SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG : SEKOLAH UNGGUL DAN TERBAIK DI PALEMBANG

Pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan kita. Ini berarti bahwa setiap manusia berhak untuk mendapatkan dan selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan dapat kita raih baik secara formal (sekolah) maupun non formal (lingkungan dan keluarga).

Pada dasarnya, pendidikan memberikan kita pengetahuan bagaimana bersikap, bertutur kata, mengembangkan diri dan mempelajari perkembangan dunia sains.  Di mana pada akhirnya, ilmu (pendidikan) yang kita miliki ini, sebisa mungkin dapat kita gunakan sebaik-baiknya untuk kemudian dapat di manfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas.

Sekolah adalah tempat yang paling tetap untuk mendapatkan sebuah pendidikan. Dengan mengeyam pendidikan dari sekolah, manusia akan terlihat lebih terdidik. Bukan hanya itu saja, sekolah yang baik dimana sistem pembelajaran yang jelas dan tertata, tentunya akan memberikan hasil yang maksimal, dalam hal ini yaitu sebuah prestasi dari siswa-siswinya.

SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG TERBAIK


Hal ini telah di buktikan oleh salah satu SMA terbaik di kota Palembang yaitu SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Bangau 60/1258 Ilir, Palembang ini sudah berdiri sejak tanggal 15 Juli 1951 artinya sudah lebih dari 60 tahun, SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia memberikan sumbangsinya demi melanjutkan cita-cita negara yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG TERBAIK


Dalam sistem pendidikannya, SMA XAVERIUS 1 menekankan keseimbangan serta memadukan penguasaan ilmu pengetahuan yang disertai semangat cinta kasih dan persaudaraan demi masa depan anak didik. Hal ini merupakan cerminan filosofi dari tujuan awal di dirikannya sekolah SMA Xaverius 1 Palembang yaitu Pro Ecclesia et Patria (Demi Gereja dan Tanah Air).

Dengan usia sekolah yang cukup tua itu, menjadikan SMA Xaverius 1 Palembang sebagai sekolah yang bagus dalam segi akademis maupun administrasi. Tentunya ini bukan karena faktor instan. Perjalanan panjang selam 60 tahun lebih, membuat sekolah ini kaya akan pengalaman dalam bidang kependidikan, sehingga bisa di bilang orang-orang yang berada di dalam sekolah SMA Xaverius 1  meliputi staff pengajar dan administrasi adalah orang-orang ahli pada bidangnya.

Jadi, rasanya tidak salah kita untuk mensematkan kata SMA unggul dan terbaik kepada SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG.


****

Buah hasil selama perjalanan 60 tahun itu benar-benar berhasil di aplikasi oleh SMA Xaverius 1 Palembang kepada seluruh elemen yang ada di sekolah baik dari staff karyawan, guru, dan siswa-siswinya. Mengusung misi membangun suasana kekeluargaan dalam tiap metode mengajar serta menekankan kepada siswa dan guru agar selalu disiplin, jujur, dan bertanggung jawab menjadikan sekolah SMA Xaverius 1 Palembang berbeda dari sekolah lainnya.

Di dukung dengan staff pengajar yang bagus, SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG mampu mewujudkan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, integratif, unggul, partisipatif, dan menyenangkan kepada seluruh siswa-siswinya. Hasilnya pun bukan main-main. Berbagai prestasi bergensi pun selalu berhasil di raih mereka baik di tingkat daerah, nasional maupun Internasional.

PRESTASI-PRESTASI SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG

1. PRESTASI SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG DI TINGKAT DAERAH DAN NASIONAL
  1. Medali Perunggu OSN Fisika tahun 2011 di Manado
  2. Juara II Kompetisi Fisika tahun 2011 di UNSRI
  3. Medali Perunggu OSN Ekonomi tahun 2011 di Manado
  4. Juara Umum Kompetisi Ekonomi tingkat Nasional tahun 2011 di UGM
  5. Juara II Kompetisi Ekonomi tingkat Propinsi tahun 2011 di UNSRI
  6. Juara I Kompetisi Ekonomi TSM tahun 2011
  7. Juara Umum Kompetisi Ekonomi tingkat Nasional tahun 2011di UGM
  8. Juara II Kompetisi Ekonomi tingkat Propinsi tahun 2011 di UNSRI
  9. Juara I Kompetisi Ekonomi TSM tahun 2011

2. PRESTASI SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG DI TINGKAT INTERNASIONAL
  1. Medali Emas OSN Komputer tahun 2011 di Manado
  2. Sedang mengikuti pertukaran pelajar Jenesys Short Program 2011 ke Jepang
  3. Saat ini mengikuti homestay selama 1 tahun ( Agustus 2011 - Juli 2012) Program YES ke Amerika
  4. Medali Perunggu dalam IPhO (Internasional Physic Olimpiade) di Taiwan 2003
  5. Meraih Medali Emas di APhO (Asian Physic Olimpiade) di Bangkok 2003
  6. Medali emas di IPhO (International Physic Olimpiade) di Pohang, Korea Selatan, 2004
  7. Meraih Honorable Mention dalam APhO (Asia Physic Olimpiade) di Vietnam, 2004
  8. Meraih Honorable Mention di IPhO (International Physic Olimpiade) di Pohang, Korea Selatan, 2004
  9. Meraih Emas dalam IPhO (International Physic Olimpiade) di Salamanca, Spanyol, 2005

Bukan hanya berprestasi dalam hal akademis, siswa-siswi  SMA Xaverius 1 juga berprestasi dalam bidang non akademis, seperti olahraga basket (juara 2 Honda DBL tahun 2008) dan masih banyak lagi prestasi dalam bidang non akademis yang telah di capai oleh mereka.

Semua data prestasi itu dapat di lihat pada website resmi sekolah SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG.
Dari sejumlah prestasi yang di peroleh SMA Xaverius 1 baik dalam maupun luar negeri tentunya ini dapat dijadikan tolak ukur betapa unggul dan berprestasi siswa-siswinya. Karena pada dasarnya di SMA Xaverius 1 Palembang selalu di tanamkan rasa saling berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam kegiatan belajar di sekolah.

Hasil lain yang membuat ini di bilang SMA Terbaik yaitu lulusan-lulusan dari SMA Xaverius 1 selalu menembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggulan di Indonesia. Dan itu tidak pernah putus, selalu terjadi. Jadi, wajar saja setiap waktu PSB (Penerimaan Siswa Baru) SMA Xaverius 1 Palembang selalu di padati banyak peserta.

LULUS PERGURUAN TINGGI NEGERI


Hasil Seleksi SNMPTN dari Siswa-siswi SMA Xaverius 1 Palembang (2013)


****


FASILITAS DI SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG

Banyak faktor yang mendukung keberhasilan siswa-siswi SMA Xaverius 1 dalam mendulang berbagai prestasi. Salah satunya yaitu faktor keberadaan fasilitas serta lingkungan di sekolah. Banyak sekolah selalu kesulitan menjawab permasalahan ini, namun tidak terjadi untuk SMA Xaverius 1 Palembang.

Bisa dikatakan SMA Xaverius 1 Palembang adalah contoh sekolah dengan fasilitas yang cukup lengkap dibanding dengan sekolah lainnya. Semua fasilitas sekolah ini telah dipersiapkan, dengan tujuan agar bisa mendukung kegiatan belajar mengajar maupun siswa-siswi SMA Xaverius 1 Palembang. Melalui fasilitas yang disediakan ini jugala, kebanyakan siswa-siswi SMA Xaverius 1 benar-benar "terjun" mencoba segala teori yang telah dipelajari di kelas dan selanjutnya di harapkan dari semua fasilitas ini siswa-siswi dapat selangkah lebih maju mengenai pemahamannya akan sebuah materi.

PROFIL SMA TERBAIK INDONESIA


Untuk melihat fasilitas apa saja yang di miliki oleh SMA Xaverius 1 Palembang, bisa lihat di sini.

Dengan konsep pembelajaran yang inovatif dan kreatif, SMA Xaverius 1 Palembang selalu berupaya memberikan bentuk pendidikan yang benar-benar bermutu, agar kelak siswa-siswinya menjadi orang yang unggul dan berprestasi. Salah satunya yaitu program homestay.

SEKOLAH TERBAIK SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG


SEKOLAH TERBAIK SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG


Foto program homestay SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG

SMA Xaverius 1 Palembang bekerja sama dengan St.Francis Melaka dan gabungan beberapa sekolah dari kota Kagoshima dan Kirishima Jepang menyelenggarakan program homestay (tanggal 26 Juli - 2 Agustus 2013). Meski program belajar ini hanya 4 hari, justru dengan program yang seperti ini makin membuat siswa-siswi termotivasi untuk tambah giat belajar (contohnya belajar bahasa inggris untuk berkomunikasi ke siswa-siswi luar negeri) dan juga hal yang seperti ini sungguh masih sangat jarang di lakukan oleh kebanyakan sekolah di Indonesia, sehingga rasa bangga itu ada pada diri siswa-siswi Xaverius 1 Palembang.

Oh ya… sampai sekarang, sekolah SMA Xaverius 1 Palembang tercatat dengan status akreditasi A dan kedepannya sekolah ini berusaha menuju Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Dengan melihat kinerja sampai saat ini, sungguh nggak mustahil rasanya untuk mereka mewujudkannya, semoga tercapai.

Bukan perkara mudah untuk SMA Xaverius 1 Palembang mencapai hal seperti ini. Tentu banyak halangan dan rintangannya. Namun dengan sebuah pengalaman panjang selama 60 tahun lebih, membuat sekolah ini sungguh tertata baik dan hasilnya pun bukan main-main. Siswa-siswi mereka membuktikan dengan sebuah prestasi yang gemilang.


KEEP THE SPIRIT HIGH !!!

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG : SEKOLAH UNGGUL DAN TERBAIK DI PALEMBANG"

  1. Jadi... bang Angga anak Xaverius? Kok konyol ya hahaha nggak ding. Semoga sekolahnya terus melahirkan generasi muda yang unggul ya Bang! btw sekarang udah ngga ada SBI lagi, udah dihapus kan tahun lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini gue ikutan lomba doang sih, hehe :D

      Hapus
    2. Tempat atau Lokasi SMA Xaverius 1 adalah di Jalan Bangau No. 60/1258 Palembang dan sekolah terbaik ini mempunyai misi dalam membangun suasana kekeluargaan dalam tiap metode mengajar. selain itu SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang juga menekankan kepada siswa dan guru agar selalu disiplin, jujur, bertanggung jawab dan tentunya selalu bersatu untuk memajukan sekolah nomor 1 palembang itu. kemudian dengan memakai proses belajar mengajar yang Ampuh agar Mudah Menguasai Pelajaran, sma xaverius 1 menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, integratif, unggul, partisipatif dan menyenangkan

      Fasilitas Bagi Siswa SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang
      Dengan visi dan misi tersebut di atas, SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang, juga memperhatikan masalah fasilitas, sarana dan prasarana sekolah untuk menunjang setiap kegiatan anak didiknya. Fasilitas yang terdiri dari ruang kelas, 7 laboratorium yang meliputi lab Fisika, biologi, Kimia, bahasa, Ilmu pengetahuan social, Seni dan computer. selain 7 laboratorium yang lengkap, Perpustakaan serta jaringan hotspot diharapkan mampu membuat siswa inovatif dalam mencari sumber pengetahuan lain selain dalam materi pelajaran yang ada.

      Hapus
  2. Pake jurus apa ya ini sekolah bisa sebagus itu =.=

    BalasHapus
  3. loh ini skolah abang kah? ato cm buat lomba SEO :v ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk anak didik yang sangat berpotensi dalam bidang olahraga, disediakan lapangan besar yang terbagi menjadi lapangan sepakbola, basket, Lintasan lari serta Bola volley. selain itu ada lagi yang lain seperti Klinik kesehatan, ruang pertemuan, Ruang komite sekolah, pelayanan bank, Ruang OSIS / PPSK, Koperasi, Kantin dan Fotocopy. dan pada SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang juga sudah disediakan parkir kendaraan bermotor juga.

      Lalu kita akan melihat pada SMA yang berdiri pada 15 Juli 1951 tersebut membangun sebuah kegiatan yang positif untuk mengembangkan kemampuan siswa serta untuk menggali potensi dari minat siswa yaitu dengan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler atau Ekskul. Ekskul pada SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang meliputi ekstra basket, marching band, pecinta alam, PAKAXA, catur serta gardening. sebenarnya masih banyak lagi ekskul baru yang ada di sana tetapi saya hanya membagikan sedikit sebab keterbatasan waktu

      Ekskul SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

      Hapus
  4. Terus berkarya dan semoga menang lomba SEO :)

    Mohon kunjungannya juga
    http://jamil21.blogspot.com/2013/10/download-aplikasi-google-web-designer.html

    BalasHapus
  5. Wih ane juga domisili di Palembang nih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan sarana prasarana, fasilitas dan kegiatan ekstrakulikuler yang dibangun oleh SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang, tidak heran jika selama 62 tahun sejak berdirinya sekolah megah itu sudah menelurkan beberapa prestasi prestisius dalam tingkat daerah, nasional bahkan juga internasional. Berikut adalah beberapa medali dan prestasi yang telah diraih sma xaverius 1 :

      1. Prestasi SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang di tingkat Nasional


      a. M Badzali F berhasil merebut Medali Perunggu OSN Fisika tahun 2011 di Manado
      b. M Badzali F juga sempat mendapat Juara II Kompetisi Fisika tahun 2011 di UNSRI
      c. Michael meraih Medali Perunggu OSN Ekonomi tahun 2011 di Manado
      d. Michael juga mampu menjadi Juara Umum Kompetisi Ekonomi tingkat Nasional tahun 2011 di UGM.
      e. kembali, Michael (siswa sma xaverius 1) membawa pulang tropi Juara II Kompetisi Ekonomi tingkat Propinsi tahun 2011 di UNSRI
      f. Michael juga Juara I Kompetisi Ekonomi TSM tahun 2011
      g. Voren berhasil Juara Umum Kompetisi Ekonomi tingkat Nasional tahun 2011di UGM.
      h.Voren kembali lagi menorehkan Juara II Kompetisi Ekonomi tingkat Propinsi tahun 2011 di UNSRI
      i. prestasi voren berlanjut Juara I Kompetisi Ekonomi TSM tahun 2011

      Hapus
  6. wah semoga xaverius makin jaya yah :p

    BalasHapus
  7. Bisa juga ya nulis yang seriusan *eh :p
    Goodluck ya buat kontesnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali juara tingkat nasional dari sekolah terbaik palembang tersebut, saya tidak akan menulisnya semua dalam artikel ini, silakan saja mengunjungi situs SMA Xaverius 1 agar dapat mengetahui semua dengan jelas.
      Prestasi SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

      2. Prestasi SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang di tingkat Internasional


      a. Joshua Aristo Nathaniel meraih Medali Emas OSN Komputer tahun 2011 di Manado
      b. gadis cantik Almira Zada Sedang mengikuti pertukaran pelajar Jenesys Short Program 2011 ke Jepang
      c. Brigitta Jacob Saat ini juga mengikuti homestay selama 1 tahun ( Agustus 2011 - Juli 2012) Program YES
      ke Amerika.
      d. Yudistira Virgus memenangkan Medali Perunggu dalam IPhO (Internasional Physic Olimpiade) di Taiwan 2003
      e. Yudistira Virgus kembali mengharumkan nama sma xaverius 1 sebagai sekolah terbaik palembang yang go international dengan Meraih Medali Emas di APhO (Asian Physic Olimpiade) di Bangkok 2003
      f. Yudistira Virgus pun menutup tahun dengan Medali emas di IPhO (International Physic Olimpiade) di Pohang, Korea Selatan, 2004.
      g. Ali Sucipto mampu Meraih Honorable Mention dalam APhO (Asia Physic Olimpiade) di Vietnam, 2004.
      h. Ali Sucipto yang dikenal rajin ditahun yang sama juga Meraih Honorable Mention di IPhO (International Physic Olimpiade) di Pohang, Korea Selatan, 2004.
      i. setahun kemudian Ali Sucipto sempat menggondol Emas dalam IPhO (International Physic Olimpiade) di Salamanca, Spanyol, 2005.
      (sumber dan referensi : http://www.smaxaverius1.com/index.php?mod=about&id=5)

      Namun jika anda tidak percaya dengan data saya di atas, silakan anda melihat data pusat dari SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang sebagai SMA Terbaik yang tahun ini saya rekomendasikan atau menghubungi nomor telepon SMA Xaverius 1 Palembang di (0711) 358 005.

      Demikian sedikit ulasan saya tentang SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini. semoga bisa menjadi referensi anda dalam memilih SMA terbaik khususnya bagi anda yang berdomisili di Palembang. Saya juga mohon maaf jika data saya di atas ada yang salah. Terima kasih.
      Maju Terus dan semakin sukses untuk SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang !!!

      Hapus
  8. pantesan tulisannya serius banget -_- ikutan lomba toh, semoga menang ya kak :D

    BalasHapus
  9. Gue sempet bingung bang bukannya lo ga salah lulusan sama 13 ya? bukannya Xaverius?
    oh ternyata ikutan lomba .__. semoga berhasil nyol hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan enak kalo di baca sampai habis.
      Makasih ya, mohon doanya :0

      Hapus
    2. SMAXaverius 1 Sekolah Terbaik Di Palembang dapat dijadikan referensi bagi anda yang sedang mencari sekolah favorit di kota tersebut tidak salah jika anda memilih sekolah di palembang yang memiliki segudang prestasi ini hanya pilihlah sma xaverius 1

      SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang adalah tempat belajar mengajar pendidikan (dulu bernama Xaverius) yang didirikan oleh Frater Monfort, BHK (L. F. J. Nienhuis) pada tanggal 15 Juli 1951. di dirikan dengan satu tujuan Pro Ecclesia et xav1 lama Patria (Demi Gereja dan Tanah Air).

      sekolah sma xaverius 1 menjadi unggul dan terus berprestasi dan terbaik di palembang sma xaverius 1 menjadi sekolah terbaik di palembang tentunya tidak mudah untuk mendapatkan peringkat seperti itu, dengan berbekal staff pengajar yang berpengalaman dalam bidangnya menghasilkan murid murid yang berprestasi

      Dari prestasi yang diperoleh SMA Xaverius 1 baik dalam ataupun luar negeri menjadikan sekolah tersebut menjadi unggul dan terus berprestasi dikarenakan peserta didiknya saling berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam kegiatan belajar di sekolahan.

      Sekolah ini sekarang ter favorit dan menjadi sma terbaik terbukti bahwa sekolah ini mempunyai kredibilitas yang bagus dan sekarang menuju sekolah berstandart internasional, dengan prestasi yang ada mampu menjadikan sekolah ini yang berprestasi
      Kata orang melayu berpantun tak kenal maka tak sayang eh "SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik Di Palembang" dibaca dengan nada semangat

      Hapus
  10. SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang - Pendidikan sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat Indonesia dan SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang kini sudah siap bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di dalam negeri untuk mengadu kompetensi akademik dan non akademik. Oleh karena itu Kerozzi saat ini akan membahas apa saja keunggulan dari SMA Xaverius 1 Palembang

    Bagi yang belum tahu, SMA Xaverius 1 Palembang didirikan pada 15 Juli tahun 1995 oleh seseorang yang bernama Frater Monfort, BHK (L. F. J. Nienhuis). Sebagai sekolah khatolik yang mempunyai komitmen jelas yaitu menciptakan siswa-siswi yang memiliki intelejen tinggi serta mampu bersosialisasi dan berguna bagi kehidupan bermasyarakat dikemudian hari. Dengan Visi utama yang bertujuan mencerdaskan anak bangsa, Saya kira SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang tersebut mampu untuk melakukan hal itu

    SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols