Tips Sukses Belajar Stand Up Comedy

Tiap tahun pasti akan ada banyak hiburan baru yang bermuculan di setiap negara. Hal ini dikarenakan hidup terus berjalan, rasa penasaran setiap orang akan suatu hal baru tentunya terus berkembang.

Masih ingat dengan Gangnam Style? Harlem Shake? Atau Goyang Caesar?

Ya, itu semua bisa dibilang hiburan baru. Karena kebanyakan orang baru tahu akan hal itu. Nah, jika kita bicara tentang hiburan, untuk di Indonesia sendiri, ada sebuah hiburan baru yang akhir-akhir ini, menurut gue, progressnya lagi bagus banget yaitu Stand Up Comedy.


Tips sukses belajar stand up comedy

Bagus di sini, dalam artian baik dari sisi pelaku, penonton, maupun orang-orang yang berada dibalik layar stand up comedy, semuanya mendapat efek yang bagus.

Stand up comedy tidak mengenal usia. Malahan setiap orang (cowok, cewek, abg labil) bisa belajar tentang stand up comedy. Hanya saja untuk sukses belajar stand up comedy yang baik dan benar ada aturan yang mesti diketahui dan dipelajari.

Apakah stand up comedy dituntut harus lucu? Jawab gue, tentu saja ‘iya’.

Namun, bukan berarti asal ngomong di depan penonton terus lucu terus dapat tepuk tangan itu sudah bagus. Ya, nggak sesimpel itu juga. Kalau ngomong soal lucu, Sule, Olga, Caesar juga lucu.

Dalam stand up comedy, seorang stand up comedian nggak asal bikin penonton tertawa, tapi dalam tawa itu juga terdapat pesan moral yang bisa ditangkep oleh penonton.

Baiklah, gue rasa cukup basa-basinya. Dalam postingan ini, gue mau bagi-bagi tips buat lo yang pengen belajar stand up comedy, terutama buat yang baru nyoba. Bukannya apa-apa sih, gue cuman pengen berbagi apa yang gue tahu dan gue dapet selama berkarir di dunia stand up comedy aja.

"TIPS SUKSES BELAJAR STAND UP COMEDY"

1. Niat dan Tekad Bulat

Hal pertama agar bisa sukses belajar stand up comedy adalah punya niat dan tekad yang bulat. Gue rasa sih ini bukan berlaku untuk belajar stand up comedy aja ya tapi juga untuk belajar dibanyak hal.

Tanpa adanya niat dan tekad yang bulat, gue rasa apa yang kita lakuin akan terasa sia-sia. Tapi kalo kita punya niat dan tekad, besar kemungkinan kita bisa sukses belajar (bertahan untuk belajar). Jadi, buat lo yang merasa pengen terjun dan serius belajar stand up comedy, saran dari gue lo harus kuatin dulu niat (punya niat). Karena jujur aja, belajar stand up comedy untuk pertama kalinya emang susah dan butuh pengorbanan.

2. Perbanyak Referensi

Sudah bukan jadi rahasia umum lagi agar bisa sukses belajar stand up comedy yang baik dan benar dibutuhkan banyak referensi. Dengan kita memperbanyak referensi, maka kita juga bisa belajar lebih banyak lagi tentang stand up comedy itu sendiri.

Referensi itu bisa berasal dari apa saja yang berkaitan dengan dunia stand up comedy. Bisa dari baca buku, nonton video stand up comedy, ataupun nonton langsung event-event stand up comedy seperti openmic, show dan gigs lainnya.

Hal semacam ini bisa dibilang wajib harus kamu lakukan. D­engan begitu nantinya saat lo terjun ke dunia stand up comedy, lo sendiri nggak akan canggung lagi dengan hal yang seperti lo tonton sewaktu belom terjun ke dunia stand up comedy.

3. Mulai Menulis Materi

Salah satu kewajiban agar sukses belajar stand up comedy adalah punya materi. Materi yang dimaksud bukan berwujud harta benda tetapi materi berupa cerita/joke yang akan dibawakan saat tampil stand up comedy.

Jika dianalogikan dengan alat perang, anggap saja materi adalah senjatanya. Bayangkan lo nggak punya senjata? Tentunya lo nggak akan bisa apa-apa. Nah, begitulah stand up comedy. Tanpa adanya materi, maka lo juga nggak akan bisa berbuat apa-apa.

Makanya seorang pelaku stand up comedy dituntut harus sering nulis materi. Biar senjatanya nggak habis-habis. Kalo nggak habis, ya berarti kapan saja siap perang.

Setiap orang atau pelaku stand up comedy biasanya punya cara tersendiri dalam menulis materi. Hal inilah yang menjadikan, kenapa stand up comedy sering disebut dengan "smart joke", karena semua materinya melalui proses observasi, pemikiran dan akhirnya ditulis.

Seorang pelaku stand up comedy harus bisa melihat hal apapun dari sudut pandang komedi. Point of view itulah nantinya yang disuguhkan. Dengan memiliki materi yang kuat adalah modal utama untuk bisa menjadi stand up comedian yang baik (Acho). Tentunya agar bisa membuat materi yang kuat dan bagus, ada tahap-tahapnya dan pembelajaran lagi.

4. Ikut Komunitas Stand Up Comedy

Satu lagi hal penting yang mesti lo lakuin jika ingin sukses belajar stand up comedy adalah ikut komunitas stand up comedy.

Kalo menurut gue, komunitas stand up comedy itu ibaratnya sekolah. Disanalah kita bisa menimba ilmu, belajar, dan bertemu dengan teman-teman baru.

Saat ini sudah banyak komunitas stand up comedy yang hadir diseluruh kota di Indonesia. Baik di kota, provinsi, maupun kabupaten pasti ada komunitas stand up comedy-nya. Bukan cuma itu saja, bahkan sudah ada komunitas stand up comedy di wilayah kampus dan sekolah-sekolah. Wuih canggih!

Kalau gue sendiri ikut di komunitas stand up comedy Palembang.

Dan sekedar ingin berbagi pengalaman aja, ada banyak manfaat dari kita ikutan komunitas stand up comedy. Diantaranya:
  • Pertama: Kita mendapat ilmu yang pasti tentang stand up comedy. Karena disana kita bakal bertemu dengan orang yang sama-sama ingin belajar stand up comedy.
  • Kedua: Kita bakal dikasih masukan dari sesama comic mengenai penampilan kita. Kurangnya dimana, materi yang harus diperbaiki, dll. Kalo kita nggak ikut komunitas, otomatis kita pasti nggak ada yang evaluasi.
  • Ketiga: Dapet kesempatan (jatah) manggung. Inilah enaknya kalo ikut komunitas. Ada kesempatan atau jam terbang. Kalo ada tawaran job kemungkinan (kalo kita bagus, lucu), ya kita bakal dapet job. Bayangin, betapa senengnya loh, udah dapet pahala bikin orang ketawa, eh dapet duit juga.
Jui Purwoto Stand Up Nite 4 Palembang Sikonyols
Foto sewaktu gue tampil di Stand Up Nite 4 Palembang (24 Agustus 2013)
  • Keempat: Berkesempatan bertemu dengan orang-orang hebat. Jujur aja, gara-gara ikut komunitas stand up comedy, sedikit banyak merubah gaya hidup gue. Yang tadinya orang biasa aja, tapi gara-gara ikut komunitas, gue berasa jadi orang penting dan sibuk. Ada kegiatan pasti yang menjanjikan kedepannya. Bukan cuma itu aja, gara-gara stand up comedy, gue jadi bisa ketemu banyak artis. Iya, artis.
Kiri: Bareng David Nurbianto, Tengah: Bareng Raditya Dika, Kanan: Bareng Mc Danny
  • Kelima: Mendapat keluarga baru. Yup, dengan ikut komunitas stand up comedy lo akan merasakan yang namanya keluarga baru. Nggak percaya? Silahkan coba sendiri :)
Mungkin itu saja beberapa tips sukses belajar stand up comedy dari gue. Kalo temen-temen ada tambahan, monggo di komen aja.

Ya wes, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

46 Responses to "Tips Sukses Belajar Stand Up Comedy"

  1. Hampir mirip sama tips yang pernah gue share di blog

    BalasHapus
  2. Satu lagi, kalau kita sukses dan disukai banyak orang, juga bisa dapet penggemar. Wuih, asik tuh. Ya paling enggak follower naik lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah kayak gitu, artinya belajar stand up-nya udah sukses :)

      Hapus
  3. 1-4 itu harus saling berkesinambungan ya kan bang, hehehe pengen deh belajar stand up comedy , aku penggemar berat nya si lolox karena asli kota medan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus berkesinambungan, anggap saja 1-3 Teori dan 4 Praktek.
      Oh dari Medan ya, salam buat Medan :)

      Hapus
  4. Hiks, gue udah open mic baru dua kali sih, tapi kata temen" gue, gue garing :(, itu yg bikin stress, dan trauma mau naik ke panggung hiks hiks....

    BalasHapus
  5. Ayo.. jangan patah semangat.
    Gue dulu juga kayak gitu, pas awal-awal :)

    BalasHapus
  6. Sangat memotivasi banget ini bagiku. Jadi menambah semangat buat mau ikutan Stand Up Comedy *Regional Palangkaraya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ayo..ayo jangan ragu kalo begitu.
      Langsung nyobain deh :)

      Hapus
  7. Selama ini Komunitas Stand up yang belum bisa gue temuin di Serang Banten. Tipsnya bermanfaat,tapi ko gue gak dapet tips sal materi standup seperti punc line, set up dll yah. Mungkin dipostingan berikutnya yah Nyol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo jangan ditunggu lagi, buruan join komunitas STAND UP BTS-nya :D
      Oke, mungkin nanti bakalan gue post deh tentang hal yang semacem itu

      Hapus
  8. Dari dulu pengen nyobain yg nomor 4 tapi belum kesampean sampe sekarang. :(

    BalasHapus
  9. sebenernya yang paling mempengaruhi itu ikut komunitas ya... sayangnya gue malu mau ikut kayak gituan.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, yang paling besar pengaruhnya kalo pengen belajar stand up, ya ikut komunitas.
      Ah, Edotz haha

      Hapus
  10. Masih belum berani kalo ditantang buat open mic -___-

    BalasHapus
  11. Wihi makin keren lo nyol!.\:D/
    Baru tahu kalo stand up comedy harus ada pesan moralnya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo juga makin keren, Dwi.
      Udah nerbitin buku :)

      Ya ada dong, sebenarnya bukan cuma stand up comedy aja, segala macem lawakan tuh kalo bisa ya ada pesan moralnya. Menurut gue sih gitu :)

      Hapus
  12. gue sih udah tau stand up comedy dari film spongebob, yang spongebob ngejelekin seandy dan bikin orang-orang ketawa, eh lama-lama dia ngejelekin dirinya sendiri, dan itu lucu..
    cuma gue gatau namanya, baru tau lebih jelasnya pas 2012, awal-awal Raditya Dika yang bikin gue tau tentang komedi cerdas macam gini.. lama-lama kecanduan deh, sampe sekarang suka banget nonton di youtube, kalo langsung paling di kampus aja, itu masih pada newbie, kurang lucu.. pengen sih nyoba, cuma belom berani untuk berdiri di depan orang banyak haha.. maaf kepanjangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp kok kepanjangan. Masih bisa gue baca hehe

      Itulah tantangannya, kalo udah nyoba sekali aja nanti lo jadi ketagihan sendiri deh buat nyoba dan nyoba lagi :)
      Gutlak ya

      Hapus
    2. haha, kan kadang ada orang yang males baca :p
      oke thanks ya, nanti dicoba deh. hihi

      Hapus
    3. Tenang, gue bukan orang yang kayak gitu. Asoydah :p
      Gutlak ya!!

      Hapus
  13. Belajar stand up y, itulah keknya sedikit impian kecil gue yang belum tercapai, gue dulu pernah ngisi acara workshop, tapi malah gue jadiin acaranya ketawa mulu. Mungkin gue perlu nyoba stand up di kampus dulu, kecil2-an, udah banyak ngeliat sih, tapi masih nervous. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren tuh, tinggal coba untuk terjun ke dunia stand up-nya aja berarti.
      Semoga berhasil ya :)

      Hapus
  14. Belum berani kalo ditantang open mic (eh, nggak nanya ya? hehe)
    Soalnya nulis lucu aja masih kesulitan, apa lagi ngomong. Belum lagi ngomongnya medok, hehehe Jawa gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba dulu aja mas, siapa tahu malah diluar yang lo pikirin.
      Apalagi medok-medok jawa gitu, tambah asyik pasti :D

      Hapus
  15. Kalo gue gada bakat stand up, ngomong depan banyk orang aja langsung dredeg :D

    BalasHapus
  16. Gue ga ada niat ikutan ataupun stand up comedy, walaupun gitu gue tetep suka liat stand up kalo lgi suntuk,

    nicepost sob, semoga banyak yang terinspirasi :)

    BalasHapus
  17. Kalau lagi ngobrol, kadang celetukanku bikin orang ketawa ... ha ha.
    Tapi ketika nyoba ikut stand up comedy 17an ... e ... lha kok nggak ada yang ketawa :-(
    Mungkin tidak rejeki-nya jadi comic !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena masih sebatas mencoba, kalo ditekuni ya siapa tahu bisa gitu :)

      Hapus
  18. bang gua copy yah soalnya mau buat tulisan diblog pribadi, entar gua tulis referensinya dari blog anda . gimana bisa ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, boleh sob.
      Asal lu nulis sumbernya dari mana, kalo nggak gue marah deh :(

      Hapus
  19. engga punya bakat ikutan stand up berdiri di panggung juga udah gemeteran :D

    BalasHapus
  20. saya tw stand up comedy pas liat Raditya DIka, lalu lanjut ke Bang Acho, lanjut lagi ke Ari Kriting dll lupa lagi namanya hahaha....
    GO Standup Comedy-an :D

    salam kenal, jgn lupa mampir yak :)

    BalasHapus
  21. Huahuahua aku penikmat standup comedy dan pencinta comicnya *ketjup* wkwk.
    Aku merasakan kehangatan anak-anak standup comedy, apalagi komunitas di sini, walau masih jadi penikmat, kecanduan.

    Semoga deh kesampaian jadi comic, biar comic cewe nambaaaah!!!

    BalasHapus
  22. Kalo cewe bisa gak ya?kayanya kebanyakan yg stand up cwo smua, ,hehe,

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols