Antara Ada dan Tiada

Senin, 20 Januari 2014, bukanlah tanggal cantik, bukan juga tanggal tampan, apalagi tanggal dimana Cherrybelle manggung, jelas bukan. Tapi lebih tepatnya, tanggal dimana gue harus kembali mengaktifkan status mahasiswa pada diri gue.

Hari itu merupakan hari perdana mulainya perkuliahan semester genap di kampus gue. Tepat di hari itu juga, gue resmi memasuki perkuliahan semester 6, semester antara ada dan tiada.

Antara Ada dan Tiada

Bisa kuliah sampe semester 6 saat ini pun, sebenarnya nggak pernah terbayangkan sama sekali dalam hidup gue. Namun, lumrahnya beginilah penyakit manusia, suka nggak sadar sendiri terhadap apa yang telah ia capai. Contoh sederhananya seperti berikut ini...

Foto Cabe-cabean Jakarta

Foto Hijab Member JKT48

Foto Cabe-cabean Bandung

Nah, hal yang semacam ini biasanya disebut penyakit Lubi (lupa biasa). Penyakit yang kurang lebih hampir mirip kayak habis kena relaksasi Uya Kuya tapi kena tarif Rp.5000 per-jam.

Lubi  bukanlah penyakit berat, bukan juga penyakit menular. Lubi hanyalah penyakit biasa dimana cara untuk menyembuhkannya pun sangatlah gampang. Cukup ambil karet sisa dari beli gado-gado. Kemudian tuh karet di telen perlahan-lahan. Nah, insyallah deh... insyallah masuk UGD.

Lupa yang semacam ini jugalah yang saat ini gue alami. Tanpa di sadari, gue yang dulunya masih ingusan, masih suka pup di celana, masih suka mimisan kalo di gendong Julia Perez, kini sudah bisa kuliah sampe semester 6. Whoaa... nggak nyangka gue. Uhuk!! *keselek lejing jupe*

Menurut gue pribadi, semester 6 adalah semester dimana seorang mahasiswa telah meletakkan satu kakinya ke masa-masa kadaluarsa dalam perkuliahan. Saat semester 6 jugalah, segala iman dan mental seorang mahasiswa akan selalu senantiasa di uji 2x lipat. Bukan cuma itu saja, bahkan katanya kesan mistis pun sering banget tersematkan kepada mereka... para mahasiswa semester 6 ke atas. Lah, ini hubungannya apa coba?. Uhm... *ngemut lejing jupe*

Awalnya sih gue anggap itu semua hanyalah hoax belaka. Ya, biasalah mahasiswa... suka bikin istilah-istilah sendiri. Mulai dari dosen PHP, dosen killer, sampai satpam ngiler. Ya, pokoknya gitu-gitu dah. Dan sampai akhirnya, hal mistis pun bener-bener gue alamin.

Waktu itu, gue pergi ke kampus. Cuaca hari itu sangatlah mendukung. Cuacanya ngasih sponsor. Eh... sory-sory salah, maksud gue... cuacanya cerah benderang. Nah, dengan kondisi yang seperti ini jelas bikin gue bener-bener bersemangat untuk pergi ke kampus, apalagi awal semester? Fix! gue bersemangat ke kampus.

Sekitar jam 7 pagi, gue udah tiba di kampus. Ini adalah rekor untuk seorang mahasiswa. Kuliah biasanya masuk jam 8.30 pagi, eh... gue udah datang 2 jam lebih awal. Gue nyengir... gue nyari toilet, gue kebelet.

Sewaktu di dalam toilet. Gue buru-buru banget, takutnya nanti malah pipis di celana. Sembari pelorotin celana, gue ngomong dengan dinding toilet.

“Ah... biarin deh gue kecepetan dateng, yang penting gue tetep ganteng!”

Sesaat kemudian dinding toilet pun retak, mungkin dia takjub dengan kegantengan gue ini, ya bisa jadi…

Habis dari toilet, gue duduk-duduk aja di depan jurusan gue, sembari menunggu temen-temen yang lain datang.

Oh iya, sekedar informasi aja... gue ini kuliah di salah satu Universitas Negeri di Sumatera Selatan, Fakultas Ilmu Komputer, jurusan Teknik Informatika.

Saat duduk, gue cuma bisa tengak-tengok kanan kiri doang, sesekali mangap. Maklumlah, kelamaan libur kuliah, jadi kayak aneh sendiri gitu ngeliat kampus.

Tanpa terasa, waktu telah menunjukkan jam 8 pagi, namun suasana kampus saat itu masih saja sepi. Nggak lama kemudian, perasaan aneh pun mulai datang menghampiri gue. Dengan semangat ibu-ibu, gue berusaha tetep cool. Gue ngeluarin handphone, gue maenin. Ya, gue berharap semoga dengan maenin handphone, gue bisa menghilangkan perasaan aneh yang gue rasain ini.

Ternyata maenin handphone emang berhasil bikin perasaan aneh gue tadi jadi hilang. Tapi sayang, hilangnya perasaan aneh tadi malah bikin gue menjadi lapar. Gara-gara lapar, perasaan aneh yang tadinya hilang kini datang lagi. Asli… Ini plin-plan.

Lama menunggu, suasana kampus tetep saja tak kunjung-kunjung rame. Sedikit demi sedikit, pikiran buruk mulai mencoba menggerogoti pikiran gue saat itu. Walaupun begitu, gue tetep kekeh untuk selalu mencoba berpikiran yang positif. Gue mencoba menenangkan diri. Gue ambil nafas panjang-panjang, terus gue hembuskan. Beberapa kali gue coba ulangi kegiatan ini. Ternyata apa yang gue lakuin ini tidak sia-sia. Gue berhasil… iya berhasil bikin kentut. Aduh, gue makin gugup :(

Waktu sudah makin mendekati jam 8.30 pagi, suasana kampus masih saja sepi. Sebenarnya, kalo di rasa-rasa, suasananya nggak sepi-sepi banget sih, karena dari tadi udah ada beberapa orang yang sempet gue lihat, cumanya itu… ya nggak banyak.

"Sial! Kok kayak gini sih situasi kampus?". Gue mulai cemas bercampur ketakutan.

"Masa iya sih, kesan mistis pada mahasiswa semester 6 itu beneran ada?". Gue coba untuk meyakinkan diri.

Makin lama, suasana pun makin aneh. Gue mencium bau yang tidak sedap. Ternyata bau itu adalah sisa bau kentut gue yang tadi keluar. Sedaaaap, gue sadar setengah sempoyongan!!!

Jam 8.30 pun tiba. Seharusnya jam segini waktu perkuliahan telah di mulai. Tapi, gue heran kok suasana kampus masih saja sepi. Alhasil, gue pun lebih memilih untuk tetap setia duduk di depan jurusan.

“Udah jam 8.30 aja, tapi kampus masih saja sepi. Hah! Aneh…”

Melihat situasi yang makin gak jelas ini, gue pun mulai mengendus hal-hal yang janggal. Tapi, seperti biasa... gue tetep coba untuk tenang, karena moto dalam hidup gue adalah "rajin pangkal tenang, dua tiga pulau terlampaui".

Demi menyiasati itu semua, gue kembali mencoba untuk ambil nafas panjang untuk menenangkan diri. Khawatir bakal kentut lagi, gue ambil nafasnya pelan-pelan, mengeluarkannya pun juga pelan-pelan. Ternyata bener, gue nggak kentut lagi… tapi malah langsung mencret. Iya, gue mules kelaperan. Perfect!

Dari posisi duduk yang tadinya cool  kayak cover-boy majalah dewasa zaman pra-sejarah, kini menjadi posisi duduk gaya cool  dengan posisi kedua tangan ke perut. Ini namanya posisi duduk nahan mules (baca: ngeden). Keringet gue keluar dan ngucur bebas tanpa arah.

Dengan situasi yang makin nggak masuk akal ini, gue pastikan bahwa gue sedang ketakutan pake banget. Gue panik sepanik-paniknya. Belom puas panik karena hal aneh yang barusan gue alamin. Eh… muncul lagi keanehan yang baru yaitu datangnya seekor kucing kulit hitam busung lapar dengan mengeong-ngeong keras di depan gue.

“AARRRGGGHHH TIDAAAAAK!!!”
“Ibu… aku takut… Jupe gendongin aku…”

Gue bener-bener ketakutan.

Kali ini gue nggak bisa tenang lagi. Gue memutuskan untuk pulang saja. Kalo pun nanti kuliah, bodoh amat… gue tetep nggak akan kuliah, gue udah ketakutan. Saat mencoba berlari ke parkiran, tiba-tiba saja ada seseorang yang nepuk pundak gue. Sontak gue balik badan dan menjerit.

“WOOOOY… ANJRITTT, SIAPAAAA INI??!!!”

Saking besarnya jeritan gue tadi, kucing kulit hitam busung lapar pun berhenti mengeong-ngeong.

Ternyata yang nepuk pundak gue adalah satpam di fakultas gue sendiri, Affandi namanya.

“Eh… Kak Fandi. Aduh kirain tadi siapa”. Gue nyengir gak keenakan sambil neguk ludah.

“Hahaha. Emang ada apa sih, kok kayak ketakutan banget gitu?”. Balas kak Fandi dengan nyengir terhibur (baca: ngetawain gue).

“Anu… anu kak. Itu resleting kak Fandi kebuka…”

“….”

Gue menjelaskan semua keanehan yang gue alamin dari awal sampai akhir.

Kedatangan Kak Fandi bener-bener membawa angin segar buat gue. Gue yang tadinya ketakutan banget kayak habis ngeliat boneka Annabelle jalan bareng sama Jenglot di Mall, kini bisa tenang dan rileks.

Sampai akhirnya gue pun bertanya serius kepada Kak Fandi.

“Kak, kenapa suasana kampus hari ini sepi banget sih?”

“Lah, ini kan emang hari minggu. Besok... baru kuliah”

Mendengar jawaban dari Kak Fandi, hidung gue mendadak mimisan. Tanpa pamit lagi, gue langsung hidupin motor, lalu pulang tanpa pesan.

"SIAL KENAPA BISA GUE LUPA TANGGAL??!!"

Pesan moral :
Intinya semester 6 itu nggak ada hubungannya dengan hal-hal yang berbau mistis, tapi berbau skripsi iya!

Kampus sepi? ya bisa jadi temen-temen kita udah pada fokus nyusun skripsi. Kampus sepi? ya bisa jadi emang beneran hari libur. Jadi, selalulah untuk berfikir positif, biar tidak negatif.

"Semester 6 adalah semester antara ada (yang di cari) dan tiada (yang tidak mungkin)" - @sikonyols

Subscribe to receive free email updates:

75 Responses to "Antara Ada dan Tiada"

  1. hahaha, kampet!!! gue udah khitmad banget baca dari awal sampai akhir, entar endingnya gitu. Makanya lo jangan kebanyakan nonton dunia lain, apalagi kan sekarang sampai live, makanya lo jadi beranggapan semester 6 itu mistis.

    Semester 6 emang semester sibuk-sibuknya, selamat datang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa lo jadi typo begini bay? keseringan kalah maen flappy bird ya?
      Bener kata lo, mungkin ini faktor keseringan nonton tuh acara, makanya gue jadi suka beranggepan mistis mulu sekarang ini. Aduh...

      Yoi (.__.)

      Hapus
  2. serius malah awalnya eh tahunya ngakak abis belakangan,

    BalasHapus
  3. duileeee...ternyata oh ternyataa...seru ajaaa ceritanyaaa..pake acara digendong Jupe lagi :D....cheers aah ..salam kenal yaaaa....

    BalasHapus
  4. Weh akhirnya .... haha padahal kirain ada apa gitu :v

    BalasHapus
  5. waah aku juga mau memasuki semester 6 bulan ini, dan jurusan teknik informatika juga. haha :D kunjung balik broo

    BalasHapus
    Balasan
    1. benarkah?
      Wah, keren.

      Semoga semester 6 ini menyenangkan :D

      Hapus
  6. semoga cepat lulus dan skripsinya A ya :)))

    BalasHapus
  7. Hahaha kocak. :))
    Tunggu tahun depan, Nyol. Nisacaya baru tahu nasib mahasiswa tingkat akhir yang sesungguhnya. Huahahaha *ketawa jahat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah nunggu tahun depan wi, dari tahun ini aja gue udah terangsang ketakutan :'(

      Hapus
    2. Gue udah sampe di level di mana gue dan ketakutan telah bersatu. Hiii. Btw, panggil Adi aja. :D

      Hapus
  8. yaelah gue udah serius juga wkakak gue kira beneran mistis xD

    BalasHapus
  9. kiraaain -_-
    ahhaaha.
    semester 6 berarti udah tua. haha :p

    BalasHapus
  10. pas baca awal-awal udah nebak pasti kuliah datengnya kecepatan eh ternyata salah hari -,-

    BalasHapus
  11. kirain bakalan cerita yg serem-serem, ternyata....
    itu serius bisa nyampe lupa hari gitu??? itu malunya kaya apa ya??? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beneran itu, malunya? udah gak ketolong lagi :')

      Hapus
  12. hahahahhaha , , ,
    ngakak bro . . .

    BalasHapus
  13. buseeeeet daaaah, kira apa an -_- :D

    BalasHapus
  14. Wah benar-benar konyol. Tapi konyol yang positif. Saya dulu waktu kuliah, kalau lupa tanggal ya pasti masih nganggep ini liburan :D

    BalasHapus
  15. kirain bakalan ngebahas hal mistisnya xD btw keren sih cara nyampein ceritanya

    BalasHapus
  16. kampret ternyata hari minggu dan kebetulan juga gue baca hari minggu. #iniapa #abaikan

    BalasHapus
  17. Smester 6 emang mistis kok.
    pas smester 6 kuliahnya di kuburan jam 12 malem..
    mihihihii

    BalasHapus
  18. aduh, temen gua satu ini,,rajin amat lo nyol, biasanya kan telet trus masuk kelasnya, bun keren pengalamanya, tp ngak patut di coba,, hehehe

    BalasHapus
  19. Gue ngga tau harus bilang apa lagi ini -___- ckckckk. Tertipu habis-habisan...

    BalasHapus
  20. aku pernah merasakan bangku kuliah sob tapi gak sampe selesai karena faktor biaya,, gak sampai juga dengan semester enam hehehe

    BalasHapus
  21. Skripsi mulainya semester 6, ya? Di tempatku kayaknya semester 7 8an, deh.
    Cepet lulus cepet nikah, ya, Ngga #eh -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dari semester 6 udah di persiapkan maksudnya. Aamin... yuk nikah yuk!

      Hapus
    2. Haha. Ditunggu undangannya sampek Surabaya :). Gag ngundang, delcon *apaan ._.

      Hapus
    3. Tenang nanti aku undang. Di planet mars kan? (.__.)

      Hapus
  22. jangan lupa pasang kalendernya d update boy :D

    BalasHapus
  23. semester enam iniiiii~ semoga cepat berlaluuuu~ hahaha #nyanyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan cepet-cepetlah.... masih ingin di nikmatin :')

      Hapus
  24. calon2 mahasiswa yang bentar lagi kena radiasi skripsi hahahahahaha
    gue seneng dengernya hahahahaha
    rasakan penderitaannya kisanak, tinggal beberapa semester lagi dan nikmati sensasinya
    hahahaha

    BalasHapus
  25. Selamat datang di perkumpulan mahasiswa semester banyak :D

    BalasHapus
  26. please pleaseee......
    jupe ny ga usah dibawa2 bang, nyari yg lain aja dh yg mau gendongin situ :D

    BalasHapus
  27. haha kamprettt kirain mau bahsa soal mistis eh nyatanya bahas masalah kuliah...hahaha siapin otak buat skripsi haha
    #saran lain kali bawa kalender di saku celana biar nggak salah tanggal hahaha :D
    kocak! :D

    http://fandhyachmadromadhon.blogspot.com/2014/02/mengenal-kampung-fiksi.html

    BalasHapus
  28. mantap gan,, lanjutkan sharingnya ya..

    salam

    BalasHapus
  29. Pasti abang jomblo. Ada beberapa hal yang menunjukan kejombloan abang.
    1. Abang minta digendong jupe.
    2. Abang ga tau hari.

    BalasHapus
  30. gokil.. ngakak parah kak :D
    saking cinta sama kampus yaaa :)

    BalasHapus
  31. antara ada dan tiada di semster 6.. apakabar yg semester 8 hahahha :D

    BalasHapus
  32. Kallo aku bukan Lubi lagi, tapi lupa yang bener2 akut....

    BalasHapus
  33. kampret lu nyol kirain emang berbau mistis wkwkw
    lu nya aja yg lupa liat kalender wkwk

    BalasHapus
  34. Mhahahhahaa moodbooster banget baca ini. :))
    Semoga cepet lulus ya kaak :D
    Semangaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou rima...
      semoga dapet ya moodbooster-nya hoho

      Aamin :)

      Hapus
  35. Hahahaseem luu.. Dibaca beneran ternyataa eh ternyataa.. :D. Keren bro.

    BalasHapus
  36. Hallo Bosqueee... ^^

    Bingung Cari Situs Judi Online Yang Mudah Menang Nya? Banyak Yang PHP?

    Jangan Pusing Bos KARTUVIPQQ Ingin Mengajak Anda Bergabung Di Situs Judi Online Terpercaya Bos ^^

    KARTUVIPQQ | Salah Satu Situs Yang Sudah Terbukti Kemenangannya Bos Banyak Juga Yang Melakukan WD Besar Di KARTUVIPQQ

    Ingin Seperti Member" Kami Bos? Yuk Buruan Gabung Di KARTUVIPQQ ^_^

    CARA MUDAH UNTUK BERGABUNG DI KARTUVIPQQ :
    * DAFTAR
    * DEPOSIT
    * BERMAIN
    * MENANG
    * WITHDRAW

    Dapatkan Fasilitas Termewah Di KARTUVIPQQ :
    * Min Deposit (15RIBU) & Withdraw Terjangkau (20RIBU)
    * Proses Deposit & Withdraw TERCEPAT, TERMUDAH & TERPERCAYA PASTI nya
    * Di Layani CS Cantik & Ramah NON STOP! ( 24JAM )
    * Sistem Fairplay 100% ( NO ROBOT)
    * Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    * Kartu Anda Akan Lebih Bagus

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    Dengan 1 User ID Anda Bisa Menikmati 9 GAMES Dari KARTUVIPQQ :
    *ADU Q
    *POKER
    *DOMINO
    *CAPSA SUSUN
    *BANDAR Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR SAKONG
    *BANDAR 66
    *PERANG BACCARAT

    DI SUPPORT SEMUA BANK INDONESIA :
    * BCA
    * BRI
    * BNI
    * MANDIRI
    * DANAMON
    * DAN BANK LAINNYA

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama Kami, Dan Dapatkan Kemenangan Yang Berlimpah Di KARTUVIPQQ

    CONTACT PERSON:
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols