Polisialan = Polisi + Kesialan

Tadi siang, sekitar jam 10 pagi. Gue bareng temen gue lagi otw ke kampus. Temen gue itu namanya Hafis. Berhubung kondisi badan gue lagi kurang sehat, jadilah gue ikut ngampus bareng dia. Bahasa gaulnya itu nebeng.

Di tulisan gue yang lama, gue sempet menulis tentang Hafis, bisa baca di sini deh. Saat ini emang kondisi kesehatan gue lagi terganggu, kurang makan, kurang tidur, kurang uang jajan, kurang kasih sayang dan belaian manja perempuan. Ya, bisa di bilang lagi nge-drop gitu. Mohon doanya aja ya biar gue cepet sembuh, setidaknya sembuh dari luka cinta lama gue *eaaa!*. 

Uhmm... polisial? Ada yang tahu?
Iye, kali ini gue mau nulis kejadian gue sewaktu bertemu dengan polisi + kesialan maka jadilah Polisialan.

Setiap denger namanya polisi, banyakan orang itu akan bertingkah segan. Polisi dianggap figur yang cukup di takutin di masyarakat, terutama anak-anak TK dan SD.

Dan menurut gue ungkapan itu lebih etis di beri kepada para polisi yang emang berlaku baik, tangguh, dan berwibawa.  Tapi apa jadinya dengan polisialan, mungkin ceritanya beda. Yang  tadinya segan, takut malah berubah menjadi enek, empet, jijik, dan makan sumpah. 

Hal ini dimulai jam 10 tadi pagi. Gue dengan Hafis lagi mau jalan menuju kampus. Biar cepet nyampe kampus, kami lewat jalan belakang namanya jalan Musi Dua. Jalan itu biasa dilewati truk-truk besar. Kalo lewat jalan itu serasa lagi syuting film transformer aja. Saking gede-gedenya mobil yang lewat. Biasanya jalan itu jarang ada razia, nah anehnya, tadi pagi dilakukan razia dalam skala cukup besar di jalan itu, hampir setiap kendaraan di stopin pak polisi. Dan sungguh sialnya kami ikut terkena dalam razia itu, bikin nyeseknya lagi, STNK motor hafis lagi di kantor polisi karena dia lagi ngurus mutasi pindah lokasi tempat bayar pajak motor, alhasil cuma di kasih surat jalan untuk sementara ini, dan bertambahlah kesialan… sial…sial…sial !

Razia Motor
foto diambil setelah kami selesai di razia-in 
Proses razia pada kami cukup alot. Berikut reka ulangnya dalam bentuk dialog.

Polisi : “Prit…priit…pritt” (suara peluit dan tangan polisi menyuruh stop) “Selamat pagi pak…”

Kami : (Menepi ke pinggir jalan)

Polisi : “Oke pak, bisa perlihatkan surat menyurat motor…” (Mendekat)

Hafis : “Iya pak, ada…” (membuka dompet, menunjukkan surat jalan tadi)

Polisi : “Ini apa ?” (melihat surat itu)

Hafis : “Itu surat jalan pak, STNK motor saya lagi di kantor polisi….”

Polisi : “Kenapa di kantor polisi, hilang !”

Hafis : “Bukan pak, lagi ngurus mutasi”

Gue : “aaaaaaa….” (nelen ludah)

Polisi : “Oooo… SIM ada !”

Hafis : (ngerogoh dompet dan ambil SIM) “Ini pak…”

Polisi : “Wah…gini pak, kalo lagi ngurus mutasi. Motor tidak boleh di pake jalan dulu pak”

Hafis : “Lah…kan ada surat jalan ? Itukan dari polisi juga, Kok gak bisa sih ?”

Polisi : “Oke, boleh kesana sebentar pak…saya jelasin. Temennya tinggal di tempat saja”

Hafis : “Bisa pak…” (berjalan ke pojok bersama polisi)

Gue : “aaaaaa….” (Nahan boker)

Setelah mereka berdua berada di pojok. Gue cuma bisa melihat dari jarak 4 meter. Dalam penglihatan gue, mereka kayak sok akrab, trus gue khawatir sama Hafis. Gue takut dia di grepe-grepe sama pak polisi, karena lagi mojok. Sekitaran 10 Menit, Hafis menghampiri gue dan nanya…

Hafis : “Nyol… ada uang 20ribu nggak ?”

Gue : “Ada fis, emang buat apa ?”

Hafis : “Kampret…polisinya minta uang 125ribu, buat damai… gue kurang uang nih, pinjem ya”
Gue : “Anjirrr bener ya…. Yaudah pinjem aja gak apa kok, inget bunga ya…” (senyum najong)

Hafis : “Kampret lu…..” (nyengir dan ketawa kecil)

Gue : “Becanda kok…. “

Habis minjem uang gue itu, Hafis kembali mojok dan gue kembali menyaksikan aksi pojok-pojokan seorang mahasiswa dengan polisi di pinggir jalan. Dan tidak lama dari itu, Hafis mendekati gue, bilang bahwa urusan selesai. Kami berdua langsung pergi. Dan ngobrol-ngobrol di atas motor sewaktu menuju kampus. Ternyata gak jadi Hafis bayar polisi itu seharga Rp.125Ribu tetapi cuma bayar Rp.20Ribu. Gue takjub sama Hafis, jago bener nego-negonya. Tapi gue pikir… mungkin tadi Hafis bukan jago nego-negonya tapi dia rela di grepe-grepe oleh pak polisi, oleh sebab itu harganya nurun, ehmmm…tidak lama kemudian, sampelah kami di kampus.

Gue juga 2 minggu yang lalu di tilang polisi. Untung gue lengkap, STNK, SIM, Helm, Spion, Sempak lengkap gue pake dan gue bawa… maka gue nggak keluar uang speser pun alias gue tertib mematuhi *ngerapiin dasi kemeja. Jadi gue sarani buat kalian yang berkendaraan motor, jangan lupa bawa surat-menyurat motor kalian saat kemana pun pergi sewaktu bawa motor. Ya… antisipasi jika ada razia mendadak, dan bertemu polisialan.

Ini yang gue maksud kenapa saat ini banyak orang yang memberi citra negatif ke polisi. Sebenarnya polisi itu bagus dan patut kita contoh, namun oknum seperti polisi lalu lintas (polantas) yang terkadang membuat semua berfikir jelek. Mereka seakan melakukan razia dalam rangka menertibkan plus-plus alias nyari uang tambahan bukan merazia demi menertibkan lalu lintas. Haaaaaaa… !

Kepala gue makin pusing nih, mau istirahat dulu. Terakhir... maaf ya pak polisi, kami cuma bisa kasih segitunya.

Pesan Moral:

Kalo pak polisi ngajak mojok sewaktu di tilang atau di razia, lo harus berhati-hati dan berdoa yang terbaik kepada Tuhan YME, jangan sampe mereka nge-grepe. Jangan lupa, selalu membawa surat-menyurat motor kalian sewaktu ingin pergi dengan kendaraan bermotor. Hukumnya wajib bagi yang sudah 18 tahun ke atas.

Subscribe to receive free email updates:

48 Responses to "Polisialan = Polisi + Kesialan"

  1. hahah lucu banget,, kasian si hafis klo baca tulisan ini..

    BalasHapus
  2. pak polisi... pak polisi....
    tetep aja seperti ini :P

    BalasHapus
  3. Beruntung banget cuma bayar 20 ribu, gue pernah ditilang bayar 150 ribu. kesel banget kan??

    BalasHapus
  4. hahaha, jangan-jangan ditempat situ transformer dibikin..
    bener, kadang gue jengkel juga sama polisi, gue pernah distopin polisi waktu lagi jalan, ga tahu apa penyebabnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi iya deh bang :p
      mungkin elo gak pake helm kali atau nggak lo salah jalan...

      Hapus
  5. kalo gue sih udah enek sama polisi, gue pernah ditilang cuma gara2 pentil .
    pokonya ga masuk akal banget deh :(

    BalasHapus
  6. Emang udah biasa kalo ada polisialan di setiap jalan mah, nggak heran lagi apalagi jakarta. solusinya ya cari jalan yg nggak ada polisi. Tadi katanya kan ada bnyak truk ? kalo gue sih bakalan milih ngumpet2 ditengah/dibalik truk hahaha. Gue jga pernah kena abis 80 ribu behhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya setiap kendaraan aja di stopin, mau ngumpet dimana kami :3
      wah...beruntung !

      Hapus
  7. Yeaaahhhhhh...STNK Lagi dimutasi bisa jadi alasan tuhh...Kira kira kalu bilang gtu trus gga pake srat jalan bisa ngga ea..ahahahaha......gue mau coba ahhhh....

    BalasHapus
  8. HAHAHAHA
    Hafis itu cakep gak sih Bang?
    #SalahFokus

    gue sih paling demen kalo ada razia..
    lengkap sih ~(^^~)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eyaaaaaa.... lain yang sudah berumur, jadi disegani :p
      Hafis ganteng kok...

      Hapus
  9. gampang kok kalo mo gak kena tilang.... yakin dalam hati... berdo'a sebelum berangkat... ucapakan salam... lalu lengkapi surat2 kendaraan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius itu cara tergampang kalo gak kena tilang ? :0

      Hapus
  10. ciyus nih? ciyan beud sih :'(

    btw gue juga pernah senasip sih hahaha :)))

    BalasHapus
  11. gini ne,salah satu yg bkin citra polisi jelek..

    BalasHapus
  12. Hahaha...
    Iya bro! Citra polisi sekarang makin memburuk dikalangan masyakarat, tapi biar lebih aman mending kemana-mana make mobil! Selain nggak kehujanan juga bisa jadi tempat 'pup' kalo wc lagi penuh :D

    BalasHapus
  13. HAHAHAHAHA kasian banget sumpah deh bener bener kasian :p
    anyway, gue sama temen gue juga pernah kok kaya gitu -_-

    BalasHapus
  14. setuju bang,,aku jena pernah kaya gtuh,,ujung-ujung nya minta uang damai...huffftt

    BalasHapus
  15. wah bener2 sial kamu y bang wkwk, makanya hati2 kalo berkendara harus jeli terhadap yg namanya RAZIA.

    BalasHapus
  16. haha kasian tu hafis, di grepe2 pak polisii. ternyata sama saja,kebanyak minta uang damai ,.. haduh *parah..
    gue dulu juga pernah sempett dii uberr dan kejar2an karena gue melarikan diri hehee..

    BalasHapus
  17. 11 Desember : gue bakal lebih berhati-hati lagi -____-

    Sofyan : elo pasti mantan pembalap ya ?? :D

    BalasHapus
  18. hahaahaa...
    lucu2....mungkin di grepe-grepe bisa turun harga yaA bro..
    gue pernah juga gto,, tapi gue bisa di bilang gila kalie yaA....gue pernah di tilang juga,,yang bikin gue ngomong kalo gue gila, gne di jalan tu ada razia dan gue masuk'in,,padahal gu ga pake helm dan spion,,,anehkan cuma bermodal PD aj bro...terpaksa dech gue byar denda, Tanpa SIM, STNK, kaca spion, dan helm = 170.000,,,gue kasih aja 200.000, ada uang kembaliannya dech,,di kasih bpa polisi 30.000. gue pulang smbil mikir kaya jual beli di pasar aja....

    BalasHapus
  19. iya bisa jadi karena itu sih hhe :3
    wah, bakat lo sebagai bisnis man teruji berarti ya

    BalasHapus
  20. kalau ane angkat tangan gan kalau urusan polisi,, trauma pernah kena pentungan polisi sampai teler gak kuat berdiri+nahan sakit yang amat sangat dikepala bagian belakang

    BalasHapus
  21. wah ceritanya mantap banget ya..... polisi memang sialan....

    BalasHapus
  22. Blog walking :D
    http://arieagustomi.blogspot.com/

    BalasHapus
  23. mudah2 an ada polisi yg baca ngga ...
    hahaha ...
    kampret tuh, trus pertanyaannya, gunanya surat jalan buat apa?
    polisi memang udah susah memperbaiki citranya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin, tapi dibaca aja jangan tangkep gue... pehlis :p

      surat jalan itu kayak perintah izin mengendarai motor tapi STNK tidak ada gitu,(STNK motor lagi di polisi)

      Hapus
  24. selalu harus berdua aja dan di pojokan haha..

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols