Hal-hal Unik di Bulan Ramadhan

“Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala”

Apa yang kalian pikirkan setelah membaca tulisan di atas? Yak, betul. Bulan puasa. Yeay! ヽ(^。^)

Alhamdulillah ya sesuatu, akhirnya kita semua bisa kembali lagi berjumpa di bulan suci ramadhan yang indah nan syahdu ini. *lempar takjil*

Eniwei, sampai sejauh ini puasanya masih full kan? Atau jangan-jangan sudah pada bolong? Gue harap sih masih full, habisnya kalo banyak bolong nanti ribet juga untuk nampelnya :)

Sikonyols Blog Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan tahun ini, bagi gue pribadi sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalo tahun kemarin, puasanya banyak gue habiskan bersama keluarga tercinta, tapi untuk tahun ini gue mesti jalanin bersama keluarga orang.

"Lah kenapa lo nyols? Di usir dari rumah? Atau di adopsi oleh keluarga lain?"

Nggak, nggak separah yang lo pikirkan. Kenapa puasa gue tahun ini berbeda, ini semua karena faktor kerja praktek. Selengkapnya baca aja di sini.

FYI, ini adalah postingan perdana gue lho di bulan ramadhan. Keren kan? Oke, nggak perlu di jawab. Gue tahu kok ini nggak ada sisi keren-kerennya. *ngemut bedug masjid*

Bulan ramadhan adalah bulan seribu bulan. Bulan yang penuh berkah dengan beribu-ribu keistimewaan di dalamnya. Pokoknya bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Subhahanallah banget dah.

Saking istimewa-nya, lo bakal jarang nemuin hal-hal unik yang terjadi selain di bulan ramadhan.

Apa saja itu? Yuk cekribrot!

1. Perubahan Sikap Diri Manusia

Nggak salah lagi, di bulan ramadhan inilah lo bakal bisa ngelihat perubahan ‘positif’ dalam diri temen-temen lo. Misalnya dia yang dulunya jarang beribadah, kini jadi rajin banget beribadah. Yang biasanya jarang sholat, jadi rajin sholat. Yang biasanya hobi ngerumpi, jadi agak berkurang ngerumpinya. Yang biasanya suka nyolong segala macem bentuk jemuran tetangga, kini nyolongnya jadi lebih spesifik aja yaitu celana dalam. Pokoknya berubah.

Kenapa bisa demikian? Inilah keistimewaan dari bulan ramadhan.

Kata pak Ustadz dan bu Ustadzah di masjid gue (dan seluruh dunia):
Ramadhan adalah bulan berkah, bulan sejuta hikmah, dan bulan kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Maka beruntunglah orang-orang yang bertemu dengan ramadhan dan bisa berbuat kebajikan di dalamnya. Kemuliaan dan keberkahan ramadhan telah disampaikan oleh Allah dan Rasul-Nya.
Jadi jangan heran dengan apa saja perubahan yang terjadi sepanjang bulan ramadhan. Karena itulah keistimewaanya. Temen lo mendadak ‘alim’ ya jangan lo jadiin bahan omongan, mestinya bersyukur. Dan doain, semoga aja kedepannya dia tetep alim. *benerin mukenah*

Introspeksi diri cocok banget lho dilakuin di bulan ramadhan ini :)

2. Puasa dan Tarawih

Jelas banget, hal unik dari bulan ramadhan ialah adanya puasa dan tarawih.

Puasa memang nggak harus menunggu bulan ramadhan, di bulan-bulan lainnya juga bisa kita lakuin. Tapi, sepanjang bulan ramadhan, melakukan dua hal ini bisa dibilang syarat wajib-nya. Gini deh, gue kasih tahu ya. Lo nggak puasa, maka bulan ramadhan lo sama aja sia-sia. Lo puasa tapi nggak sholat tarawih, maka ramadhan lo terasa kurang lengkap. Umpama-nya itu, ya sama aja kayak lo pacaran tapi lo ngerasa nggak kayak lagi pacaran. Uh… afgan abis.

Tapi emang bener deh, puasa dan tarawih adalah dua hal unik bulan ramadhan yang kudu lo rasain sensasinya. Terutama sholat tarawih.

Bagi gue sekarang, sholat tarawih ya… sholat tarawih. Namun mungkin beda lagi bagi mereka para ABL (ABG-ABG Labil). Selain sholat, mungkin juga ada niatan lain yang terselip di dalam dirinya. Ya, gue juga terkadang jadi suka “nyengir-nyengir” sendiri gitu manakala melihat kehadiran ABG-ABG Labil yang sholat tarawih. Niatnya antara pengen sholat beneran atau malah hanya memanfaatkan sholat tarawih sebagai ajang unjuk gigi (baca: nyari perhatian) buat anak cewek/cowok tetangga. Biasanya yang suka ngelakuin hal semacam ini kebanyakan cowok, pengalaman gue sih kayak gitu. Hehe.

Sekedar informasi aja, ciri-ciri ABG Labil yang sholat tarawih antara lain sebagai berikut:

Cowok
  • Dia pasti berpakaian modis
  • Sengaja nggak pake kopiah, biar kelihatan gaya rambutnya dan tak lupa pake minyak rambut
  • Nggak pake sarung, tapi pake celana untuk jalan. Jeans misalnya.
  • Mungkin motto yang di usung ABG-ABG Labil saat terawih adalah “Lecet-lecet dah selangkangan pas sholat, yang penting gaya”
Cewek
  • Uhm… untuk cewek, gue nggak banyak tahu nih. Habisnya kalo pulang sholat, ya mereka kebanyakan tetep pake mukenah. Namun, walaupun begitu ya tetep kelihatan cantik kok.
Hal kayak ini menurut gue wajar aja terjadi karena faktor usia. Entar kalo udah waktunya paham, ya mungkin nggak akan lagi tuh melancarkan kode ganas untuk anak tetangga orang pas sholat tarawih, tapi langsung hajar ke rumahnya. Anjrot! Hehe.

Gue yakin lo semua pasti ngerasain hal semacam ini. Lo nggak pernah ngerasain? Aduh kasihan banget dah hidup lu :p

3. Makan Sahur

Salah satu hal unik lainnya yang jarang lo temuin selain di bulan ramadhan adalah makan sahur.

Makan sahur itu hukumnya sunnah. Lo nggak sahur, puasanya pun tetep boleh dilaksanakan. Cuma bedanya, ya paling nantinya lo lemes-lemes unyu gitu pas ngelaksanain puasanya.

Salah satu yang bikin asoy lagi pas sahur adalah banyaknya ‘alarm berjalan’ yang berusaha ngebanguni orang untuk sahur. Asli ini sebenarnya berisik banget tapi ngebantu juga.

“SAHOOOORRR… SAHOOORRRR….. TAKK DUNG.. DUNG… TAK… DUNG… DUNG… JROT”

4. Main Petasan

Petasan adalah salah hal unik yang sulit untuk di lepaskan dengan bulan ramadhan. Entah ini faktor kebetulan atau memang sudah takdirnya. Petasan pasti muncul sepanjang bulan ramadhan.

Main petasan itu asyik-asyik mengkhawatirkan. Kalo bener, kita yang main aman-aman aja. Tapi kalo salah, ya paling berakhir ke rumah sakit.


True story aja nih, gue pernah ngalamin kejadian buruk sama petasan. Kejadiannya terjadi pas bulan ramadhan tahun kemarin. Gue sama tetangga gue main petasan pas malam takbiran. Saking bersemangatnya, kami patungan buat beli petasan yang ukurang gede. Saat kami mau hidupin tuh petasan gede. Eh, salah satu temen gue, sok jagoan banget buat megang petasan-nya padahal kami udah nyuruh biar di tancepin ke tanah aja. Alhasil petasan-nya ngambek, terus meledak di tangan temen gue itu.

Endingnya, kita pada ngerayain lebaran di rumah, eh temen gue itu terpaksa ngerayain di rumah sakit.
Serem.

5. Asmara Subuh

Nah, bagian ini mungkin agak nggak bagus untuk dilakuin selama bulan ramadhan, tapi ini juga menurut gue masuk dalam list hal-hal unik di bulan ramadhan.

Sebenarnya hal yang begini sudah jarang terjadi, tapi karena tingkat ABG-ABG Labil yang kian menjamur produktivitasnya, alhasil tradisi ini pun tetap terlestarikan.

Agak aneh sih buat mereka yang suka banget ber-asmara subuh ini. Bayangin aja sob, asmara subuh? Mau pacaran aja mesti subuh hari? Apa nggak ada waktu lain gitu? Terus juga kenapa harus pas bulan puasa? Asli aneh parah. Jangan-jangan mereka yang doyan ini, otaknya ketuker sama dengkul kali ya.

Tapi ya kita nggak boleh juga gitu melarang mereka yang mau ber-asmara subuh, toh itu hak hidup mereka.
Dan terkhusus untuk jomblo, hmm no comment aja deh dari gue :p

6. Pasar Bedug

Ini hampir sama dengan petasan. Munculnya pas sepanjang bulan ramadhan aja.

Pasar bedug itu bukan pasar yang isinya bedug semua, bukan ya. Tapi ini pasar khusus menjual makanan-minuman untuk berbuka puasa. Asyik deh adanya ‘pasar bedug’ ini, terutama buat mereka yang jarang atau nggak sempet untuk masak makanan/minuman untuk buka puasa. Biasanya pasar bedug inilah jadi alternatif-nya.

Di kota gue sih, di sebutnya pasar bedug atau nggak pasar ramadhan. Nggak tahu kalo di kota yang lain? Pasar takjil kah? Hehe.

Berhubung bulan ramadhan, jadi gue sengaja posting yang bener-bener gini. Ya, semoga ada manfaatnya. Aamin.

Kalo kalian merasa masih ada yang kurang. Yok ah tambahin. Langsung komentar aja :) 

Subscribe to receive free email updates:

46 Responses to "Hal-hal Unik di Bulan Ramadhan"

  1. ha? asmara subuh? emang ada ya? ._.

    BalasHapus
  2. Puju syukur, belum bolong :). Oooo, jadi puasa tahun ini bersama orang tuang angkat yah, Mas :D. tenang, nggak separah saya, saya bersama anak orang (teman-teman kos), hhaha. memang banyak momen berkesan, yang dijumpai selain di Bulan Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus deh kalo gitu, jangan sampe bolong ya.
      Wah, masih di kosan ya... Semangat aja. Hehe

      Hapus
  3. Mantep ini postingannya, sob.

    BalasHapus
  4. Baru tahu tamplan blog sikonyol udah berubah heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa tuh blog sikonyol?

      adanya blog sikonyols.

      PAKE "S" TANTE ?!!

      Hapus
  5. Alhamdullilah belom bolong-bolong puasanya, tapi tarawih nih yang masih bolong-bolong. #eh. Betewe, Asmara Shubuh dan Pasar Bedug gue baru tau, nih di postingan ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa jangan bolong-bolong ya tarawihnya.
      Kayak gue dong... teraturnya juga bolong-bolong. Whaha :p

      Selamat ya sekarang sudah tahu.

      Hapus
  6. Waduhhh.. kamu suka asrama subuh yah #eh asmara hahaa.. Biasanya ngapain aja? Salam kenal dari member lain Blogger Medan, @rin_mizsipoel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak suka asmara subuh, kalo subuh ya sholat subuh, selesai sholat, baru tuh... ngeliatin orang asmara subuh. *Nasib*

      Salam kenal juga mbak Rinrin :)

      Hapus
  7. Assalam...

    Singgah dan follow dari blog kak mia :)

    p/s - semoga amalan kita diterima ya :)

    BalasHapus
  8. wowww besarnya mercun jaga2 adik

    BalasHapus
  9. observasinya bener juga nih nyol :D

    beberapa hal di atas juga gue alamin.. kecuali yang main petasan, usia gue udah enggak bisa bohong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo bener dotz hehe

      Jadi belom pernah main petasan? Serius dotz :o

      Hapus
  10. jadi inget moment tarawih waktu masih labil :D

    BalasHapus
  11. Selamat menjalankan ibadah ramadha. Semoga sehat dan puasanya full @KeepBlogwalking

    BalasHapus
  12. Salam kenal juga, Julian. Itu asli nama lho?

    Btw, nggak semuanya juga sih tapi yang umum-umumnya aja :D

    BalasHapus
  13. Terpaksa bolong. Pertama karena sakit, sampe harus ke puskesmas. Tapi kok malah dikasih obat mag plus parasetamol padahal yang sakit tuh jantung meleha kalau lagi down banget. Obatnya gak diminum, deh. gak cocok. Bayar gratis kali. Kedua, karena siklus bulanan kaum hawa. Yah ginilah.
    BTW, di kampung gak ada pasar bedug. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo emang sakit yang mau gak mau sih :)
      Semoga nggak banyak bolongnya ya, mbak.

      Nah, potensi tuh untuk melopori adanya pasar bedug hehe

      Hapus
  14. gue dulu kalo berangkat tarawih pasti di cie-ciein sama ABG-ABG LABIL NAN SUKA NYIE-NYIEIN -__-
    udah mirip kembang desa aja gue. haha
    selamat puasa, bang :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee... cieee

      gimana masih berasa kembang desa nggak :D

      Hapus
  15. "jangan lupa makan ya" jadi "jangan lupa sahur ya" #eh.

    BalasHapus
  16. Selain itu, banyak berkah juga di bulan ini...

    Salam sukse Ramadhan dari Pulau Dollar

    BalasHapus
  17. Lecet-lecet dan di selangkangan, yang penting gaya. :)))

    BalasHapus
  18. Asrama subuh itu kyk malam lailatul qodr ya? yang itu tuh yang ngaji bermalem di mesjid sampe sahur. yang 10 malam terakhir..

    Nice post nih (y)

    BalasHapus
  19. Yang paling keliatan, sih, perubahan sikap. Dikit-dikit "Ini kan lagi puasa", "Gak boleh gitu", "Harus gini" setelah puasa, kumat lagi :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget... ya doain aja biar sedikit kumatnya :)

      Hapus
  20. asmara subuh? maksudnya teleponan habis sahur menunggu waktu azan subuh biar gak ketiduran? aku -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kayak gitu. Jadi beneran gak tahu ya. Wah wah...

      Cieee suka telponan sampe subuh

      Hapus
  21. gue kalo sholat taraweh pake celana jeans tapi gak 'lecet-lecet' soalnya dalemannya pake sarung. ;(

    BalasHapus
  22. Tjie, dipungut sama keluarga orang. *eh. Itu kerja praktek kayak KKN bukan, sih?

    Hahahaha gue ketawa baca yg asbuh. Baru juga sholat shubuh, udah memandu asmara aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama.
      Itu yang dimaksud KKN = Kuliah Kerja Nyata kan?
      Bukan Kanteng-kanteng Ngerigala? *eyaaa*

      Syukurlah kalo ketawa :)

      Hapus
  23. Sekarang di tempat gue kalau abis subuh ya udah sepi :|

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols