Cara Halal Mendapatkan Uang Lewat Blog

Setelah merayakan hari kelahiran blog gue yang ke-2 tahun, pada bulan Agustus yang lalu. Perlahan-lahan visi dan misi gue dalam ngeblog sedikit banyak telah berubah. Blog yang dulunya sebagai diary, alias menulis sekedar untuk berbagi cerita dan informasi, sekaligus menghibur orang lain (semoga terhibur). Kini, mulai coba untuk mencari tahu cara untuk mendapatkan uang lewat blog.

Yap, gue mulai mencoba untuk monetize blog.

Jadi, selama beberapa bulan setelah itu, gue rutin buka mbah google, sekedar baca-baca artikel tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog dan sekaligus melakukan survey kecil-kecilan. Gue rela ngelakuin hal yang beginian, tidak lain dan tidak bukan hanya sekedar untuk meyakini bahwasanya dari blog juga bisa dapetin uang.


Uang Hasil Korupsi

Setelah rajin mencari tahu di mbah, gue bukannya tenang tapi malah merasa gak yakin bisa dapetin uang lewat blog. Habisnya banyak banget bro artikel dengan embel-embel mendapatkan uang lewat blog. Bukan cuma 1 tapi mungkin ada miliyaran artikel. Ada yang ngasih 5 cara, 10 cara, 13 cara, bahkan sampai ada 212 cara. Aduh, yang terakhir itu sebenarnya tips atau kapaknya wiro sableng sih?

Makin banyak artikel, gue makin kebingungan.

Kadang gue suka mikir, blogger yang nulis artikel ini, sebenarnya sudah kaya belom sih? Kira-kira sebulan penghasilannya berapa? Hehe… saking penasarannya gue.

Gue orangnya nggak gampang percaya kalo belom kenal. Perlu ada bukti terlebih dahulu, baru bisa gue percaya. Kata orang sih yang seperti ini nggak baik. Artinya gue bakal jadi orang kedua, karena melakukan hal yang sama. Ya, emang sih. Cuma kan ini konteksnya sudah banyak yang mencoba, jadi boleh sajalah kalo cari yang bener-bener sudah mengalami. Biar nggak melakukan hal yang sia-sia gitu.

Sampai akhirnya, gue mendengar sendiri cerita langsung pengalaman mendapatkan uang lewat blog dari tetangga gue dan salah seorang teman di Komunitas stand up comedy Palembang. Serta yang paling terbaru adalah langsung dari mulut Bapak Komputer Sejuta Umat, Romi Satria Wahono, sewaktu dia ngisi kuliah umum di kampus gue.

Romi Satria Wahono, Ilmu Komputer
Kiri: Bapak untuk anak-anakmu kelak, Kanan: Bapak komputer sejuta umat

Buat yang belom tahu siapa itu pak Romi Satria Wahono, aduh kalian sungguh terlalu!

Dari penuturan merekalah, akhirnya gue makin yakin untuk melakukan monetize blog. Sekedar informasi, monetize blog atau monetization blog adalah suatu cara atau strategi untuk mendapatkan uang lewat blog.

Sebenarnya, kalo dipikir-pikir, gue sendiri sudah beberapa kali mendapatkan uang lewat blog. Walau nggak banyak, namun lumayanlah buat ngisi pulsa modem. Oleh karena itu, melalui postingan ini, gue pengen berbagi cerita dan pengalaman pribadi gue soal mendapatkan uang lewat blog. Semoga bermanfaat.

Teman-teman ketahuilah, ternyata ada banyak banget cara untuk mendapatkan uang lewat blog, diantaranya:

1. Menjual Jasa Kemampuan

Hal paling utama agar bisa mendapatkan uang lewat blog adalah dengan menjual kemampuan yang kita miliki. Jika temen-temen merasa memiliki kemampuan tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, menggambar, menulis atau bahkan kemampuan lainnya), tidak ada salahnya untuk mempromosikan kemampuan melalui blog pribadi masing-masing. Siapa tahu setelah ditampilkan di blog, pintu rezeki malah sering berdatangan.

Selain menjadi tempat pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan kemampuan yang kita miliki (membentuk personal branding).

Gue sendiri, secara tidak langsung memanfaatkan poin pertama ini. Diantaranya, gue bikin blog khusus menampilkan karya vector art gue sekaligus mau ngasih tahu kalo gue buka jasa bikin vector art, dan alhamdulllah, malahan beberapa minggu yang lalu, gue dapet rejeki lain dari hasil benerin template blog orang.

Yap, itu semua karena gue bisa, karena ada kemampuan.

Jadi, buat temen-temen, silahkan mencari kemampuan apa yang kira-kira bisa kalian jual melalui blog pribadi masing-masing. Dan yang terpenting jangan malu-malu untuk menampilkannya. SemangART!

2. Menjadi Buzzer, Paid Review

Salah satu yang memberikan penghasilan besar melalui blog adalah menjadi buzzer, paid review.

Di zaman yang serba internet ini, membuat banyak perusahaan (pelaku usaha) memanfaatkan media internet sebagai sarana promosi produknya. Disinilah seorang buzzer bermain. Buzzer adalah orang beruntung atau terpilih yang mendapat kesempatan untuk mempromosikan sesuatu (biasanya produk) dari orang lain atau perusahaan.

Untuk sekarang, Buzzer itu banyak muncul di media sosial, seperti twitter dan instagram. Namun jangan salah lho, di dunia blog juga ada buzzer. Cuma bedanya, kalo di blog orang jarang menyebut “si blogger” dengan buzzer tapi istilah lazimnya adalah paid review. Jadi, sekedar dilihat dari postingannya aja.

Paid review adalah cara lain untuk mendapatkan uang lewat blog. Sistem kerja dari paid review adalah si blogger cuma diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu di blognya. Gampang bangetkan?

Tapi perlu catatan, menjadi seorang buzzer itu nggak semudah beli kuaci di warung. Tentunya ada pertimbangan khusus yang akhirnya membuat perusahaan atau pihak tersebut minat untuk memberikan pekerjaan paid review kepada blogger beruntung. Contoh blogger yang sering dapet job review ini adalah Allit Susanto, Arif Muhammad, dan masih banyak lagi.

Gue pribadi, alhamdulillah sudah 2 kali dapet uang lewat paid review ini. Pertama, gue dapet dari zalora.co.id, yang keduanya gue dapet dari simpati melalui jasa idblognetwork. Untuk yang pertama itu, gue masih awam banget soal paid review, jadi dibayar dengan kupon belanja Rp. 100rb aja, gue senengnya minta ampun. Nah, baru deh dari simpati, gue seneng setengah mampus. Habisnya gue dapet bayaran yang ehem-ehem. Bisa dilihat di sini…

data payout idblognetwork
Ini gue dapet jobnya dari idblognetwork.

3. Memasang Iklan di Blog

Hal yang paling umum mendapatkan uang lewat blog adalah dengan memasang iklan di blog. Gue rasa nggak perlu penjelasan panjang lebar pasti temen-temen blogger sudah tahu sendiri dengan poin yang satu ini.

Memasang iklan di blog itu ada banyak caranya. Bisa dengan ikut program menjadi publisher resmi, salah satu yang paling populer di dunia yaitu google adsense. Atau bisa juga dengan iklan mandiri. Iklan mandiri artinya tanpa ikutan menjadi publisher resmi. Iklan mandiri itu orang pasang iklan langsung sama blog kita. Pahamkan?

Blog gue sendiri, terhitung sejak bulan November lalu, sudah mulai dihiasi dengan iklan. Pasca, permintaan gue untuk menjadi publisher google adsense di approve. Jadi, ya sekarang blog gue ada iklannya.

Saran dari gue, kalo pengen mendapatkan uang lewat blog, mending coba aja dengan memasang iklan. Karena, masang iklan di blog itu nggak dosa. Malah, gue sendiri nyesel kenapa baru-baru sekarang pasang iklan di blog.

Ada iklan di blog itu, nggak mengurangi kecantikan blog kita. Ya, asal kita juga tahu cara untuk menempatkannya. Kalo sudah pasang iklan, maka penghasilan kita didapat dari perhitungan PPC (Pay Per Click). Kasarnya begini, kalo nggak ada yang klik, maka nggak ada penghasilan. Tapi kalo banyak yang klik, alhamdulillah, ada rejeki untuk blog kita. Udah gitu aja.

4. Mengikuti Lomba Blog

Poin terakhir untuk mendapatkan uang lewat blog adalah dengan mengikuti lomba blog, maksudnya menang dari lomba blog.

Saat ini lomba blog telah banyak diselenggarakan. Dalam setahun, mungkin bisa ada puluhan lomba blog. Jenis lomba blog sendiri ada banyak, seperti kontes SEO (Search Engine Optimization), lomba menulis, lomba review, lomba mendesain suatu produk, dan sebagainya.

Hadiah yang diberikan juga makin hari makin menggiurkan saja.

Sama halnya dengan yang lain, agar bisa menang dari lomba blog, tentunya nggak segampang gonta-ganti channel tipi. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang extra agar bisa menang bersaing dengan sesama peserta lomba blog.

Alhamdulillah juga, dari beberapa kali coba ikutan lomba blog, gue sudah beberapa kali mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Yang masih hangat banget yaitu beberapa bulan yang lalu, dimana gue berhasil jadi pemenang utama dari lomba yang diadakan oleh nokia lumia. Selengkapnya bisa baca di sini.

...

Nah, mungkin segitu aja dulu untuk postingan kali ini. Gue minta maaf banget kalo ada salah-salah kata dalam penyampaian postingan ini. Di sini juga, gue nggak bermaksud untuk menggurui tapi sekedar berbagi aja :)

Ya, kurang lebih seperti itu deh pengalaman gue dalam mencoba untuk mendapatkan uang lewat blog. Tentunya, kalo temen-temen cari tahu lebih dalam lagi, maka pasti akan menemukan banyak lagi cara untuk mendapatkan uang lewat blog. Tapi, yang terpenting dari itu semua adalah kalo bisa uang yang didapatkan itu dari hasil yang halal dan benar. Bukan dari hasil melakukan hal yang jelek-jelek.

Pesan moral:
Mendapatkan sesuatu itu butuh kerja keras dan extra pengorbanan gaes, nggak mungkin banget pengen bisa mendapatkan sesuatu tanpa melakukan apa-apa. Itu nonsense!

Subscribe to receive free email updates:

68 Responses to "Cara Halal Mendapatkan Uang Lewat Blog"

  1. Gue niat awal bikin blog emang pengen dapet duit. Tapi ya gitu, sampai sekarang belom juga dapet, hehe. Mungkin masih kurang tekun.

    BalasHapus
  2. Gue fokus ke "bapak untuk anak-anakmu kelak" -_______- wkwkwk

    BalasHapus
  3. @tambah_tinggi_kamu_dengan208k nice!

    BalasHapus
  4. haha sampai sekarang aku belum pernah dapet duit dari blog, masih tahap belajar :))

    BalasHapus
  5. Caption fotonya. :)) Hahaha. Buzzer keren ya, simple tapi ciamik. #Halah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa captionnya? Minat? :p
      Yoi, jadi buzzer itu enak banget, lapang...

      Hapus
  6. Bang Konyol, selama ini gue masih dalam tahap pengembangan bang, masih Zigot dah belom ada apa2nya. Tapi rajin banget ikutan lomba giveaway gitu deh. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, diawali dari yang sederhana dulu
      Sukses ya! :)

      Hapus
  7. ajarin gue banggggg, master nihh lu yg beginiannnnn, ayolahhh

    BalasHapus
  8. Waaaah mau banget.. kapan-kapan posting tentang menjadi paid review yang baik ya baang. Secara bang juju kan pernah tuh dapet bayaran yang 'ehem' banget dari jadi paid review :') ditunggu bang jujuuu "bapak dari anak-anakku kelak" #halah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, di tampung ya.
      Entar kapan-kapan gue buat postingan tentang paid review.

      Tunggu aja, hoho

      Hapus
  9. mendapatkan uang dari lomba blog adalah cara yang paling mantap (y)

    BalasHapus
  10. gue paling males bahas yang adsense.. akibat khilaf ngeklik sendiri eh diblokir, padahal udah 13$ :( sedih sumpah kalo diceritain mah..
    beberapa hari yang lalu gue jadi buzzer.. semoga aja nanti banyak produk yang minta dipromo lewat blog gue, hehe.. aamiinn
    kalo soal lomba blog, gue ketinggalan info mulu.. tau infonya pas besok udah DL :(
    tapi tujuan utama gue ngeblog bukan soal duit, kalo tau-tau ada yang ngebayar tulisan gue seperti menjadi paid review itu alhamdulillah rezeki hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gue tahu kok, lo dapet job review, haha
      semangat aja lah pokoknya soal adsense itu, ngapain juga ngeklik sendiri :p

      Hapus
    2. haha :D
      namanya khilaf waktu itu, padahal susah loh itu biar keterima :(
      giliran keterima malah.. ah tapi gapapa, ngeblog bukan soal uang kok niatnya, kalo dapet uang intinya itu rezeki tak terduga :)

      Hapus
  11. Dulu pernah daftarin blog ke Adsense. Tapi ditolak. Katanya blog gue gak berisi. -___-

    BalasHapus
  12. Yang paling keren dan 'halal' mah yang jual jasa. Yang paling banyak pasarannya yang desain-desain gitu. Apalagi kalo gambarannya bagus. Huhuhu. *sedih ngeliat tulisan tangan sendiri*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget itu, Dwi
      Yang bentuk karya seni pasti banyak dilirik orang

      Tulisan tangan boleh jelek, tapi dari ketikkan komputer udah banyak karya tu, lo :)

      Hapus
  13. waaah.... keren :o pingin sih nyoba yg jual jasa tapi masih belum pede... tapi boleh lah dijadiin bekal buat nantinya :D

    BalasHapus
  14. Kalau buatku dapat duit artinya bonus. Soalnya tujuan awal ngeblog buat nyalurin hobi menulis aja. Ada yang aca syukur, gak juga gak apa-apa. Tapi kalau dapat job ya gak ditolak :D

    BalasHapus
  15. Tujuan orang beda-beda ya. Alhamdulillah kalok banyak yang paid review, jadinya nambah uang jajan. Aku sendiri masih nyaman kalok ngeblog gitu-gitu aja. Ngga tau gimana nantik. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak rejeki nggak terduga, jadi ya ditolak sayang
      hoho

      Hapus
    2. Iya kalok dipikir-pikir sayang sih. Wkwkwk.. :D

      Hapus
  16. kalo saya sih buat blog cuma buat senang2 sih, untuk mengekspresikan hobby menulis.
    emang pernah sempat memikirkan monetize blog, tapi jarang dan gak terlalu memikirkannya, akhirnya ya lewat aja, blog cuma sekadar utk tempat menuangkan tulisan. uhm, kecuali utk yg terakhir sih. mencoba peruntungan dari dunia menulis lewat lomba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, siapa tahu ada pemikiran lain lewat baca artikel gue ini :)

      Hapus
  17. Lagi nunggu di approve adsense nih. Doain semoga diterima :)

    BalasHapus
  18. Pasang iklan yang berbau ehem - ehem pasti dapat banyak uang :3

    BalasHapus
  19. jangan ngomongin adsense lah ... :(

    BalasHapus
  20. Makasih tipsnya mas konyols...
    Siap di praktekkin & doain blog saya biar diterima sama Google adsense yaa... Hehehe.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah nambah ilmu lagi, kali ini dari sikonyols. Semoga gua bener-bener bisa mengubah free blog gua menjadi blog monetize, tapi itu nggak mudah. Udah sempet belajar juga dari video2 privateseo, tapi belum maksimal keseluruhan. Huehehe.

    Google ads juga udah dicoba, tapi CB masih $7.18 hehe. Belum bisa sesukses mas Eka Lesmana dan publisher ads lainnya yang penghasilannya ratusan juta/bulan :))

    Artikel yang bagus bang. Terus-terus aja buat artikel yang kayak gini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, kayaknya lo udah niatin banget ya.

      Mas Eka ya?
      Wajar dia bisa meraup ratusan juta per-bulannya. Mereka bener-bener menjadikan "ini" sebagai pekerjaan. Mengelola blog udah kayak mengelola perusahaan. Blognya aja bukan 1 tapi banyak. Haha

      Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
    2. Dibilang niatnya sih..., ya ngga juga.

      Ini semua karena guru pemweb gua bang yang selalu ngasih motivasi tentang "ini" setiap pelajarannya. Pengin coba2 aja. Siapa tau bisa seperti mereka. :))

      Bermanfaat banget :)

      Hapus
    3. Wah enak tuh dapet motivasi langsung dari guru.
      Selamat berjuang ya bro, semoga kita bisa juga mendulang hasil kayak yang mas Eka dapetin
      Haha

      Hapus
  22. Yang terpenting harus konsisten ya bang ju... jangan cepet nyerah, dan terus mau coba, coba dan coba lagi sampai anda beruntung hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, Mas...
      Namanya juga lagi usaha, tentunya butuh waktu yang agak lama :p

      Hapus
  23. Yaampun, gue kepengen jadi yang Buzzer itu, enaknya bisa nulis.. terus dibayar. Berasa kaya kita lagi bernafas tapi dibayar.

    BalasHapus
  24. iya sih, kallo personal blog kayanya kudu banyak network dej\h baru bisa di duitin, CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener tuh.
      Untuk blog personal butuh banyak link...

      Hapus
  25. gue ditolakin mulu nyols sama Google Adsense, sakit hati gue. udah beberapa kali ngajuin banding tetep ajah ditolak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngajuin banding?
      Berarti sebelumnya pernah di approve terus bermasalah gitu ya?

      Sabar ya fik, gue juga pernah ngalamin :(

      Hapus
    2. belum pernah diterima nyols, gue kan daftar terus ditolak nah gue ngajuin banding.. ditolak juga

      Hapus
  26. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali...

    BalasHapus
  27. Gua vote nomer 1 dan nomer 4, bismillah

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum wrb.
    Saya minta maaf jikalau apa yang saya posting ini bisa menyinggung perasaan anda semuanya, saya hanya ingin membagikan pengalaman pribadi saya kepada anda semuanya dimana saya dapat mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sukses.
    Perkenalkan nama saya Rina Apriani berasal dari Lamongan, Jawa Timur, dulu saya hanya seseorang yang mempunyai usaha warung Nasi namun karena kebutuhan saya melebihi penghasilan saya, saya dililit hutang piutang yang semakin hari kian membesar.
    Tidak sengaja suatu hari saya coba buka buka internet dan sy melihat postingan seseorang yang keadaannya persis dengan saya, akhirnya beliau bisa keluar dari masalahnya dan sukses Dalam postingannya beliau dibantu oleh mbah sugih.
    Awalnya sy ragu menghubungi beliau tapi sy coba memberanikan diri dan mengikuti saran mbah, walhasil masalah hutang piutang saya selesai dan usaha saya Alhamdulillah semakin maju. Berkat beliau saya memiliki beberapa mini market dan toko furniture dibeberapa daerah di Indonesia. Saya haturkan banyak2 terimakasih terhadap mbah sugih yang banyak membantu saya. Mungkin banyak yang berkata saya berbohong dan mengada ada tapi saya berhasil buktikan, jika anda punya kisah hidup seperti saya ,
    Silahkan buka http://ilmuputihparanormal.blogspot.com Mau percaya atau tidak itu tergantung anda, sebagai wujud syukur terhadap melimpahnya rejeki sy, saya membagikan web beliau kepada anda sekalian. Sy bersumpah demi Allah Swt ini kisah nyata. Sekian dan Terimakasih . wassalam
    http://ilmuputihparanormal.blogspot.com

    BalasHapus
  29. AYO SEMUA BERMAIN DI TOGEL PELANGI JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK Kami
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET
    Ayo coba keberuntungan anda
    jutaan rupiah menunggu anda

    BalasHapus
  30. Mari Bergabung di KartuVIPQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Win Rate Tertinggi di Indonesia

    KARTUVIPQQ MENYEDIAKAN 9 PERMAINAN KARTU POPULER:
    BANDAR66| DOMINO QQ | POKER | BANDAR POKER | SAKONG | CAPSA SUSUN | ADUQ | BANDARQ | PERANG BACCARAT


    Dengan Proses Deposit & Withdraw yang super CEPAT
    Min. Deposit Dimulai Dari 15 RIBU
    Withdraw minimal 20 RIBU

    DI SUPPORT 5 BANK TERBESAR & TERNAMA
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    ! Permainan 100% Murni Player Vs Player, No Robot !
    JADI, TUNGGU APALAGI?

    GABUNG BERSAMA KAMI DI KARTUVIPQQ
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols