Belajar Membuat Video Motion Graphics dengan Adobe After Effects (Tutorial Lengkap!)

Seperti yang sudah gue bilang di beberapa postingan gue sebelum-sebelumnya. Sudah hampir 1 tahun belakangan ini gue mencoba menggeluti hal baru dalam hidup gue yaitu dunia videografi.

Ya, walaupun awal memulainya melelahkan tapi ujung-ujungnya bisa juga gue jalanin. Dan sekarang setidaknya gue bisa tersenyum dengan apa yang sudah gue lakuin ini. Yap, segalanya tuh butuh proses. Sama halnya kayak ngeblog. Awalnya juga gue susah menjalaninya. Bingung, galau dan sering terbesit pikiran “Ah, stop aja deh ngeblog. Ngapain… buang-buang waktu aja. Nggak ada hasil!”. Tapi, setelah dijalanin, lama-kelamaan endingnya gue jadi ngerti sendiri apa makna dari ngeblog. Tsaaah!

Ampon, Juk. Kau buka tulisan blog dengan kato-kato yang dalem nian. Apo dio kendak kau nih…

Oke, abaikan saja kalimat pembuka gue yang barusan. Nah, dipostingan kali ini, gue gak bakal bahas macem-macem, gue cuma mau sedikit sharing tentang motion graphics. Ya, kalo mau dibaca syukur… nggak juga… entar kamu nyesel sendiri. Hahaha :p

Mungkin sebagian orang masih banyak belum mengetahui tentang apa itu motion graphics. Termasuk kamu… iya kamu yang baca tulisan ini sekarang. Udah ngaku aja… nanti pantat kamu bisulan batu cincin baru tahu rasa. Hehe, becanda kok.

Belajar motion graphics After Effects Sikonyols


Baiklah, biar nggak bingung, ini gue kasih contoh motion graphics yang pertama kali gue coba buat. Ini gue buat pas bertepatan dengan hari ulang tahun nyokap gue. Jelek banget ya. Hahaha..

A video posted by JUJU Onyols (@sikonyols) on

Jadi, motion graphics atau motion grafis itu masih bagian dari seni desain grafis. Menurut pengertian pada umumnya, motion graphics adalah gabungan dari potongan-potongan desain yang berbasis media visual yang menggabungkan bahasa film dengan desain grafis, seperti memasukan elemen-elemen yang berbeda seperti desain 2d atau 3d, animasi, video, tipografi, ilustrasi, fotografi, dan musik.

Motion grafis dikalangan dunia broadcast memliki kehadiran yang sangat kuat di televisi. Seperti halnya dalam pembuatan komersil grafis, hiburan, promo atau sebuah opening program, grafik berita dan grafis yang terdapat dalam sebuah produk-produk TVC. Dalam dunia perfilman motion grafis biasanya digunakan untuk pembuatan opening tittle atau opening sequence.

Nah, sekarang gimana guys… sudah tahu kan? Atau malah makin puyeng dengkulnya kepalanya?

Kasarnya itu design grafis adalah induknya, sedangkan motion grafis adalah anaknya. Makanya jangan heran ada istilah seorang graphic designer dan ada juga seorang motion designer. Kamu gak usah ribet pilih yang mana. Dua-duanya sama-sama keren. Bisa salah satu aja, itu udah keren. Jago dua-duanya, itu beh… keren buaaaanget!

Ya udah, biar kalian nggak makin penasaran. Berikut ini gue kasih video tutorial membuat motion graphics menggunakan Adobe After Effetcs.


Klik SUBSCRIBE/ LANGGANAN. Gratis kok


Videonya ditonton dengan seksama ya, biar bener-bener jelasan. Dan yang paling penting kamu harus kasih like, comment, dan subscribe channel youtube gue. Gratis kok :)

Cieee… yang sekarang jadi tertarik mau nyoba bikin motion graphics sendiri. Nah, kalo kamu tertarik mencoba, berarti kamu telah menonton video tutorial dari gue. Selamat deh kalo begitu. Dan sebagai referensi, berikut beberapa software membuat motion graphics dan compositing.
  • Adobe After Effects
  • Autodesk Combustion
  • Autodesk Flint or Flame
  • Apple Motion or Shake
  • Maxon Cinema 4D
  • Softimage XSI
  • Autodesk Maya or 3D Studio Max
  • NewTek Lightwave
  • Blender
  • Electric Image
Oke, selamat mencoba ya..

Pesan moral:
Hidup ini untuk belajar... belajar kebaikan misalnya #ASOYDAH

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Belajar Membuat Video Motion Graphics dengan Adobe After Effects (Tutorial Lengkap!)"

  1. untuk list softwarenya lebih keren di kasih tambahan pro kons, trus sama harganya biar kece badai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk urusan itu biarlah kalian mencari tahu sendiri..

      Hapus
  2. dulu pernah bikin sih video ulangtaun buat cewe eh udh jadi mantan deh dr after effect.
    jd gua nya bisa terbang gt trs papan-papan banner di jalan raya semua berubah jd poto dia haha alay dah film pendeknya.
    motion graph emg keren sih, cm gua gak memperdalam hehe

    BalasHapus
  3. Azeeek, teruslah sharing, Ju. Nice!
    Saran, untuk efek lebih smooth bisa tambahkan teknik bouncing. kasih overlap dulu sebelum ke posisi/ukuran end.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh dikomen oleh masternya nih hehe :D
      Masih belajar nih om, hehe..
      Siap-siap :D

      Hapus
    2. Jangan panggil om donggg kan masih muda kak.... hehehe

      Hapus
  4. Gue baru belajar video editing bang. Ntar deh kalo udah lumayan menguasai video editing, baru belajar teknik motion graphics hehe

    BalasHapus
  5. Ju... ada tutorial buat edit sound effect (dubbing) untuk kabaret kah..??? konsep cerita (komedi, religi, cinta)...
    hari H-nya tinggal 4 hari lgi nih.... aaaarrrrgggg... :v :v

    bila berkenan balas komentar sya kang.... \(^.^\)

    BalasHapus
  6. Keren dan sangat bermanfaat artikelnya, gan... Saya juga menulis tentang motion graphics dan tips-tips konten video di blog saya

    BalasHapus
  7. Mari bergabung bersama KARTUVIPQQ Agen Poker Online Win Rate Tertinggi dan Terbesar di Indonesia.

    Jangan menunda kesempatan untuk jadi jutawan, join sekarang juga !!!

    Jangan mengaku jago main poker & domino kalau belum bermain di KARTUVIPQQ

    Kami hadir dengan 9 macam permainan dalam 1 ID :
    - Bandar Poker
    - Poker
    - BandarQ
    - Bandar66
    - Domino99
    - Bandar66
    - Sakong
    - Capsa Susun
    - Perang Baccarat


    Dapatkan bonus terbesar di KARTUVIPQQ
    - BONUS MINGGUAN : 0.5% [Tanpa Syarat]
    - BONUS REFERRAL : 20% [Seumur Hidup]

    Ajak teman anda sebanyak-banyaknya dan tingkatkan turnover Anda, maka makin banyak bonus yang akan di dapatkan.

    Kemenangan anda merupakan kebanggaan kami, karena dengan kemenangan anda, maka anda akan semakin betah bermain di KARTUVIPQQ

    - LiveChat KARTUVIPQQ Online 24 Jam Non Stop
    - Support Platform ANDROID dan IOS
    - Minimal Deposit 15.000 / Withdrawnya Rp 20.000
    - Proses Deposit / Withdraw tidak sampai 3 menit !
    - Bertransaksi di support 5 BANK : BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON
    - 100% Player VS Player ( NO ROBOT / ADMIN!)
    - Win Rate Tertinggi 99% Pasti Menang


    Gabung Di Sini, Lebih Banyak Menangnya !!!

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di.
    Whatsapp : +85510791654

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols