga kita dapat mengambil kembali data penting yang sudah tersusun itu. Aplikasi text editor yang dimaksud ada banyak, bisa notepad (bawaan dari windows), notepad++, sublime text, dan masih banyak lagi. Kalo gue sendiri sering pake notepad++.

Biar kalian nggak bingung tentang aplikasi text editor, mungkin bisa baca dulu artikel tentang 7 Aplikasi Text Editor Membantu dalam Pemrograman.



3. Membuat sebuah blog eksperimen

Rahasia gue dalam belajar mengotak-atik tampilan blog adalah membuat sebuah blog eksperimen.

Mungkin banyak dari temen-temen blogger juga melakukan hal seperti ini sebelum mengubah atau mengedit tampilan blog. Menurut gue, yang seperti ini namanya “sah-sah” saja dilakukan. Ibaratnya itu sebagai tempat latihan untuk kita belajar.

Dengan membuat sebuah blog eksperimen, kita akan jadi lebih aman dalam mencoba mengubah atau mengedit tampilan blog. Kita dapat memastikan terlebih dahulu apakah tutorial yang kita temukan ini berhasil atau tidak. Jika berhasil, tentunya kita jadi lebih gampang menerapkanya ke blog utama.


4. Pikir-pikir dulu sebelum mengubah tampilan blog

Syarat wajib sebelum mengubah tampilan blog adalah harus pikir-pikir dulu. Gue harap temen-temen blogger semua melakukan hal yang seperti ini. Karena mengganti tampilan blog berarti kita harus merelakan banyak hal, semisal kenyamanan yang diciptakan oleh tampilan blog yang lama. Asoydah!

Maka dari itu, kalo emang beneran mau ganti tampilan blog, usahakan mencari template yang bener-bener anda sukai. Jangan sampai, kalian sudah ganti eh malah menyesal. Dan perlu diingat, jangan juga keseringan gonta-ganti pacar tampilan blog, itu artinya kamu labil. Gue sendiri selama ngeblog 2 tahun ini, baru 2 kali ganti tampilan blog. Yang terbaru ialah ganti dengan tampilan yang sekarang. Bisa baca di sini

Jadi intinya adalah harap dipikirkan secara mateng-mateng terlebih dahulu sebelum beneran kamu mau mengganti tampilan blog.

5. Berani mencoba

Mungkin poin 5 ini, hampir sama isinya dengan poin 4. Yang intinya adalah harus ada kemauan serta keberanian untuk mencoba belajar mengubah atau mengedit tampilan blog.

Belajar mengedit atau mengubah tampilan blog itu sudah ada banyak referensinya. Bisa belajar lewat mbah google, belajar dari buku, atau belajar dari temen blogger.

So, gue rasa nggak ada salahnya untuk kalian mencoba, iya kan? :)

Oke, mungkin cukup segitu aja dulu tips blogging tentang mengubah atau mengedit tampilan blog dari gue. Dan buat kalian yang pengen tanya-tanya seputar ngeblog sama gue atau kalian mau minta dirapihin tampilan blognya sama gue? Oh, tentu bisa banget lho. Kirim saja email ke: anggazulika@gmail.com 

Nanti bakal gue layanin dengan sepenuh hati. Asoydah! :)

Semoga bermanfaat ya!

Subscribe to receive free email updates:

60 Responses to "Tips Sebelum Mengubah Tampilan Blog"

  1. wah ya yang pertama itu sering x aku lupa memback up , kalau udah gitu jadi pengen gigitin komputer deh,,,,

    BalasHapus
  2. Iya bang bener tuh, satu lagi kalau tempe nya dpt download credit nya jgn di ilangin semua, kasian yg buat apalgi tempe SEO Friendly, kalau di Modified boleh lah haha

    BalasHapus
  3. Mantep nyol!
    Wuihh ternyata punya blog eksperimennya juga ya..
    Nambahin ya Nyol.. kalo pake domain sendiri, bisa tuh pake sub domain buat eksperimen tema blog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou mas tomo..
      iya ada juga nih gue, hehe
      Bener banget tuh, kalo pake domain sendiri bisa bikin sub domain aja ya.. mantap tambahannya :D

      Hapus
  4. manfaat nih,coba cek desgin blog aku bro http://perypachrija.blogspot.com/ kasi saran ya hehe
    saling follow juga :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat.
      Blog lo udah keren lho, cuma fontnya aja yang agak dirubah, saran gue sih itu :)

      Hapus
  5. text editor nih yang jarang gue pake, pantes kurang asoy klo lagi ngedit tampilan Blognya

    BalasHapus
  6. Gue dulu udah berapa kali gonta-ganti template blog. Awal-awal jadi seorang blogger itu emang labilnya bukan maen. Karena gue emang gak jago desain template sendiri, ya cuma comot dari template gratis, terus diedit-edit lah. Tapi creditnya tetep dari si pemberi template gratis, gak mau ngaku-ngaku kalo itu template buatan gue, ntar malah berabe ujung-ujungnya. Tapi sekarang gue utamain nulis aja dulu daripada ngutamain template. Haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo diblog yang lama, gue dulu juga labil bro, malah labil banget.
      Tapi seiring waktu berjalan, ya berubahlah..

      Setuju gue soal credit itu :)

      Hapus
  7. Makasih nyols, mungkin saya akan mencoba mengumpulkan keberanian lagi. Pernah error dan beberapa postingan ter-hidden gitu ampe frustasi dan sedih. Sampe saat ini rada trauma hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalo termotivasi kembali gara-gara baca tulisan gue, hehe :p
      Tetep semangat ya!

      Hapus
  8. tips biar berani nyoba dong kak -_-"

    BalasHapus
  9. punya blog eksperimen itu yang paling wajib kalo menurut gue. gue sampe punya 3 hahahah, maruk sih tapi lihat asilnya. Ayamsakit bis jadi tjakep gitu.....tentunya dengan mengorbankan 3 sodaranya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah ternyata lo juga pake blog eksperimen ya.
      Mantep tuh, tapi emang maruk lo yam :(

      Hapus
  10. Keren!! Sikonyols Blog udah makin jago nih soal mengedit tampilan blog.. ^_^

    Oh yaa, terkadang bisa juga karna keasyikan edit sana edit sini banyak blogger yg lupa dengan konsep desain tiap bagian-bagian templatenya. Jadi kesannya malah kayak gak nyatu gitu tampilannya. Entah itusalah kombinasi warna, atau asal-asalan masang widget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak belajar dari mas chaidir juga sih.
      Makasih ya.. btw jangan kapok buat ngajarin gue yow. Hehe :p

      Tuh tambahan tips dari mas chaidir..

      Hapus
  11. Haseeek editing tampilan blog nih. Kalo jungjawa.com gimana nih bro? Bisa kasih saran? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mantep tuh blog kamu bro.
      Lagian niche blog yang dipilih juga tentang design :)

      Hapus
  12. Huaaah keren. Aku sudah mempraktekkan semuanya kecuali yang text editor itu. ga ngerti ._.

    BalasHapus
  13. Warna templplate blognya cerah bgt :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan postingannya tetapi blognya yang dikomen, oke deh~~

      Hapus
  14. nyol, biasa nongkrongin web mana buat cari tutorial edit template? ada rekomendasi gak? selain mbak google :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus juga ini komentarnya. Thanks ya, Vi :)
      ntar gue buat postingan khusus aja ya

      Hapus
  15. Gue juga pertama / awal - awal mengenal dunia bloger juga pernah gitu, nggak gue backup dulu template-nya sebelum edit, al hasil tampilannya jadi acak - acakan, sedih emang tapi jadi sbuah pelajaran, & sekarang dah bsa otak atik sendiri :)

    BalasHapus
  16. semuanya bener banget nih... udah jadi blogger berpengalaman sih ya :D

    BalasHapus
  17. buat gue sih, kalo mau ganti template blog, lo harus punya ide TEMA blog lu mau gimana.. biar ga sekedar cantik, tapi juga sinkron sama isi blognya.
    gue pengen buat sidebar yang menunya itu bisa 'anak'-an.. duh gimana ya gue jelasinya??? hahaha...
    yang menunya bisa keluar submenunya gitu.. ada triknya ga bro??

    mampir di blog saya juga dong, http://rainbowmaniswriting.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, biar selaras harus sesuai dengan tema terlebih dahulu. Nice comment bro :)
      Sidebar yang punya anakan, semisal widget arsip bawaan punya bloggerdotcom?

      Hapus
  18. HAHAHA aku udah pernah mengubah tampilan blog, eh taunya tampilan ancur semua HAHA

    BalasHapus
  19. Kalo ane sih kalo untuk keseluruhan template ane jarang banget ganti ganti bahkan ane masih pake template bawaan blogger, tapi ane tambahin widget widget yang perlu aja karena blog ane pribadi yang penting menurut ane kualitas dalam penyampaian ane hehe :D
    kalo mau iseng blogwalking ke blog ane bro http://notes14.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti apa yang gue tulis, template blog ya "pemikat" pengunjung.. jadi kalo mau ubah atau tidak masih balik ke pemilik blognya sih.

      Dan juga nggak semua blog personal lho, apapun blognya kekuatan utama tetep pada postingan blog :)

      Hapus
  20. Berani mencoba itu penting dalam hal ini ya, Mas :)

    BalasHapus
  21. awal ngeblog, gue sering banget gonta-ganti template, tapi lama kelamaan, gue sadar, nyawa sebuah blog bukan di design tapi tulisan, percuma dong design keren tapi nggak ada postingan baru, akhirnya gue fokus ke postingan, barulah setelah itu mendesign blog hehe..
    sampai sekarang gue belom pernah gonta-ganti template lagi, paling cuma ganti header aja, hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti header juga penting...

      ya sewaktu-waktu nanti kalo lo pengen ganti tampilan blog, semoga saja ostingan gue ini bisa bermanfaat. Aamin :)

      Hapus
  22. wah iya nih bener banget ju, gue paling seneng gonta ganti tampilan nih haha

    biar gak bosen aja sih.

    nice posting ju :))))

    BalasHapus
  23. Super sekali, Kak Juju.... Kamu mandiri dan terlatih menimba ilmu di Mbah Gooogle. Saya dulu juga suka merubah tampilan Blog, dan belajar sedikit banyak tentangnya - tidak sia-sia kok. namu pernah kejadian buruk menimpa, yaitu LUPA Backup file template sebelumnya. Dan hasilnya eror, sumpah nangis darah. Nah, dari situ saya muai bertanya dan berguru ke sesama Blogger deh. Saya sekarang lagi belajar menulis, kalo urusan merubah tampilan Blog. Mungkin butuh waktu panjang dan keseriusan, biar pembaca beah beralama-lama membaca. Makasi Ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya.
      Semoga gak lupa-lupa lagi buat backup kalo ngedit tampilan blog :)

      Hapus
  24. Gue jadi memikirkan untuk ganti tampilan baru nih, biar lebih fresh. Tapi gue yang ga terlalu paham bahasa pemrograman, jadinya pusing. Karena ga semua yang gue mau bisa kesampean. Kayaknya gue lebih milih menyerahkan sama yang ahlinya deh, biar lebih maksimal. *mulai nabung untuk hire profressional*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tuh pake jasa... but soal ngambar, karya mu keren-keren bro :)

      Hapus
  25. Nice post!
    Memang tips yang anda paparkan cukup sederhana, tapi justru itu yang paling penting. Terutama nomer 5 :)

    BalasHapus
  26. artikel yang bermanfaat,terimakasih sudah share :)

    BalasHapus
  27. Sampai sekarang blog gue masih datar-datar ae. /o\

    BalasHapus
  28. Mari Bergabung di KartuVIPQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Win Rate Tertinggi di Indonesia

    KARTUVIPQQ MENYEDIAKAN 9 PERMAINAN KARTU POPULER:
    BANDAR66| DOMINO QQ | POKER | BANDAR POKER | SAKONG | CAPSA SUSUN | ADUQ | BANDARQ | PERANG BACCARAT


    Dengan Proses Deposit & Withdraw yang super CEPAT
    Min. Deposit Dimulai Dari 15 RIBU
    Withdraw minimal 20 RIBU

    DI SUPPORT 5 BANK TERBESAR & TERNAMA
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    ! Permainan 100% Murni Player Vs Player, No Robot !
    JADI, TUNGGU APALAGI?

    GABUNG BERSAMA KAMI DI KARTUVIPQQ
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols