Batik Itu Indonesia Banget

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan ragam kebudayaannya. Salah satu kebudayaan Indonesia yang telah terkenal di dunia adalah batik. Batik adalah warisan maha karya adiluhung seni tradisional bangsa Indonesia. Batik sendiri bagi rakyat Indonesia adalah sebuah simbol budaya dimana di dalam setiap motifnya memiliki makna yang mendalam yang memiliki kekhasan tersendiri untuk setiap daerah yang memproduksinya. Batik Indonesia yang merupakan perpaduan pengembangan seni, budaya, teknik, dan teknologi telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak tahun 2009.

Perkembangan teknologi yang semakin maju juga memberikan sesuatu yang positif terhadap batik, yaitu batik fraktal. Batik fraktal merupakan sebuah produk inovasi penemuan Pixel People Project, sebuah kelompok riset desain di Bandung. Fraktal sendiri adalah ilmu matematika yang membahas geometri kesamaan pola yang muncul berulang-ulang pada semua skala. Jadi, batik fraktal adalah motif batik tradisional yang ditulis secara matematis dimana pola-polanya dihasilkan dari pengembangan ilmu matematika (fraktal) yang diproses oleh teknologi komputer yang proses pengerjaannya dilakukan secara tradisional.

Rumus fraktal akan menghasilkan pola batik dan akan memodifikasinya dengan bantuan teknologi komputer sehingga menciptakan desain pola baru yang sangat beragam. Batik sendiri membawa karakteristik fraktal dan geometri yang dapat digunakan untuk memahami motif batik. Karena bisa dibahasakan secara matematis, Pixel People Project menciptakan perangkat lunak untuk menghasilkan pola batik dengan rumus fraktal yang kemudian dapat diterapkan pada kain atau kanvas. Kreativitas mereka pun mendapatkan penghargaan di UNESCO Award of Excellence 2008, Asia Pacific ICT Award 2009, British Council Indonesia 2010, Brand Ambassador Intel Corp, dan lain-lain. Pencapaian tersebut juga berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata dunia sekaligus mampu memperkenalkan dan melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia.

Teknologi telah memampukan seni tradisional seperti batik untuk melangkah pada level yang lebih tinggi. Melalui batik fraktal diharapkan desainer, industri batik atau tekstil maupun produk kerajinan lainnya di Indonesia dapat mengeksplorasi potensi motif batik dengan lebih mendalam.

Pemanfaatan teknologi dalam sebuah batik, sangatlah penting. Terutama kalau kita membicarakan akan minat dan kesukaan para pencinta batik. Batik fraktal memberikan nuansa baru untuk keberadaan batik di Indonesia itu sendiri, membuat semakin beragam bentuk dan cara pembuatan dari sebuah batik.

Seiring berjalannya waktu, batik sendiri untuk saat ini telah mendapat tempat khusus diseluruh masyarakat Indonesia. Batik tidak lagi dianggap hal kuno, tetapi telah memberikan suatu ciri khas tersendiri bagi yang memakainya. Bila dulu kita melihat batik hanya dipakai untuk acara resmi saja, semisal acara adat atau pun semacamnya, namun sekarang batik telah seakan menjadi pakaian wajib tersendiri yang mesti dipakai. Untuk sekarang, kita tidak mesti menunggu acara-acara resmi dahulu untuk memakai batik, setiap hari kapan pun kita mau, kita berhak memakai batik, membuktikan betapa bangganya dan tidak lagi ada pandangan aneh untuk sebuah batik.

Memang batik telah mendapat tempat khusus di hati masyarakat Indonesia untuk sekarang. Salah satu penyebab trendnya batik, di akibatkan makin kreatif dan inovatif dalam penyajian batik itu sendiri. Untuk saat ini, batik telah mampu di olah dalam berbagai macam bentuk, semisal tas, t-shirt, cindera mata, sepatu, kain, jaket masih banyak lagi. Ini sekaligus makin meyakinkan bahwa besarnya minat orang akan hal-hal yang dari batik.

Bicara soal penyajian batik dalam berbagai bentuk, mengingatkan saya akan sebuah sebuah website toko online bernama berbatik. Disana kita dapat mencari seputar batik (semua tentang batik), dan sangat cocok bagi para pencinta batik, khususnya .

Berikut Ini tampilan dari berbatik.


website berbatik | sumber : disini

Di berbatik, kita dapat mencari dan berbelanja seputar batik. Ada batik untuk anak-anak, accessories berupa cindera mata, sepatu, kain, kebaya, pokoknya banyak deh. Berbatik adalah e-commerce batik pertama di Indonesia mengajak blogger menunjukkan kecintaan pada batik. Cukup dengan belanja online kita bisa dapet sebuah batik, keren ya !

Oh ya, batik itu memang mempunyai kharismatik yang sangat besar, sampai-sampai tokoh-tokoh besar di dunia pun mengakuinya bahkan memakai baju batik. Gak percaya ? Ini, aku lihatin gambar beberapa tokoh dunia yang memakai batik.

Berbatik

Barack Obama | sumber : disini

berbatik

Nelson Mandela | Sumber : disini

Hebat bener ya batik ini, sungguh mengharumkan nama Indonesia di dunia luar.

Jadi, mari kita buktikan kepada dunia akan kebudayaan asli Indonesia yang satu ini, jangan pernah malu atau pun masih memendam perasaan kuno akan sebuah batik, karena itu sungguh sangat salah besar. Batik bukan lagi suatu yang kuno loh, inget batik fraktal adalah bukti suatu kolaborasi teknologi dengan hal tradisional, dan yang terpenting batik itu memiliki ciri khas tersendiri terutama bagi orang yang memakainya.

BATIK ITU INDONESIA BANGET....

kontes blog aku berbatik

Artikel ini diikutsertakan dalam kontes blog "aku berbatik" yang diadakan oleh berbatik

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Batik Itu Indonesia Banget"

  1. klo ane mah senengnya batik bola heheh komen back y

    BalasHapus
  2. itu lagi musim banget ya :D
    aku belom beli nih hih :p

    Oke

    BalasHapus
  3. Cepat-cepatlah beli gan Angga selagi Di berbatik.com lagi discount 20% jarang-jarang kesempatan seperti ini,ayo maksimalkan.haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHA, kamu ian... bisa aja nih :p
      atau elo yang mau neraktir gue ? *mentalGratisan

      Hapus
  4. Batik.
    Maha Karya Indonesia. *niru iklan ji sam soe*
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maha Karya Super Dahsyat dari Indonesia yang bener Oi :p

      Hapus
  5. semuanya tuh pakaibatik indonesia

    BalasHapus
  6. semoga menang..maju batik indonesia...

    BalasHapus
  7. semoga menang gan, bisa buat palentinan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin, aamin...
      palentinan ? pake batik...? why not :p

      Hapus
  8. dulu orang pake batik dibilang mau kondangan
    tapi sekarang batik dipake dimana mana...
    aku juga ke kampus suka pake batik lhooooo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, na ! 100 buat ente...
      aku juga ke kampus suka pake batik, perasaan keliatan lebih gmana gitu :D

      Hapus
  9. nyol,gue penasaran dan pengen lu pake batik trus berpose kayak yg diperaga pak obama dan pak mandela gitu..ga pengen coba nyol??hihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, di tantangin nih ? Oke, ntr aku bakal pake batik dan berpose kayak oom obama dan oom mandel... yang pasti gue keliatan banget kekurangan gizinya :3

      Hapus
  10. Oke! mulai besok dan seterusnya muka juga perlu dibatikin. #okesip #salahgaul

    BalasHapus
  11. asikkk, moga2 menang ya...batik bener2 indonesia banget pokoknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin, thanks yaa bang dakol :p
      Batik itu Indonesia Banget !!

      Hapus
  12. semoga menang nyol aku mau ikutan juga ahh..
    siapa tau jurinya kepicut tulisan jelek saya nanti hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih yaa..
      buruan ikutan ben ntr kalo lo menang, teraktir gue ya :D

      Hapus
  13. Batik! Emang keren sih batik. Apalagi yang masih tradisional banget alias batik tulis. Mahal banget sih, tapi keren. Kalo dipake pun bahannya adem gimana gitu. Hehehehe... :D

    Good luck ya Sob buat lombanya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kata kak glen.
      Batik itu keren, dari proses pembuatannya pun keren...ajib dah.

      makasih ya bung hho

      Hapus
  14. Wah ikut koentes juga ... :D

    Batik itu keran terutama kalau sudah di design batik bola :D

    Semoga meang konetesnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa yen, lumanyun lah kalo menang :D

      batik itu indonesia banget pokoke...

      Hapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols