Cerita Kompetisi Komedi GenRe Audisi Kota Palembang


Bismillahirohmanirohim. 

Assalamualaikum warohmatullah hiwabarokatuh…
Salam super untuk kita semua!

Halo guys, apa kabar kalian semua ? baik-baik saja kan?
Eniwei, udah di jawab belom sih salam gue tadi ? kalo belom, ya udah jawab dulu gih. Gue takutnya, kalo salam gue gak di jawab, entar postingan gue ini malah jadi nggak afdol lagi. Terus lo yang baca jadi rugi kan ? maka dari itu jawablah salam gue tadi.

Nah, kalo sekarang gimana ? udah di jawab kan ? udah ? serius ? cakeeeeeeup deh… gue :)

Okey, sebelum postingan ini makin panjang anunya… eh maksud gue isinya. Izinkanlah gue sejenak untuk menyampaikan beberapa hal penting yang nggak patut di baca.

Pertama, gue mau bilang minta maaf (lagi) yang sedalam-dalamnya kepada kalian semua, terutama kalian yang suka baca atau pun sekedar nge-spam di blog gue yang kuning nan menyilaukan ini. Yah, maafkanlah blogger kampret satu ini ya, karena akhirnya… kembali lagi gue mengulangi kemalasan dalam menulis. Dan ini nggak pantas di contoh ya sodara-sodara se-blogger, se-dunia, dan se-akhirat.

Ehm… gue tahu kok perasaan kalian, pasti udah bosen banget ngeliat blog gue yang itu-ituuuuuuu aja isinya, tanpa ada sesuatu yang baru, semisal postingan baru gitu. Iya kan iya kan ? udah ngaku aja, nggak apa-apa lagi, gue nggak marah kok *angkat jari kelingking kaki sebelah kanan*

Kalo boleh jujur. Gue merasa di bulan november ini gue kena yang namanya “writer’s block”. Ini permasalahan yang super kampret deh buat gue pribadi. Gara-gara “witer’s block” gue jadi susah menuangkan apa yang ada dalam pikiran gue ke dalam bentuk tulisan. Sebenarnya, ada banyak bro yang pengen gue tulis di blog, tapi setiap kali mau nulis, gue malah kebingungan sendiri mau nulis apa. Udah kayak merasa mau mencret, eh pas sampe di toilet malah gak keluar apa pun. Miris banget kan ? :(

Namun, walaupun begitu, gue rasa… gue ini bukanlah blogger murtad bro. Ya, itu di karenakan gue nggak update blognya itu nggak lama, nggak berbulan-bulan. Beda kalo blogger murtad asli, nggak ngeblognya itu bisa sampe berbulan-bulan lamanya. Nah, ini jelas bertolak belakang banget dengan gue, secara gue itu nggak update blognya cuma berhari-hari doang bro… 30 hari contohnya.

Kedua, berhubung hal penting cuma satu jadi cukup sampai satu saja, Hhehe.


****



Kemarin (kamis, 28 November 2013) adalah hari yang sangat bersejarah untuk Komunitas Stand Up Comedy Palembang dan juga gue khususnya. Karena tepat di hari itu, untuk pertama kalinya, kota Palembang terpilih menjadi salah satu kota audisi untuk Kompetisi Komedi GenRe.



Komedi GenRe Poster

Komedi GenRe - Kompetisi Komedi

Eh ngomong-ngomong, ada yang tahu nggak sih tentang acara ini ?

Belom tahu? waduh… kudet juga ya ternyata. Yowes, biar jelas silahkan baca dulu di sini.

Komedi GenRe adalah sebuah kompetisi komedi yang merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian program BKKBN untuk sosialisasi tentang “Pendewasaan Usia Perkawinan”.  GenRe sendiri adalah singkatan dari Generasi Berencana.

Nah, kompetisi Komedi GenRe sendiri kenapa bisa berformat stand up comedy. Itu dikarenakan, instansi Pemerintah BKKBN selaku penyelenggara acara, telah melakukan kerjasama dengan @StandUpIndo (induk dari semua komunitas Stand Up Comedy resmi di Indonesia).

Penunjukkan @StandUpIndo itu bukanlah asal-asalan bro. Pemerintah, yang dalam hal ini BKKBN, telah menilai bahwa @StandupIndo memiliki akar yang cukup kuat berbasis komunitas untuk menyelenggarakan audisi sampai membantu penjurian di babak final nanti.

Dari statement di atas, bisa kita simpulkan bahwasanya stand up comedy itu adalah kegiatan yang punya nilai tersendiri di mata pemerintah, yang pastinya nilai positif. Ini keren broo!!!

Well, dari pada kalian bingung, terus bertanya-tanya : apa itu BKKBN, apa itu Stand Up Indo, apa itu Komedi GenRe, mending kalian googling sendiri deh, lebih puas.

****

Dengan di tunjuknya @StandUpIndo sebagai ketua acara Komedi GenRe, membuat kompetisi ini jadi bener-bener bernilai mahal bro. Bagaimana mana nggak mahal coba. Komedi GenRe di selenggarakan, di 10 kota di Indonesia. Di mana sang juara dari masing-masing kota, akan mewakili kotanya untuk kemudian di tandingkan kembali di final, Jakarta.

Selanjutnya, di Jakarta, mereka yang menjadi perwakilan masing-masing kota akan di karantina terlebih dahulu. Mereka ke Jakarta juga GRATISSSSS… semua biaya akomodasi di tanggung pemerintah + mereka malah dapet uang saku. Sampe di situ ada yang belom ngiler ? ada ? yowes, gue tambahi lagi penjelasannya.

Jadi hadiahnya itu bukan cuma itu aja bro. Buat mereka yang menjadi juara di final akan mendapatkan hadiah utama yaitu uang tunai senilai Rp.30.000.000 (tiga puluh juta rupiah), waaanjir… itu uang kalo di beliin kuaci… aduh gak kebayang deh banyaknya.

Sebenarnya ada hal paling berharga dari semua hadiah di atas yaitu kesempatan untuk go nasional jadi makin lebar, bisa mengharumkan nama kota, nama komunitas (tentunya), nama keluarga, dan pastinya pengalaman makin bertambah banyak. Waaaaa… keren deh pokoknya !!!

Terus bisa lo bayangin deh sob. Di final yang jadi juri itu Sammy @notaslimboy, Arif Didu @ariefdidu, Isman HS, @ismanhs. Lo tau nggak siapa mereka ? ya… mereka semua adalah orang penting lho di dunia Stand Up Comedy Indonesia. Dan gue yakin bukan hanya mereka saja yang nonton, semua orang di Stand Up Indo juga pasti bakalan “pasang mata” buat nyaksiin calon-calon komika baru di Indonesia.

Well, emang sih ini hanya kompetisi “kecil” gak sebesar kompetisi Street Comedy atau pun SUCI Kompas TV. Tapi kalo kalian yang ngerti, berkecimpung, dan tahu akan dunia stand up comedy, whoaa… this is a big chance, a good track to be a professional Stand-Up Comedian you know. Yeah!

****

Saat mengetahui adanya kompetisi ini, gue bener-bener sangat antusias bro untuk mengikutinya. Terlebih lagi, akhirnya kota gue, PALEMBANG, terpilih juga… menjadi salah satu dari 10 kota penyelenggara audisi Komedi GenRe. Ini merupakan prestasi tersendiri tentunya buat kami @StandUpPLG *senyum unyu*

Biar jelas, berikut 10 kota penyelenggara audisi Komedi GenRe.



10 Kota Audisi Komedi GenRe

Kemarin tepatnya adalah hari dimana audisi Komedi GenRe Kota Palembang di mulai. Di waktu yang bersamaan, kota Medan juga menyelenggarakan audisi. Oh iya, lokasi audisi Komedi GenRe Kota Palembang berlangsung di Dapur Iga Café dan Resto (Jln. Angkatan 45 No. 1064 Palembang).

FYI, kompetisi Komedi GenRe sendiri di bagi dalam 2 kategori, di antaranya :
  • Kategori A : usia peserta yaitu 17 - 21 tahun
  • Kategori B : usia peserta yaitu 22 – 26 tahun

Jadi, comic perwakilan dari setiap kota yaitu ada 2 comic. 1 untuk kategori A dan 1 lagi untuk Kategori B.


Sampai hari “H” peserta lomba audisi Komedi GenRe Kota Palembang yang tercatat oleh panita yaitu ada 26 peserta (gabungan dari kategori A dan B). Dan gue ikut dalam kategori A.

Demi ikut kompetisi ini, gue rela bolos kuliah bro. Ya gue takut gak bisa datang tepat waktu gitu, gue selesai kuliah aja jam 4 sore, sedangkan waktu audisi sudah di mulai dari jam 1 siang (termasuk kata sambutan, bla..bla…dll).

****

Gue heran sendiri dengan diri gue saat hendak mengikuti audisi lomba ini. Tepatnya, saat malem hari menjelang hari audisi. Gue nggak bisa tidur sama sekali bro. Gue kepikiran dengan materi yang akan gue bawakan saat audisi entar, ya gue nggak pede bro.

Tapi untungnya saat gue galau dalam menyusun materi audisi, gue masih bisa combud (Comedy Buddy) dengan kak @agamjago. Ya, kebetulan dia belom tidur di tengah malam saat itu. Dia masih berkeliaran di timeline, Hehe. Gue merasa tertolong banget malam itu. Kurang lebih 2 jam-an lebih gue combud sama dia. Yang bikin gue salutnya itu, kami melakukannya bukan “face to face” tapi melainkan via chat BBM. Gokil ya :)

Sekedar FYI, kak @agamjago ini jadi MC audisi kemarin lho :)

Nah, sehari sebelumnya gue juga udah combud kecil-kecilan, tapi ini beneran “face to face”, yaitu antara gue, kak @ixbl dan @agamjago. Namun sayang, di combud yang satu ini, gue ngerasa masih belom nemuin kata yang pas, untuk set-up maupun punchline dari bit yang gue punya. Tapi yang terjadi malah sebaliknya, gue tertolong karena dari mereka berdua, gue malah dapet bit-bit yang baru.

Pokoknya terima kasih banyak deh kak buat kalian berdua, combudnya super !!! :D

****

Waktu audisi tiba.
Meskipun lagi panas terik, tapi animo dan antusias orang yang datang ke Dapur Iga Café dan Resto tetep ramai bro. Mulai dari panitia, penonton, dedek-dedek gemes, peserta audisi sampai orang-orang (baca: ibu-ibu dan bapak-bapak) dari BKKBN juga sudah mulai memenuhi ruangan.

Gue lihat para peserta audisi mulai tampak sibuk sendiri-sendiri, sibuk baca materi yang mereka buat.


Oh ya, walaupun audisinya di kota Palembang namun gak semuanya peserta dari Palembang lho. Ada juga yang dari luar Palembang. Ada temen-temen Jambi @StandUpIndoJBI contohnya.

Ah pegel gue kalo di tulis semuanya sob. Kalo sebagian ceritanya lewat foto, boleh ya…

Gambar Pers Conference

Acara awal. Pers Conference.
Acara hari itu di liput oleh 1 Station Radio RRI + 20 Media Cetak


LaTikusto Band Komedi asal Palembang

Band Komedi

MC Komedi GenRe Audisi Kota Palembang

Penikmat Stand Up Comedy

Suasana penonton + Rekan-rekan Media


Comic Palembang

Para peserta ikut bernyanyi dengan LaTikusto.
Eh, ibu maaf ya mukanya ketutup eek.

Saat audisi gue dapet nomor urutan 24 bro. Itu artinya gue peserta ke-3 terakhir.

Peserta pertama yang tampil, kalo nggak salah di mulai dari comic jambi. Gokil deh dia. Sebagai opener, gue nilai dia berhasil membuka acara audisi dengan cukup baik. Lanjut ke peserta kedua, suasana Dapur Iga Café dan Resto makin ramai dengan suara tawa dari penonton. Silih berganti comic tampil, rahang gue udah mulai terasa sakit. Ya, habisnya kami ketawa terus sob, sambil ketawa gue juga sambil deg-degan  :)


Peserta audisi harus membawakan materi yang berkaitan dengan BKKBN yaitu tentang "Pendewasaan Usia Perkawinan".


Kamera 360

Kamera stand by merekam penampilan para peserta audisi

Satu yang gue salut di acara audisi kemarin. Antusias penonton gak putus-putus, bukannya sepi tapi makin ke sore hari, penonton makin ramai yang dateng. Salut deh gue sama mereka, ini bener-bener luar biasa.


Rasa-rasanya gak usah aja ya gue ceritain gimana penampilan gue, takutnya nanti kalian berpikir gue asal nulis-nulis aja gitu. Jadi, pas bagian gue tampil di skip aja ya. Hhehe

Nyols kenapa sih lo jarang upload video di yutub ?

Nah, gue yakin kalian rada heran ya, kalo misalnya gue ngepost tentang : gue perform Stand Up Comedy, tapi gue juga jarang upload videonya gitu. Jadi, kesannya itu gue cuma omdo gitu ya. Iya kan iya kan ? Oke…oke, woles... woles bro... bakal gue jelasin deh, alasan kenapa gue jarang upload video.

FYI, sehabis gue perform, Stand Up Nite untuk pertama kalinya bareng bang @JuiPurwoto. Gue dapet banyak pelajaran dari dia. Selengkapnya bisa baca di sini.

Sewaktu nongkrong bareng dia, ada temen nanya soal comic tapi plagiat materi.

Nah, dia bilang seperti ini : “resiko kalo jadi comic lokal, ya seandainya lo udah punya materi A, eh… tiba-tiba comic yang udah sering nongol di tipi punya juga materi A (yang sama kayak lo) maka otomatis, lu yang di anggep ngecontek dia (comic yang nongol di tipi) padahal itu lo duluan yang bikin”.

Oke gue rasa temen-temen sekalian bisa memahami maksud tersirat dari yang gue tulis barusan. Intinya, gue khawatir gitu lho.

****

Tepat pukul 17.49, semua peserta audisi pun selesai nampil. Dan giliran para dewan juri menentukan hasil siapakah yang akan menjadi juara di setiap masing-masing kategori. Sekitar 30 menitan para dewan juri, berdiskusi, menghitung poin hasil dari penampilan para peserta tentunya.

Sumpah, saat menunggu hasil dari dewan juri saat itu… jantung gue rasanya mau copot bro…. berdetaknya cepet banget.


Pukul 18.15, wujud dewan juri pun nongol dari persembunyian. Gak lama dari mereka nongol suasana mendadak jadi hening. Saat itu, kak @arulnimo yang menjadi perwakilan juri, untuk mengumumkan siapa-siapa pemenang juara 1-3 dari masing-masing kategori.



Juri Komedi GenRe

Kak @arulnimo

Pengumuman di mulai dari juara 3 untuk kategori A. Dan pemenangnya adalah…

JUJU ONYOLS @sikonyols !!! Ya, itu gue yang dapet juara 3 Komedi GenRe audisi kota Palembang kategori A :)

Stand Up Comedian Indonesia

Alhamdulillah ya sesuatu :')

Lanjut. Juara 2 Komedi GenRe audisi kota Palembang kategori A ada.... NOPRIADI @Nopri__ 

Stand Up Palembang

Ciyeee yang juara 2. Kiri Kak @ixbl dan kanan Nopriadi @Nopri__

Dan juara 1 Komedi GenRe audisi kota Palembang kategori adalaah... FEDRO DWI PUTRA @Fedro_Dp

Juara 1 Komedi GenRe Palembang

Selamat masbro fedro atas gelar juaranya.
LANJUT... PECAHKAN JAKARTA YA !! :)


Foto para pemenang Komedi GenRe Audisi Kota Palembang kategori A

Sekarang giliran pengumuman para pemenang Komedi GenRe audisi kota Palembang kategori B. 

Juara 3 Komedi GenRe Audisi Kota Palembang kategori B adalah.... LIBIE @Libie_borne

BKKBN

Ciyeeee juara 3 :)

Kemudian yang jadi juara 2 Komedi GenRe audisi kota Palembang kategori B jatuh kepada.... comic dari jambi DHANNY WIJAYA @dhannywij

Stand Up Jambi

Juara 2 Komedi GenRe Kategori B dari @StandUpIndoJBI

Dan juara 1 Komedi GenRe audisi kota Palembang kategori B adalaaaaaaaaah.... DODOT @DodotCikidutsz

Stand Up Jakarta

YEAH... DODOT JUARA, DODOT KE JAKARTAAAA !! :D


Foto seluruh pemenang
Kompetisi Komedi GenRe Audisi Kota Palembang

Ya itulah hasil dari audisi Komedi GenRe kota Palembang. Alhamdulillah gue dapet juara 3 nih. Hhe.

Tapi ada yang lebih membuat gue ikut seneng dan bangga yaitu akhirnya... akhirnya untuk pertama kalinya comic dari Palembang akan ikut bersaing, berkompetisi di kancah nasional... YEAAAAH !!! :D

Sebelum mengakhiri postingan gue kali ini. Gue mau berterima kasih juga kepada sang photographer @MuchtarGanda dan @ejaakardahTanpa adanya dokumentasi dari kalian, apalah artinya postingan gue ini *kibas bulu ketek*.

Terus juga, untuk segenap keluarga besar Komunitas Stand Up Comedy Palembang. Kaliaaaan luar biasaaaaa pokoknya.... +1000 buat kalian !!!

Dan spesial buat kalian berdua coy...

Comic Palembang

AYO PECAHKAN JAKARTAAAAAA !!! :)


Panjang ya tulisannya ? Ya, harap maklumin lah, kan gue jarang update blog. Jadi sekali update tulisannya sepanjang ini. Sumpah tulisan ini random banget isinya :)

Yaudah segitu aja dulu ya, duduy!

Viva La Komtung !

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "Cerita Kompetisi Komedi GenRe Audisi Kota Palembang"

  1. Wohooo.. keren .. keren.. lebih keren lagi kalo ada foto gue kak :p

    BalasHapus
  2. Keren...teruskan berkarya dan sukses terus...btw yang di atas gua jomblo

    BalasHapus
  3. Semoga bisa nge-bangga-in Kota Palembang yaa ka. Good Luck deh hehe

    BalasHapus
  4. Mantap postinganya kak juju! Terus berkarya & kasih yg terbaik, semoga kami bisa ngikutin jejak kalian. #VivaLaKomtung

    BalasHapus
  5. wihhh para comic bermental baja nih yang pada juara :D

    BalasHapus
  6. congratulations kak angga :) kesempatan berikutnya harus dapet juara 1 :D

    BalasHapus
  7. Kereeeen kak , kok yang Openmic Pas malem bkkbn ga ada? :'P

    BalasHapus
  8. wah selamat bang yang penting dapet juara juara :D, btw lu ikutan tuh kompetisi komedi genre-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah.
      lah itu kan kompetisinya yg gue ceritain, masih tanya lagi ?
      weleh >,<

      Hapus
    2. oh iya, maksudnya yang di jakarta gitu bang?

      Hapus
    3. hmm... di postingan selanjutnya bakal gue ceritain, bro

      Hapus
  9. Wuih, mantep bro. Semoga semakin keren dan ngga sombong. Hahaha.
    Btw, jadi itu mukanya si agamjago? yang brewok itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dwi, aaaaamin... semoga di jauhkan dengan kata-kata itu :")
      iyap betul

      Hapus
  10. izin upload poto ya ju :p

    BalasHapus
  11. Hallo Bosqueee... ^^

    Bingung Cari Situs Judi Online Yang Mudah Menang Nya? Banyak Yang PHP?

    Jangan Pusing Bos KARTUVIPQQ Ingin Mengajak Anda Bergabung Di Situs Judi Online Terpercaya Bos ^^

    KARTUVIPQQ | Salah Satu Situs Yang Sudah Terbukti Kemenangannya Bos Banyak Juga Yang Melakukan WD Besar Di KARTUVIPQQ

    Ingin Seperti Member" Kami Bos? Yuk Buruan Gabung Di KARTUVIPQQ ^_^

    CARA MUDAH UNTUK BERGABUNG DI KARTUVIPQQ :
    * DAFTAR
    * DEPOSIT
    * BERMAIN
    * MENANG
    * WITHDRAW

    Dapatkan Fasilitas Termewah Di KARTUVIPQQ :
    * Min Deposit (15RIBU) & Withdraw Terjangkau (20RIBU)
    * Proses Deposit & Withdraw TERCEPAT, TERMUDAH & TERPERCAYA PASTI nya
    * Di Layani CS Cantik & Ramah NON STOP! ( 24JAM )
    * Sistem Fairplay 100% ( NO ROBOT)
    * Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    * Kartu Anda Akan Lebih Bagus

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    Dengan 1 User ID Anda Bisa Menikmati 9 GAMES Dari KARTUVIPQQ :
    *ADU Q
    *POKER
    *DOMINO
    *CAPSA SUSUN
    *BANDAR Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR SAKONG
    *BANDAR 66
    *PERANG BACCARAT

    DI SUPPORT SEMUA BANK INDONESIA :
    * BCA
    * BRI
    * BNI
    * MANDIRI
    * DANAMON
    * DAN BANK LAINNYA

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama Kami, Dan Dapatkan Kemenangan Yang Berlimpah Di KARTUVIPQQ

    CONTACT PERSON:
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols