Elemen Penyemangat Dalam Olahraga Futsal

Sudah berbulan-bulan lamanya gue menjalani hidup ini tanpa olahraga. Kalo di inget-inget secara ganteng, rasanya terakhir gue berolahraga itu sehari setelah presiden SBY resmi ngumumin akun twitternya. Berarti sudah lumayan lama ya, Hhehe.

Sebenarnya bukan full tanpa olahraga juga sih, gue masih tetep berolahraga kok. Hanya saja olahraga yang gue jalanin itu bukanlah olahraga yang dalam kategori berat, melainkan olahraga ringan.

Membedakan olahraga ringan atau berat itu, caranya gampang banget yaitu di ukur dari berapa banyak keringet yang lo keluarin saat berolahraga. Kalo keringet yang keluar banyak banget, kira-kira sebaskom lebih gitu, itu artinya olahraga berat. Namun jika keringet yang di keluarin sedikit banget, dengan perbandingan yaitu masih banyakan keringet yang keluar pas ngeden saat lagi boker, maka itu artinya olahraga ringan. Sederhana bukan?

Logo Futsal Indonesia

Nah, jenis dari olahraga ringan antara lain : twitteran, gonta-ganti channel tipi (baca : senam jari), dan ngupil dengan 5 jari.

Nyol, makan bakso juga bisa ngeluarin keringet lho? Malahan banyak?

Berkeringat sih iya, tapi MAKAN BAKSO BUKANLAH OLAHRAGA, bego !!!

*HENING….*

Eniwei, ngomongin olahraga berat… gue jadi kepikiran dengan futsal nih.

Menurut gue pribadi, futsal adalah salah satu olahraga berat yang ”murah-meriah”. Murah, kalo yang maen futsalnya itu orang sekampung, karena dengan begitu lo nggak akan terbebani saat patungan uang sewa lapangan, bisa-bisa lo patungan sebesar Rp.1000 per-pemain, widih… murah bangetkan. Namun, futsal akan menjadi berat banget, manakalah maen futsalnya itu dengan sistem “kalah-bayar” terus juga yang maen, jumlah pemainnya sedikit. Maka itu artinya alamat rugi dalam berolahraga akan menimpa anda. Nah, untuk bagian ini, gue sudah sering banget ngalaminnya :(

Setelah cukup lama nggak maen futsal, akhirnya sore kemarin (4 September 2013) gue kesampean juga maen futsal. Gue maen bareng temen-temen sekampus.

Berhubung sudah lama nggak maen futsal, tentunya hal-hal aneh pun datang menghampiri gue. Mulai dari kaku dalam nendang, nafas cepet ngos-ngosan, jerit-jerit kayak orang kesurupan, intinya noraklah, Hhehe. Tapi selama maen sore kemarin itu, gue bersyukur banget karena “aneh” yang gue alami itu nggak parah-parah banget. Coba bayangkan kalo misalnya pas maen futsal itu, gue nggak berpakaian layaknya pemain futsal, melainkan gue pake baju kemeja dengan kancing sampe leher, celana skinny jeans extra ketat sampe titit nggak kelihatan, dan sepatu futsal warna pink cerah merona ? Pasti aneh bangetkan. Kalo pun maen futsalnya dengan dandanan seperti itu, maka sudah dapat di pastikan, baru 5 menit maen, selangkangan gue sudah lecet parah ! OH NO… *mencoba untuk tidak membayangkan*

Ya, namanya juga olahraga, tentunya di butuhkan banget sesuatu yang bisa bikin bersemangat dalam bertanding, bener nggak ?. Maka dari itu, melalui postingan ini gue bakal kasih tahu beberapa elemen yang mampu meningkatkan atau bahkan memunculkan semangat bertanding dalam olahraga futsal, versi gue.

Oke, gak usah berlama-lama lagi, mari kita tuntaskan sebahenol pantat Kaiju film Pacific RIM!


1. Supporter (Penonton)

Sudah nggak di pungkirin lagi, kehadiran sosok supporter (penonton) dalam suatu pertandingan olahraga futsal akan selalu di nantikan oleh setiap pemain yang akan bermain. Hadirnya supporter (penonton) memberikan semangat tersendiri di setiap pemain. Tapi, kalo di pikir-pikir secara ganteng, rasanya bukan hanya untuk futsal aja deh, melainkan semua olahraga pun sama. Di mana intinya itu, kalo ada yang nonton, maka semangat berkobar-kobar pun akan muncul di setiap diri pemain.

Bayangkan kalo main futsal tanpa ada yang nonton ? Entar lo mau selebrasi gol ke siapa ? lo mau show off skill gol bunuh diri juga ke siapa ? HAH…HAH…HAH ?!! *ngomong sama genangan air kobokan*

So, saran gue kalo lo mau tanding futsal, usahakan bawa penonton deh. Gak mesti banyak, satu aja sudah cukup. Lo bisa ngajak tiga orang atau lebih ? itu jadi poin plus. Karena dengan begitu lo bisa naik level diamond dengan sangat mudah… lah, kok malah jadi ngomong MLM begini, Nyol ? uhm…

Sekali lagi gue ingatkan, bahwa supporter (penonton) adalah elemen penting dalam futsal. Tanpa kehadiran mereka, suasana pertandingan akan sepi banget. Tanpa kehadiran mereka juga, siapa lagi yang mau bantu patungan uang sewa lapangan, kalo-kalo kurang, HAH ?!! :p

2. Sepatu Baru

Elemen berikutnya yang mampu membuat lo jadi bersemangat maen futsal ialah lo baru beli sepatu baru. Nah, untuk yang satu ini gue jamin semangat bermainnya yaitu semangat 45. Lo nggak akan mikirin kondisi lo lagi seperti apa, dengan siapa, sedang berbuat apa, lah… kok malah jadi nanyi lagu band fenomenal nih. Pokoknya, pasca lo beli sepatu baru, pasti lo bakal ngebet banget pengen cepet-cepet bisa maen futsal, intinya nyobain sepatu baru gitu dah. Iya kan, iya kan ? :p

Jujur, gue sendiri pernah ngalamin hal seperti ini. Tiap hari gue berharap bisa maen futsal, tiap hari juga gue berusaha ngajakin temen buat maen futsal.

“Bro, kapan main futsal…”

“Bro, kapan main futsal…”

“Bro, kapan main futsal…”

Padahal waktu itu masih dalam suasana bulan puasa loh ? saking semangatnya…

3. Ikut Kompetisi

Salah satu yang membuat bersemangat dalam maen futsal yaitu ikut kompetisi. Nah, kompetisi yang di maksud ialah kompetisi futsal, bukan kompetisi memasak, catet ya!

Emang setiap orang (kebanyakan cowok) pasti bersemangat kalo sudah ngomongin kompetisi futsal, ya wajar sih… namanya juga kompetisi. Tapi, beda lagi buat lo yang belom pernah nyoba ikut kompetisi futsal, bakalan gak terasa deh, karena lo cuma bisa ngebayangi. Jadi, saran gue sih, apa salahnya untuk nyoba ikutan kompetisi futsal, hitung-hitung nambah pengalaman gitu.

Misalnya lo punya skill bagus maen futsal, tapi cuma lo pendem doang, bertahun-tahun lo pendem, kan sayang tuh… kenapa nggak sekali-kali coba untuk tunjukkin ke khalayak ramai, siapa tahu ada yang demen gitu. Sehabis ikutan kompetisi, eh… di tawarin maen di sinetron Si Madun 5 dan juga di tawarin jadi bintang iklan Sosis Sonice, kan lumayan tuh ?

4. Gratisan

Mendengar kata gratisan, setiap orang pasti akan bersemangat loncat kegirangan… termasuk gue :p


Ya, gak usah pembahasan panjang lebar, lo semua pasti tahu deh yang namanya gratisan, mau apapun bentuknya semua orang pasti akan suka dan bersemangat ngejalaninya, bahkan maen futsal sekali pun.

Logikanya sederhana : GAK DI BAYAR + LO TINGGAL MAEN FUTSAL SAMPE LEMES

Enak bangetkan ? #AkuCintaGratisan

Biasanya gratisan ini di dapet karena beberapa hal di antaranya hari ulang tahun, baru jadian, dan putusan sama pacar.

Lah… putusan sama pacar kok malah maen futsal. Kok bisa, Nyol ?

Ya, gak apa-apa, biar bisa men-cetak-gol kan perasaan… apaaaaaaa sih !!!

*kemudian di lempar pake gigi palsu mpok nori*

5. Pacar

Elemen pamungkas !

Apabila "ada" elemen terakhir ini ? gue jamin betul, pasti mampu meningkatkan stamina dan semangat bermain futsal jadi 100 kali lipat. Ini serius lhoooo !

Elemennya itu adalah pacar.

Kehadiran seorang pacar saat kita bermain futsal, rasanya mampu mengheningkan suara gaduh penonton yang lain. Sesekali noleh, cuma untuk ngeliat muka pacar sendiri, edew… gimana nggak bakal semangat coba kalo ada yang begituan ? Apalagi misalnya saat istirahat, katakanlah ganti pemain gitu. Lagi panas-panas, keringetan bau kecut-kecut sembriwing, eh… di lapin keringet kita oleh pacar. Ngelapnya bukan pake handuk, bukan juga pake sapu tangan, melainkan pake cinta. Weee… auuuuuuu… ajib… bener, ahay!

Kalo lagi maen futsal terus ada pacar…. sudah…sudah, ssssttttt…. !! *nempel jari telunjuk di mulut*

...

Gue rasa sebatas ini dulu aja deh penjelasan elemen yang kelima ini. Bahaya nih kalo di lanjutin sampe ke akar-akarnya, entar yang jomblo malah makin loyo nih maen futsalnya :p

Oiyah, yang terpenting menurut gue yaitu jangan memaksakan diri. Kalo kita nggak suka berolahraga, yaudah nggak usah berolahraga. Kalo kita nggak suka maen futsal, yaudah nggak usah maen futsal, kalo kita nggak suka olahraga, nggak suka juga maen futsal, tapi suka maenin pacar orang ? yaudah… mati aja lu !

Pesan moral :
Maenlah futsal sepuasnya, sebelum maen futsal di larang.

Subscribe to receive free email updates:

68 Responses to "Elemen Penyemangat Dalam Olahraga Futsal"

  1. hahahha.... ada orang loh kalo maen futsal sama pacarnya malah gak bisa nyetak go, kenapa yaa? hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajar gak bisa nyetak gol.
      Habis yg jadi kiper itu pacarnya, jadi ada unsur nggak tega dari si cowok untuk cetak gol gawang pacarnya (si cewek), gitu...

      Hapus
  2. setelah baca tulisan elo gue jadi dapet inspirsai. mungkin lain kali gue mesti bawa supporter bayaran *jenis kelamin cowok feminim
    terus gue suruh teriak-teriak histeris la... la... la... la... ye... ye... ye... ye... \(`0`)/ \(`0`)/ \(`0`)/

    *pasti seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah boleh tuh...
      hitung-hitung jadi penyemangatlah :)

      Hapus
  3. sumpah, ngakak aku bacanya :D nice post

    BalasHapus
  4. maen futsal ada pacar lawan yg cakep juga semangat kok hahahaha..

    BalasHapus
  5. Kalo elemen penyemangat supaya gak jomblo terus gimana? hhahaha :D

    mampir dooong !! XD

    My Life Journey

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm... itu kalo nggak salah di bab 47 tentang UUPR (Udang-Undang Percintaan Remaja).

      Hapus
  6. Walahlah, berarti secara gak langsung aku sering olahraga ringan dong yak xD hahaha

    BalasHapus
  7. kalo pas baru putus sama pacar trus bawa siapa? tukang kebon sekolahan? biar ikut nyabutin rumput lapangan futsal :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Futsal, rumput sintetis bro, lu mau nyabutin emang buat apa ? buat tempel di ketek ?

      kalo putus mah, lo bawa supporter aja... gak usah pacar, ah nafsu banget lu

      Hapus
  8. wahaha keren2, kalo gue bawa suporter, ntar rusuhnya kayak viking vs. the jack

    BalasHapus
  9. nice post! emang ga ada yang bisa menolak kata gratis~ XD

    visit my blog: kimva4ever.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Yang ke 2 sama yang ke 4 bener bangeet..

    Kadang kalo punya sepatu baru pingin cepet2 dipake, kotor dikit bersihin, pokoknya alay lah haha

    kalo gratisan ya pasti selalu mau :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak alay kalo yg begitu, yg alay itu kalo spatunya di foto-foto gitu :p

      Hapus
  11. Elemen kelima sulit dipenuhi.... pffffftttt

    BalasHapus
  12. Validitasnya patut dipertanyakan :))

    BalasHapus
  13. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

    BalasHapus
  14. nyol, gue jomblo nyol.. gue jombloooo #tsaaaah
    tapi untungnya kagak demen maen futsal, jd ga perlu elemen penyemangat bernama PACAR. hahhahaaa...

    BalasHapus
  15. iya yang namanya cowo pasti aja kalo olahraga pengen di liatin sama pcarnya, padahal kalo kaya saya membuat boring apa lagi kalo permainan nya gak seru

    BalasHapus
  16. Sumber semangat ane mah kalau ada pemain yg cedera. Cadangan soalnya.

    BalasHapus
  17. kalo jomblo? yang pasti cewek2 yang nonton dong yang bakal jadi penyemangatnya? wkwk

    BalasHapus
  18. True story banget ini (۳˘̶̀o˘̶́)۳

    BalasHapus
  19. Secara belum pernah main futsal ataupun nyempetin nonton futsal... bingung mau bilang apa... tapi tiba-tiba aja pas baca tulisan diatas terbersit tanya from the deep in my heart terutama pas baca point kelimanya : "kalau bang Angga nya sendiri udah punya pacar belum ya...?" *pasang muka polos

    btw salam kenal yaa, sukses follow #302, follback yaaa ^_^

    BalasHapus
  20. kalo maen futsal yg bikin semangat itu sepatu baru coy... hahhaa
    kalo masalah supporter , sorry broo.. gue dah punya supporter sendiri.. hhaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga supporter lo, bisa jadi supporter yang baik. Jangan rusuh ya

      Hapus
  21. wedew ane jg udh jarang main futsal lgi :3 manalagi posisi ane jd penjaga gawang T,T

    eh bro contoh sepatu futsal itu kyk apa y? pengen beli eh

    komen back y

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, main lagi dong...

      sepatu futsal, masa lo nggak tahu ?

      Vicky prasetyo tahu ?

      Hapus
  22. Aah.. gak hobi pulak maen futsal nih.. -_-

    Ada contoh olahraga berat lainnya nggak??
    ehmm.. kalok nyanyi itu termasuk olahraga apa yaa?? :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyanyi bukan termasuk olahraga mas, tapi olahsuara :)

      Hapus
  23. Ini Elemen Penyemangat Dalam Olahraga Futsal bener semua tak bisa dipungkiri :O

    Satu lagi kalau habis tanding supporter cewek yang traktir minuman tambah semangat dan adem di hati haha ... :D

    Jomblo loyo gak Men. Tambah semangat futsalnya malahan haha ... #CuciMataRed XD

    BalasHapus
  24. Oh, jadi walaupun elu udah ada elemen penyemangatnya, elu tetep sering kalah-bayar ya nyol? Sorry, kecemenanmu terungkap sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp kecemenan gue terungkap, yang penting gue tetep bisa makan ayam ungkep

      Hapus
  25. wah itu toh elemen penyemangan di futsal. kalo di ganti olah raga bulu tangkis sperti nya elemen nya sama :D

    mungkin klo yg nomer 2 tu bisa di ganti dengan raket , ihihi

    BalasHapus
  26. kalo main futsal ada chirlynya juga bikin semangat bang, serius, palagai kalo mereka gak pake baju, beuhhhhhhh makin semangattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka baju aja mah semangatnya masih nanggung yam, buka celana sekalian, makin nambah tuh semangat >,<

      Hapus
  27. Menurut gue yang paling ampuh sih, point nomor 5 nyol. Kalo ada pacar, pasti semangat bakal membara. Ibarat maen PS bola, itu lagi merah.

    BalasHapus
  28. makan bakso juga olahrag kali -____-
    itu kan mesti ngangkat sendok pake kuah berkali-kali, itu pekerjaan berat nyol...

    dan elemen penyemangat yang paling keren, emang gratisan, levelnya lebih hyper daripada pacar ..
    menurut gue sih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan bakso bukan olahraga dot, titik !

      setuju gue, *TOS*

      Hapus
  29. Penyemangat gue selain gratisan ya gratisan. #AkuCintaGratisan

    BalasHapus
  30. Hae .. Pa kbar Nyol !?

    Beberapa Bulan gakk baca Tulisan Loe ehh sekarang udah makin keren ajha.
    Owh ya. Penyemangat Futsal menurut gwe Kalau mau ada Kompetisi Pasti Gwe semangat !!



    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, lu apa kabar mad. Kemane aje gak nongol ?
      gue bersemangat banget kalo gratisan :)

      Hapus
  31. Bagus nih post!
    Tapi...gue kalo maen futsal gak pernah di ganti nyol, gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesti siap-siap nerima bahwasanya muka temen-temen lo rada jutek ngeliat lo

      Hapus
  32. Jorok gila ngupil pake 5 jari idiiiih :D

    BalasHapus
  33. Kalau ada pacar, gue makin ga konsen main. Gak bergairah mah mainnya haah

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols