Sejumlah Aksiku Untuk Indonesiaku

Era saat ini adalah era yang sangat simple dan serba instan. Bukan hanya makanan atau pun perkerjaan yang bisa dilakukan dengan cara instan, tetapi demi kamajuan bangsa pun bisa kita lakukan secara instan. Kita gak perlu melakukan aksi yang besar-besaran kok, aksi yang kecil pun bisa intinya demi kemajuan bangsa Indonesia.

 Aksi Untuk Indonesiaku

Indonesia itu luas banget, total penduduknya aja saat ini lebih dari 200 juta jiwa, namun dibalik angka yang besar itu, Indonesia masih jauh dari kemasyuran dan kemakmuran. Indonesia masih terkukung oleh sejumlah permasalahan besar seperti kesejahteraan, kesehatan, dan kemiskinan penduduk yang secara turun menurun makin membobrokan negara ini. Miris banget rasanya kalo melihat kenyataan seperti ini, inilah permasalahan yang sampai saat ini belom bisa terselesaikan oleh bangsa Indonesia.


Gue yakin dari total 200 juta jiwa itu, di Indonesia masih banyak terdapat orang-orang yang semestinya bisa membantu sesama, hanya saja tingkat "kesadaran" akan rasa kebersamaan dan saling membutuhkan masih sangat kurang tertanam di dalam diri orang Indonesia. Memang sih ada juga yang telah membuktikannya, tapi masih banyaklah mereka yang nganggep hal ini biasa-biasa aja, kalo sudah seperti ini lantas siapa lagi kalo bukan kita sendiri, iya kan ?

Di usia gue yang muda ini, gue ingin banget menunjukkan sejumlah aksi-aksi gue demi kamajuan bangsa Indonesia. Sebenarnya sudah dari SMP pengen gue lakuin, hanya saja gue selalu menyerah di tengah jalan, faktor usia kali ya. Gue orangnya mudah iba dan gak tegaan, karena hal itulah gue pengen banget memberi hal yang berarti demi kemajuan negara gue, Indonesia. Gue gak berharap banyak dari aksi gue ini, minimal bisa membantu meringankan beban  orang-orang di sekitar gue, itu sudah lebih dari cukup menurut gue.

Baiklah, sejumlah aksi gue untuk indonesia ini fiur, ide dari diri sendiri kalo pun telah ada atau sejenis seperti ini jangan anggap sebagai sebuah permasalahan ya, anggap saja ini misi kebaikan. Berikut aksi-aksi gue untuk indonesia :

1. BCB (Bukan Celengan Biasa)

Celengan Angry Birds

ini adalah Bukan Celengan Biasa (BCB)

Aksi yang pertama akan gue lakuin adalah BCB (Bukan Celengan Biasa), ini adalah aksi simple dan instan yang menurut gue mujarab membantu meringankan beban teman-teman disekitar kita. Gue mengusung celengan, karena gue melihat celengan (baca : tempat menyimpan) di rumah gue yang tidak terpakai secara baik, celengan gue itu bergambar Angry Birds hhe. Jadi skemanya itu seperti ini, gue akan membawa celengan Angry Birds itu setiap ke kampus, trus gue akan menjelaskan terlebih dahulu alasan gue membawa celengan ini buat apa dan untuk apa kepada teman-teman. Uang yang bisa dimasukan kecelengan ini bebas, koin atau kertas tanpa memandang besarnya nominal, yang terpenting ikhlas. Akhirnya, dengan uang-uang yang di dapat itu, akan gue sumbangkan ke panti asuhan atau memberikan langsung ke orang yang membutuhkan, supaya bisa meringankan beban mereka.

2. Satu Lengan Satu Kebersihan (SLSK)


ini adalah gambaran gue sendiri, kurang lebih seperti in SLSK

Aksi kedua yang bakal gue lakuin adalah SLSK (Satu Lengan Satu Kebersihan), aksi ini muncul karena rasa perihatin akan kebersihan lingkungan disekitar rumah gue. Masih banyaknya orang-orang yang membuang sampah bukan pada tempatnya. Jujur, gue sendiri juga masih sering melakukan hal yang buruk ini yaitu buang sampah sembarangan, maka dari itu gue ingin merubah prilaku buruk gue ini dengan aksi yang sederhana ini. Harapan gue sih, nanti banyak orang yang mau dan  bersedia menyisingkan satu lengannya demi satu kebersihan, toh itu gak susah-susah amat, dan kalau pun kotor nanti bisa di bersihkan, gampangkan. Efeknya itu yang menurut gue bagus, dan terpenting semoga tidak ada lagi yang berani membuang sampah sembarang.

3. Teguran : Berhenti Merokok

Aksi terakhir adalah bersifat teguran. Mungkin aksi yang satu ini bakal sulit dilakukan. Aksi menegur untuk berhenti merokok itu ibarat ngomong sama batu, karena mengapa ? orang yang sudah candu atau ketergantungan merokok sangatlah sulit menghentikannya. Jadi, pada aksi yang satu ini gue awali dari temen-temen sebaya gue. Kembali juga gue mulai dari lingkungan rumah gue. Rata-rata temen yang seusia gue, mereka tlah mengerti dan pake rokok, bahkan paling parah adalah ada yang usia anak-anak kecil. Jadi pada aksi ini, gue melakukan suatu teguran kepada temen-temen gue itu, bahwa bahaya merokok itu sangat banyak, mending beli lolypop aja dari pada satu buah rokok. Selanjutnya gue gak hanya menegur dilingkungan rumah gue, tetapi temen-temen yang lain di luar sana. Oh ya, tegurannya itu bukan yang keras gitu, tapi lebih ke lemah-lembut-gemulai. Dengan mereka berhenti merokok, mereka lebih baik kedepannya, bisa lebih sehat gitu. Harepan gue tidak banyak, minimal mereka berhenti merokok 1 bulan sekali aja sudah hebat menurut gue, syukur-syukur berhenti permanen.

Berikut contoh percakapan dalam bentuk teguran berhenti merokok.

Teguran Berhenti Merekok
Kalo kurang jelas, perbesar aja ya. Klik kanan caranya.


Ya itulah SejumlahAksiku Untuk Indonesiaku memang masih dalam skala kecil, masih dari lingkungan dirumah gue tapi yang terpenting disini gue mengajak temen-temen yang lain juga agar jangan takut melakukan aksi-aksi gokil kalian demi kemajuan bangsa indonesia, inget kalo orang lain bisa kenapa kita tidak bisa ? dan juga, mulailah dari dirimu sendiri jangan tunggu orang lain.

Ini aksi ku mana aksi mu....

Sejumlah Aksiku Untuk Indonesiaku

Subscribe to receive free email updates:

50 Responses to "Sejumlah Aksiku Untuk Indonesiaku"

  1. Mantap mas ... Bisa jadi sosialisasi yang bagus .....


    Aku juga gak suka merokok mas .. :D

    BalasHapus
  2. keren keren..sosialisai gini :D

    BalasHapus
  3. hihikkk keren tu...
    iya...kalu setiap jiwa fikiran begitu..pasti lumayan hasilnya

    BalasHapus
  4. remaja harus bisa membuat gerakan perubahan.
    sipp langkah awal unuk perubahan indonesia dimulai dari hal seperti ini

    BalasHapus
  5. Wah, salud deh sama orang satu ini, selalu menghiasi hidup.nya dengan membantu sesama, pertahan.kan itu ya Nyol..Insyaallah Gue akan Mendukung Elu selagi itu engga merugikan orang lain !!

    BalasHapus
  6. wahhh lu kaya guru gwe aja nyol, yang selalu nyuruh buang sampah sembarangan *ehh.
    di dapet penghargaan adipura atau adiwiata yah itu. sekolah gwe rela gak belajar kalo hari jum'at, cuman buat bersihin sekolahan. wuuu keren kan skolah gwe

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMA gue mah langgangan adipura yam :p
      kalo sudah ada wacana penilaian, yaudah.... kinclong jadi haha

      Hapus
  7. Inspiring Bang..
    terharu saya
    kayaknya saya juga mesti ikutan yg pertama dan kedua itu Bang, kita gak rugi kalo ikutan kok ya, untuk yg pertama mungkin uangnya akan saya belikan buku, tapi saya tabung sendiri dulu, belum ajak orang lain :)

    BalasHapus
  8. weeiih,.
    sikonyol's za bisa, so gue juga harus bisa,.
    pikir dlu, aksi gue apa ach? bisa y cuma mnonnton orng lain beraksi,., he

    BalasHapus
  9. wah ini ikut lomba ya? semoga menang ya........... mantaf dah yang elu lakuin itu

    BalasHapus
  10. gue terenyuh bacanya nyol... jadi pengen juga melakukan perubahan... tapi kayakinya buat aksi lo yang nomor 1 nggak mempan buat guye-___- karna gue boros banget... hehehe

    eh btw ini ikut lomba kah nyol? weee semoga menang yak \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo jangan malu-malu yaaa buat ngelakuinnya wi :D
      makasih ya, Aamin.

      Hapus
  11. wah..idenya keren..smga bsa dipraktekkan..

    BalasHapus
  12. ide aksi-aksi lo sangat so sweet banget bang, dan gue yakin kalau itu terealisasi pasti lo bakal termasuk pemuda yang berani mengubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik. semoga ide-ide lo itu gak cuma tertulis bang, tapi juga terealisasi :)

    BalasHapus
  13. share aksiku ya,, aksiku ini kecil, tapimungkin akan besar efeknya. tiap aku hbis ngunyah permen, tuh bungkusnya aku taroh kantong, biar gak ngotorin lingkungan :)

    BalasHapus
  14. salut gue sama lu sob :)
    Tetap semangat kawan
    ohh ya tolong bantu gue kawan.. punggut sampah di belakang halaman rumah gue

    Kaburr

    BalasHapus
  15. kerennie jika bisa terealisasi..

    BalasHapus
  16. merokok?? bener bener kegiatan manusia yang satu ini bikin pusing apa lagi di bus =,= kayak rumah die aje sekendak jidat hadehhh

    BalasHapus
  17. wes...beneran ne kang?
    kerren koe nech...apa lagi celengan ntu...salut salut...

    BalasHapus
  18. Mantap,,,
    kunjungi yang aku juga ye
    http://cacatanchild.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. setuju tuh sama yg teguran buat perokok .
    gua paling gasuka cowo ngeroko apalagi asepnya di ke muka gue.in, kan bikin bt ya ?
    wish you luck nyol :)

    BalasHapus

  20. aksi kecil, dengan istiqamah insya Allah akan membawa perubahan besar..

    salam kenal,

    BalasHapus
  21. keren,, smua itu emng harus dimulai dri diri kita masing2, gak cuma skdr tulisan loh. dilaksanakan ya.
    btw ini buat lomba bukan? klau iya moga menang ya. keren >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini emang lomba, tapi niat gue sudah kuat hhe...
      doain aja yaa

      Hapus
  22. eh bang ada yang ketinggalan disini http://ricoademandana.blogspot.com/2012/10/award-pertama-dari-rian-hendra-noterian.html Hahaha
    baca yang dibagian akhir tuylisan ya bang
    sorry bang kalo infonya telat hehehe
    dan sukses untuk kontesnya

    BalasHapus
  23. yaa.. setuju bgt bang... smg menangya mb lombanya

    BalasHapus
  24. setuju sama nomer 3, saking gregetnya kadang pengen banget bungkus kepala orang yang lagi ngerokok pake plastik supaya asepnya dia isep sendiri...anyway, goodluck contestnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, extreme juga... gue paling ngebiarin aja, trus gue berdoa semoga beliau (perokok) cepet tobat :3

      Hapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols