Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?

Bentar lagi bakal berganti bulan. Lalu, status kamu yang jomblo itu, kapan berganti? O… yeah!

Kali ini gue mau sedikit ngeluarin unek-unek yang selama ini terpendam dalam kepala gue. Ya, terserah lo mau baca apa nggak. Percaya atau nggak. Gue nggak maksa kok. Hehe :)

Jadi, sudah hampir 2 tahun belakangan ini, gue sedikit demi sedikit mencoba untuk beneran belajar hidup mandiri, nggak bergantung sama orang lain, pun termasuk sama nyokap sendiri. Ya, walaupun gue akui belum bisa sepenuhnya hidup mandiri, terkadang masih juga minta-minta sama nyokap. Cuma, intensitasnya itu terbilang udah nggak kayak dulu lagi. Malah bisa dibilang ‘udah jarang’ banget.

Hal ini bener-bener mateng terpikirkan sama gue semenjak usia gue memasuki ‘kepala dua’. Disitu gue selalu berfikir keras, “Ya, Alloh. Udah 20 tahun nih umur gue. Masa hidup kayak gini terus?” Dari situlah gue coba untuk bener-bener belajar hidup mandiri.

Gue merasa udah cukup deh, gue nyusahi nyokap, nggak mau lagilah gue minta-minta sama nyokap. Jadi yang terpikirkan oleh gue sekarang yaitu Gantian. Gue yang bantu nyokap, nyokap gue cukup duduk manis nikmatin masa senja-nya.

Karena kalo bukan sekarang, kapan lagi? Iya, nggak sih? :)

Dari awal kuliah juga, sebenarnya gue udah berusaha untuk nggak selalu membebani nyokap. Uang SPP kuliah, selalu gue talangi dengan dana beasiswa prestasi (PPA) yang gue dapet di kampus. Jadi, selama kuliah bisa dibilang 70:30 persentasi gue bayar uang SPP. Gue 70, nyokap 30. Alhamdulillah.

Lalu uang jajan, gimana, Ju?

Gue dikasih kok uang jajan sama nyokap, per-hari. Ada… cuma nggak banyak. Uangnya hanya cukup untuk kuliah di hari itu doang. Pulang? nggak ada duit yang bisa gue tabungin. Bisa sih gue nabung, tapi ada yang dikorbanin. Misalnya di kampus paling gue makan nasi telor (menu andalan) atau ke kampusnya bawa bekal atau paling banter gue puasa. Hehe. Makanya, kalo misalnya temen kampus ngajak nongkrong atau gimana. Gue pasti jarang ikut, karena gak enak aja kalo yang lain pada mesen makanan banyak. Gue… gue banyakin ngobrol. Pun kalo ngeliat gue lagi ikut nongkrong, artinya itu gue ada duit lebih atau mungkin itu gue lagi ditraktir, karena ada temen yang ulang tahun.

Makanya, selama kuliah kadang gue nyari duit tambahan buat jajan. Dan syukurnya, ada aja rejeki yang dateng. Bukan juga karena gue ngemis, tapi karena kemampuan yang gue miliki. Kadang gue bantuin temen nge-design, bikin poster, pamflet, dsb. Beneri blog orang. Bikin header blog orang. Bantu install ulang laptop/komputer orang. Dulu, gue juga pernah beberapa kali dapet duit dari job review di blog. Bantuin ngerjain proyek dosen dan sampai akhirnya dibayar karena perform stand up comedy. Ya, itu semua gue lakukan dengan senang hati walaupun sebenarnya capek.

Nah, actually gue banyak berubah, itu semua karena stand up comedy. Gue yang dulunya jarang nongkrong ke tempat kayak café gitu. Sekarang… entah udah berapa café di Palembang, yang udah pernah gue kunjungi. Dateng ke café juga bukan cuma karena ngumpul komika, kadang juga malah tampil karena dapet job. Subhanallah.

Uhmm.. mungkin nanti gue bakal bikin postingan khusus deh tentang ini. Yang pasti, kalo ada temen gue yang baca tulisan ini, kalian bakal gak nyangka banget dengan sebenarnya yang gue alami selama ini :)



Balik lagi ke postingan.

Makanya gue nggak percaya dengan apa yang gue alamin selama hampir 2 tahun belakangan ini. Niat gue yang pengen belajar hidup mandiri tanpa membebani orang tua, lambat laun bisa juga gue realisasiin secara rutin.

Sekarang, gue udah jarang banget minta duit sama nyokap. Bahkan pernah ada kejadian yang awkward. Gue inget banget, saat itu gue mau pergi ke seminar nasional, dimana gue jadi salah satu pembicaranya (bisa baca di sini).

Ceritanya gue mau pamit pergi. Udah salaman sama nyokap. Nggak lama kemudian, nyokap bilang. “Nggak minta duit jajan lagi apo kak?”. Hahaha, saking udah jarangnya gue minta duit ya :’)

Untuk sekarang, alhamdulillah rejeki selalu ada aja buat gue. Walaupun belum kerja tapi gue udah bisa menghasilkan duit dengan cara gue sendiri lewat digital content.

Dan yang terbaru, kemarin malam (Kamis, 28/1) gue bersama temen gue, berasa terhormat sekali dimana kami berdua didaulat untuk menjadi juri lomba video instagram di acara “Harmony Sriwijaya” Ikatan Bujang Gadis Kampus Sumatera Selatan. Bahkan yang mengharukan lagi, itu acaranya di Mall dan terus kami berdua duduk di posisi yang paling depan coy. Anjirlah macem orang penting aja. Haha!!

Sikonyols Juri Lomba Harmoni Sriwijaya Bujang Gadis Kampus Sumatera Selatan
Tebak gue yang mana? Taulah ya...
Iyap, gue yang pake jilbab merah.

Gue bener-bener menikmatin proses hidup yang terjadi sama gue. Mungkin ini adalah jawaban dari yang gue rasakan kemarin-kemarin. Sungguh gue bersyukur banget atas nikmat yang telah Alloh berikan ini. Alhamdulillah. Jadi, kalo kemarin gue banyak mendapatkan kesempatan hal baru lewat Stand Up Comedy. Nah, untuk sekarang, gue banyak dapetin hal baru lewat digital content. Malah sangat-sangat mengesankan.

Gara-gara digital content ini, gue bisa menjalin hubungan sama orang-orang yang levelnya di atas gue (rata-rata udah kerja), dan malah bisa duduk sejajar sama mereka. Bahkan gara-gara digital content ini pun, gue beberapa kali ditawari kerja oleh mereka. Haha, unbelievable bangetlah.

Ada lagi nih yang terbaru, jadwal berikutnya kalo tidak ada halangan dan rintangan. Inshaallah, gue bakal diundang ke salah satu radio di kota Palembang, untuk talkshow. Terus juga, diliput oleh salah satu majalah di kota Palembang, ngebahas soal ‘video instagram dan youtube’. Ya, robbi. Gue cuma bisa geleng-geleng aja sekarang. Gue nggak nyangka bangetlah. Serius!

Ya segitu aja dulu postingan gue kali ini. Itulah, unek-unek yang pengen banget gue tulis saat ini.

Umm.. gue minta doanya juga nih. Alhamdulillah, nyokap gue bakal umroh dalam waktu dekat. Yang biayain adalah kakak gue. Ya, mohon doanya saja semoga diberi kelancaran, kesehatan, dan keselamatan. Aamin.

Pesen moral:
"Berusaha keras, pantang menyerah, konsisten, sabar dan jangan lupa bersyukur ”

Asoydah!

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?"

  1. kereeeen baaaang (y) Umur aku skrang jg dah 20 thun, trpkir jg untk g mnta mnta ortu lagi. huhu. doain gue juga spaya rezekinya lancar kaya abang y :D sukses slalu bg dan smoga umroh nyokap abg lancar :)

    BalasHapus
  2. Ngga tau deh diumur 20 tahun bisa mandiri apa engga. Hahaha :) Semoga rezeki lu lancar terus Bang dan lu selalu sehat, makin banyak job, dan sukses kuliahnya. Aamiin. Sukses juga buat sikonyols.blogspot.com! :))

    Btw, pesan moralnya ngena abiz lah ya x))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba, karena kalo bukan sekarang.. kapan lagi :)

      Hehe

      Hapus
  3. Ikut seneng baca dan denger kabar baik dari kakak juju ini, yup dengan kerja keras dan terus berdo'a tak kalah juga bersabar tidak akan mengkhinati hasilnya. Bersyukur yang terakhir kepada yang maha kuasa.

    Good luck kakak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalo ikutan seneng. Hehe..

      Iya, bener kudu bersabar juga :")

      Hapus
  4. Masya Allah baca cerita-cerita baik kamu kok aku yang jadi deg-degan ya, Kang......

    Apa ini yang namanya.....



    pengaruh abis neguk kopi segelon?

    Skip.

    Luar biasa banget pencapaiannya. Udah jarang minta jajan sama ortu dan bisa bantu orang tua ngeringanin biaya kuliah. Masya Allah, lelaki yang baik buat dijadikan imam :'))

    Asli ngakak abis pas caption foto. Yang pake jilbab merah. Lahaulah :'D

    Salut banget sama Kakang dari dulu. Udah terkenal tapi masih aja sudi bales komen-komen pembaca juga netizen di IG. Jangan jadi sombong ya, Kang, kalau makin sukses. Doaku menyertaimu. Selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya... lagi kesurupan haha :D

      Masih suka minta dep, cuma udah dikurangi hehe

      Terkenal apaan dep, akuni apala :D
      Aamiin, makasih ya bidadarimagangdiindomaret \o/

      Hapus
  5. Sip! Bisa jadi motivasi banget buat gua yang mau nyoba nyemplung di digital content! Mohon doa dan bimbingannya, Nyols!

    BalasHapus
  6. haru bacanya bang nyols.. salut gue sama lu, mind setnya dewasa banget.
    #PriaIdamanWanita :D

    Makin sukses yah karirnya semoga seterusnya tetap membahagiakan seperti sekarang. Btw untuk mamahnya semoga diberikan kelancaran, nikmat kesehatan agar umrohnya bisa lebih khusyuk. :D Sukses untuk bang nyols dan keluarga..

    BalasHapus
  7. pengen seperti itu tapi belum bisa keren buat motivasi buat saya

    BalasHapus
  8. ternyata ini postingan serius. terharu jadinya, dan bikin gw mikir. apa bisa ya.. gw jalanin hidup tanpa bebanin bgt orang tua.. minimal kayak pendidikan kuliah bisa 70:30 gituh. sukses dah..

    btw, gw masih smk bang :)

    ada saran kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mesti lo lakuin. Ya, sama halnya kayak yang gue lakuin. Dengan kemampuan yang kita miliki itu bisa jadi sumber rejeki..

      Nah, skrg tinggal lo explore aja gitu :))

      Semangat ya~

      Hapus
  9. keren2, semoga kedepannya bisa lebih lagi.. dr digital konten atau stand upnya, betul itu.. konsisten..

    BalasHapus
  10. keren2, semoga kedepannya bisa lebih lagi.. dr digital konten atau stand upnya, betul itu.. konsisten..

    BalasHapus
  11. Waaah keren! Kejar terus ju! \(w)/

    BalasHapus
  12. Mari Bergabung di KartuVIPQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Win Rate Tertinggi di Indonesia

    KARTUVIPQQ MENYEDIAKAN 9 PERMAINAN KARTU POPULER:
    BANDAR66| DOMINO QQ | POKER | BANDAR POKER | SAKONG | CAPSA SUSUN | ADUQ | BANDARQ | PERANG BACCARAT


    Dengan Proses Deposit & Withdraw yang super CEPAT
    Min. Deposit Dimulai Dari 15 RIBU
    Withdraw minimal 20 RIBU

    DI SUPPORT 5 BANK TERBESAR & TERNAMA
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    ! Permainan 100% Murni Player Vs Player, No Robot !
    JADI, TUNGGU APALAGI?

    GABUNG BERSAMA KAMI DI KARTUVIPQQ
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols