Tips Memulai Ngeblog Yang Baik dan Benar Versi Sikonyols

Belakangan ini gue suka dikagetkan dengan banyaknya temen gue yang nanya-nanya hal tentang blog sama gue. Awalnya gue ngerasa ini kayak semacem ejekan gitu. Karena kalo gue boleh jujur nih, banyak dari temen gue itu kurang begitu tertarik kalo gue ngomongin tentang blog. Tapi coba aja kalo gue cerita hal yang lain, misalnya Maria Ozawa kalo tidur, ilernya itu nggak ngalir ke kasur tapi ngalir ke udel. Beh... udah, dalam hitungan detik, temen-temen gue pasti ngedengerin gue dengan penuh gairah. Ya, temen-temen gue emang pada kampret.

Tapi, melihat situasi yang seperti sekarang, tentunya gue bersyukur dong. Karena pada akhirnya banyak juga temen gue yang sadar bahwa sebenarnya ngeblog itu adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. *elap ilernya Maria Ozawa*


TIPS MEMULAI NGEBLOG YANG BAIK DAN BENAR SIKONYOLS

Gue jadi inget waktu awal-awal gue ngeblog dulu. Rasanya itu susah banget. Ibaratnya kayak kita jalan tapi kaki kita diiket paket badan Hulk. Nah, kebayangkan betapa beratnya?

Gara-gara susahnya ngeblog, gue jadi ngerasa ngeblog itu kayak ngelakuin hal yang sia-sia aja. Nulis udah panjang lebar, posting blog rajin 5x sehari (udah kayak sholat). Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Blog sepi pengunjung, nggak ada yang komentarin, pokoknya udah desperate bangetlah. Akhirnya, gue nyerah sendiri. Gue pun memutuskan untuk vacuum ngeblog.

Gue kenal sama blog udah lama, sejak dari SMP. Namun gue baru beneran ngeblognya itu pas kelas 2 SMA. Blog gue yang pertama, bukan yang sekarang ini. Blog gue dulu, bisa dibilang blog cabe-cabean alias blog labil. Isinya nggak ada manfaat sama sekali (emang yang sekarang ada?). Isi blog gue dulu, isinya berdasarkan suasana hati. Asal nulis aja yang penting update blog. Pengen nulis cerita harian, publish. Pengen nulis pelajaran, publish. Pengen nulis pacar, nggak jadi. Baru inget waktu itu gue masih jomblo. Hiks :(

Seiring waktu berjalan, akhirnya gue nyadar sendiri. Pada dasarnya, sewaktu gue ngeblog dulu, guenya juga labil. Belom tahu mau diarahin kemana blog gue saat itu. Hingga akhirnya gue nggak sengaja nonton film KAMBING JANTAN. Dan dari film itulah gue sedikit banyak jadi ngerti dan bisa memaknai arti sebuah blog.

Setelah nonton film itu, entah mengapa gue jadi bersemangat untuk ngeblog lagi. Gue bertekad kalo nanti ngeblog, gue akan buat blog baru. Gue pun mulai coba untuk membuka mata lebih luas lagi tentang dunia blogging. Dan semakin gue coba cari tahu, gue malah makin merasa sedih dan menyesal. Ya, gue nyesel kenapa nggak dari dulu aja gue bisa memaknai arti dari sebuah blog.

Sejak saat itu gue makin rajin melakukan observasi tentang dunia blog. Ini gue lakuin hanya semata-mata agar gue nantinya nggak salah jalan dalam memulai blog baru nanti. Dari hasil observasi inilah, gue pun menarik sebuah kesimpulan sendiri bahwasanya untuk memulai ngeblog, ada hal-hal penting yang harus kita siapkan terlebih dahulu sebelum memulai ngeblog.

Jadi pada postingan ini, gue bukannya bermaksud untuk menggurui ataupun merasa sok bener dalam ngeblog tapi gue pengen sekedar share, pengalaman gue dalam memulai ngeblog. Ya, setelah gue coba dan gue terapkan sendiri kesimpulan hasil observasi ini, gue merasa ngeblog gue jadi terarah.

Oke, langsung aja ya. Berikut tips memulai ngeblog yang baik dan benar versi gue.

1. Menentukan Jenis Blog

Hal mendasar buat lo yang (baru) pengen memulai ngeblog, saran dari gue adalah menentukan terlebih dahulu jenis atau genre blog kalian.

Menurut gue ini penting. Karena dengan kita menentukan jenis blog, kita tanpa sadar telah mempunyai gambaran atau arah jalan sendiri untuk kita ngeblog. Contohnya waktu awal-awal gue ngeblog dulu pake blog cabe-cabean, gue nggak ada yang namanya ‘menentukan jenis blog’. Jangankan menentukan, memikirkan aja gue nggak pernah. Pokoknya gue asal bikin blog aja. Blog jadi, langsung mulai ngeblog. Hasilnya gue nggak punya jati diri dalam ngeblog.

Intinya, sebelum lo mulai ngeblog. Ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu jenis blog biar nantinya lo punya arah dalam ngeblog. Gunanya apa? dengan kita telah mempunyai arah maka kita jadi tahu sendiri mau mengisi konten jenis apa pada blog kita nantinya.

Ada banyak jenis blog yang bertebaran di dunia ini. Namun yang paling umum atau sering gue temui ada 5 jenis blog, yaitu:
  1. Blog Pribadi (Personal) : Blog yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari.
  2. Blog Niche : Blog yang membahas satu topik saja.
  3. Blog Media : Blog yang membahas banyak informasi.
  4. Blog Bisnis : Blog yang berhubungan dengan produk (blog jualan).
  5. Blog Download : Blog yang menyajikan banyak konten untuk di download secara cuma-cuma.
JENIS-JENIS BLOG DUNIA SIKONYOLS

Kalo blog gue sendiri adalah jenis blog personal. Blog kalian?

2. Konsep Tampilan Blog

Setelah selesai menentukan jenis blog. Langkah selanjutnya dalam memulai ngeblog untuk pertama kali adalah membahas tampilan blog.


Design Template Tampilan Blog Sikonyols

Dalam dunia blogging, tampilan dari sebuah blog adalah salah satu hal yang (menurut gue) penting. Ya, namanya juga tampilan, tentu saja dimana-mana setiap orang akan melihat dari sisi tampilan dulu baru konten (umumnya gitu). Nah, dalam kasus seperti ini, anggap saja tampilan blog adalah daya pemikat. Jadi kalo tampilannya bagus, pengunjung akan terus penasaran untuk mengkepoi blog kita makin dalam. Namun kalo tampilannya biasa-biasa saja, besar kemungkinan, pengunjung bakal langsung close tab.

Untuk urusan tampilan blog, memang bukanlah perkara yang mudah untuk dikerjakan. Kita sebagai pemilik blog harus mempunyai kepekaan sendiri dalam membangun, mendesign tampilan blog kita. Mau dibuat kayak apa, dibentuk seperti apa, itu semua hanyalah pemilik blog sendiri yang bisa membayangkan dan merasakan.

Ada dua cara yang dapat kita lakukan dalam membuat tampilan suatu blog, yaitu:
  1. Re-design template blog dari buatan orang (gratis)
  2. Minta bantuan jasa seorang blog layouter (bayar)
Kalo boleh jujur, membuat tampilan blog memang agak ribet. Tapi sebenarnya tampilan blog bukanlah hal yang teramat penting dalam ngeblog. Namun konten dari sebuah blog-lah yang sangat penting. Ya, percuma aja kalo tampilan blog bagus tapi kontennya nggak sebagus sama tampilan. Ayo pilih mana?

Kalo gue sendiri, dalam membuat tampilan blog nggak berharap bisa langsung jadi full. Gue biasa melakukannya dengan cara nyicil-nyicil. Misalnya pengen merubah bagian header. Ya, gue selesain dulu bagian headernya sampe bener-bener selesai dan merasa puas. Kalo sudah, baru deh merubah bagian yang lain.



3. Punya Tujuan dan Target Dalam Ngeblog

Ngeblog adalah kegiatan gratis tapi menjanjikan. Kalo lo ngeblog nggak punya tujuan dan target alias asal nulis aja, aduh rasanya sayang banget. Punya tujuan dan target yang ingin dicapai melalui ngeblog, menurut gue hukumnya “boleh-boleh saja”. Malahan emang seharusnya kita bisa memanfaatkan hal gratis yang ditawarkan blog ini.

Dari ngeblog lo bisa kasih informasi atau ilmu baru ke orang lain. Bisa juga dapet uang dari blog, dan bahkan terkenal karena ngeblog. Hal ini dikarenakan secara tidak sadar, kita telah membangun personal branding kita lewat ngeblog.

Jadi kalo lo ngeblog nggak ada tujuan dan target yang ingin dicapai lewat ngeblog? Duh rugi banget.

4. Pantang Menyerah dan Rajin Belajar

Kalo lo udah yakin untuk jadi seorang blogger, saran dari gue lo harus punya jiwa pantang menyerah yang tinggi dan nggak pernah bosen untuk belajar. Karena pada dasarnya, ngeblog adalah suatu hal yang unpredictable (tidak bisa diprediksi).

Awal-awal ngeblog emang rasanya pedih banget. Tapi kalo kita punya jiwa pantang menyerah, kemungkinan yang tadinya bikin kita sedih, pedih. Kini lambat-lambat mulai terobati. Dan yang terpenting nggak pernah bosen untuk belajar.

Well, itulah beberapa tips sederhana yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan buat lo yang baru akan memulai blogging. Semoga bermanfaat! :)

Subscribe to receive free email updates:

65 Responses to "Tips Memulai Ngeblog Yang Baik dan Benar Versi Sikonyols"

  1. 4 tips tadi lahkah awal, yang jika salah satunya diabaikan akan berpengaruh kedepannya, masalahnya gue mengabaikan keempat hal itu pas awal ngeblog. begimana tuh Nyol? udah nanggung/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak apa-apa untuk dimulai sekarang, setidaknya sekarang sudah lebih tahu :)
      Semangat ngeblog!

      Hapus
  2. Pada dasarnya gua rasa semua mahluk yang awalnya ngeblog ya begitu. Menuangin kegelian dan kegelisahan masing-masing. Daripada dipake buat mendesah nggak jelas, biar kata labil, kan mending dituangin di blog, kayak nuangin teh ke dalam gelas. Lalu kutau usiamu baru sebelas. Ouwo karmila ... :v

    BalasHapus
  3. super sekali bung, jadi flashback masa-masa kelam dan komentarin blog sendiri pake akun lain biar blognya keliatan rame.gue kotor sekalii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, lo ternyata kotor juga ya yam. Tapi tenang, gue dulu juga kayak gitu.
      Anggap saja menyemangati diri sendiri :)

      Hapus
  4. kalo blog saya sih bisa dibilang personal blog.
    ya gitulah, suka-dukanya di awal ngeblog, tapi tetap bertahan sampai sekarang.
    and nice tips. Tipsnya bermanfaat utk memulai nge-blog

    BalasHapus
  5. Kalo gue ngeblog di www.jungjawa.com buat desain grafis bang :p

    BalasHapus
  6. Kalau blog gue personal, dan punya tujuan tertentu.. baru2 ini sih aktif ngeblog. Mampir balik Nyol ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguslah kalo ada tujuan.
      Semoga makin semangat ngeblognya :)

      Hapus
  7. ...gue masih nggak begitu jelas tujuan ngeblognya apa, sejauh ini sih penyaluran cerita hari-hari aja, atau juga update-an kerjaan (gaya bener). Hahaha. Dan, dan gue juga baru aja ngubah tampilan blog jadi balik ke awal lagi, berasa rada nggak konsen kalo tampilannya terlalu bagus. \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kedepannya lo nemuin tujuan blog lo, Dwi
      CAYO!!

      Hapus
  8. Bener, kita harus menentukan tema apa untuk blog kita :-D

    BalasHapus
  9. Blog gue blog campur aduk :3
    Apa aja dimasukin...
    Personal iya, review iya, apa aja deh --'

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dari sekarang bisa dipilah-pilah jangan dicampur aduk lagi :)

      Hapus
  10. Pantang menyerah, rajin belajar, dan tidak sombong. Yeeeeaaay...

    BalasHapus
  11. Jadi makin tau tentang ngeblog setelah baca artikel Sikonyols.

    BalasHapus
  12. Hallo bro,

    blognya keren... (y)

    salam kenal dari www.gatotwicaksono.com

    BalasHapus
  13. Jadi inget, dulu gue rajin banget ngeblog (bukan blog yang sekarang) setiap hari minimal gue posting 1 artikel. Itu bener2 masa2 paling produktif buat gue. Tapi semua terhenti ketika gue harus ngerjain tugas akhir yang deadlinenya mepet. Niatnya beres tugas akhir mau lanjut blogging lagi, eh akhirnya malah keterusan kagak ngeblog, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, sayang banget ya kalo begitu.
      Mungkin motivasinya udah berkurang,
      ayola ngeblog lagi :)

      Hapus
  14. waah tips yang bermanfaat,terimakasih sudah share :)

    BalasHapus
  15. kayak ane sekarang gan, post tulisan cuma sebulan sekali, blognya luntang lantung -_-

    BalasHapus
  16. gue masuk ke personal blog and download blog...insyaallah masih labil..#loh.
    makasih tipsnya nyol telah membuat gue lebih berfikir tentang tujuan hidup gue dlm dunia perbloggan. /m\

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalo kayak gitu, gue jadi ikut seneng nih :)

      Hapus
  17. Yang kelima yaitu terus kreatif mencari ide isi blog kita agar makin banyak pengunjung yang tidak hanya sekedar numpang leway

    BalasHapus
  18. Ternyata banyak ya yang terinspirasi dari Kambing Jantan.. hehe
    Blog gue juga personal, soalnya ga perlu banyak mikir buat nulis apa. Niat awal pengen dapet duit dari blog, sampe sekarang belum dapet-dapet, hahaha. Mungkin kurang tekun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue rasa yang memilih blog personal, sedikit banyak terinspirasi dari orang itu.
      Oke mantap juga tuh tujuan ngeblognya :)

      Hapus
  19. Blog gue sih bisa dibilang personal, kali ya. Alhamdulillah, hampir setahun di dunia blogger, gue punya tujuan dan target dalam ngeblog.

    Tipsnya bermanfaat! Sukses terus, Bang. Terus menginspirasi. x))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah gue cek, iya blog lo masih bisa dibilang personal. Hehe :p
      Kerenlah kalo udah ada tujuan dalam ngeblog.

      Aamin, thanks ya..

      Hapus
  20. Gue mah masih blogger ingusan :| kadang ngepost kadang nggak. Tapi thx banget bang, tipsnya menginspirasi.
    nice post (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal rutin ngepost atau nggak, itu masalah blogger pada umumnya bro.
      Makasih :D

      Hapus
  21. Bang blog gw bertujuan. Tapi hati gw belum punya tujuan apalagi arah jalan pulang :G


    http://catatan-jari-jariku.blogspot.com/?m=0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh kasihan banget..
      Rajin-rajin nongkrong di masjid ya hehe

      Hapus
  22. gue jadi inget awal gue ngeblog.. kagak ada komentar, nggak ada yang baca. hampa
    tapi gue sadar, tulisan gue zaman dulu itu hina, sekarang juga hina mungkin.. huwahaha..
    tapi ya seiring berjalannya waktu, karena komitmen dan konsistensi ngeblog, blog gue mulai sedikit demi sedikit dikenal.
    ada kebahagiaan tersendiri walaupun itu bukan uang, tapi bermanfaat bagi para pembaca :)

    BalasHapus
  23. Keren nih blognya mas.
    Bisa untuk berguru ini, hehe :)

    Terima kasih untuk postingannya...

    BalasHapus
  24. artikel yang bermanfaat,terimakasih sudah share :)

    BalasHapus
  25. Halo, gue nemu blog ini dari kaskus. Kebetulan gue sendiri sedang mengalami dilemma yang lo tulis. Gue menulis sejak tahun 2009 dan sampai sekarang masih bingung sebenernya tujuan nulisnya apa. Gue sih akan bilang kalo blog gue ini personal blog. Baru bulan kemarin kesentil untuk ngomongin satu topik di blog gue. Terima kasih ya postnya, sangat membuka wawasan. Kalo berkenan, bolehkah follow-followan? Sekali lagi, Terima kasih yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah,seneng gue dengernya.
      Semoga bisa bermanfaat ya dan semangat untuk ngeblognya :)

      Boleh kok, follow-followan apa nih? G+? Blog? :D

      Hapus
    2. blog boleh, G+ udah kan ya heheheu makashi loh :')

      Hapus
  26. Nomor 2 dan 3 belum kesampaian. :(

    BalasHapus
  27. 1 2 3 4 gue setubuh tjoy
    namun dari apa yg gue alamin, ternyata banyaknya komentar gak selalu berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung. iya gak sih?

    BalasHapus
  28. Aku kira postingab baru kak, wkwkw, nulis lagi dong kak di sma kumbang

    BalasHapus
  29. Mari Bergabung di KartuVIPQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Win Rate Tertinggi di Indonesia

    KARTUVIPQQ MENYEDIAKAN 9 PERMAINAN KARTU POPULER:
    BANDAR66| DOMINO QQ | POKER | BANDAR POKER | SAKONG | CAPSA SUSUN | ADUQ | BANDARQ | PERANG BACCARAT


    Dengan Proses Deposit & Withdraw yang super CEPAT
    Min. Deposit Dimulai Dari 15 RIBU
    Withdraw minimal 20 RIBU

    DI SUPPORT 5 BANK TERBESAR & TERNAMA
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    ! Permainan 100% Murni Player Vs Player, No Robot !
    JADI, TUNGGU APALAGI?

    GABUNG BERSAMA KAMI DI KARTUVIPQQ
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols