Jangan Suka Berprasangka Buruk, Siapa Tahu Rejeki!

Kali ini gue mau sedikit cerita hal yang mungkin konyol tapi bisa jadi pelajaran hidup untuk kalian semua. Aisssh… berat banget kayaknya pembahasan gue kali ini, hehe. Pokoknya kalian wajib baca sampai habis! :p

Tapi sebelum masuk ke pembahasan inti, gue mau ngasih tahu dua hal.

Pertama, gue mau mengucapkan turut berduka cita atas ‘aksi terror pengeboman’ yang telah menimpa daerah Sarinah-Thamrin, Jakarta. Dari gue, cuma bisa berdoa dan berharap semoga kejadian yang seperti ini nggak terjadi lagi, bukan hanya di Jakarta, termasuk juga untuk daerah-daerah di Indonesia bagian yang lain. Dan juga semoga kedepannya Indonesia makin kuat, makin aman dan sentosa. Aamin. #KamiTidakTakut #FuckYouTerrorist #TertibkanParkirLiar #BerantasKoruptor #SaveJomblo #ASOYDAH

Kedua, pada kamis kemarin (14 Januari 2016), gue masuk tipi lagi loh :p

Berbeda dengan sebelumnya. Kalo kemarin-kemarin gue diundang ke tipi karena komunitas dan semacem menang lomba gitu. Nah, untuk kali ini gue dihubungi langsung oleh pihak stasiun televisi-nya tanpa embel apa-apa. Fiur… emang dicari sebagai bintang tamu. Anjirrr! Kok makin ganteng ya gue. HAHAHA! :D

Well, ini adalah ke-4 kalinya gue masuk tipi dan semuanya itu di stasiun televisi yang sama yaitu Sriwijaya TV. Masih tipi lokal gitu sih (semoga kedepannya nanti tipi yang skala jangkaunnya nasional. Aamin). Bahkan, kalo dipikir-pikir, sejak dari tahun 2013 gue gak pernah absen untuk nongol di tipi ini tiap tahunnya. Serius loh, gue gak bohong. Detailnya seperti berikut ini…
  • Tahun 2013, sebagai pengisi acara, perform stand up comedy (Acara Jankrik 45)
  • Tahun 2014, sebagai bintang tamu bareng komunitas PALVIDGRAM (Acara 15 Online)
  • Tahun 2015, sebagai bintang tamu + main sit-kom (Acara Kosan Mang Cik)
  • Tahun 2016, sebagai bintang tamu (Acara 15 Online)
Alhamdulillah ya Alloh :)

Bagi gue pribadi, masuk tipi di tahun 2016 ini adalah spesial banget. Karena gue diundang langsung oleh pihak televisinya. Kebetulan saat itu, tema yang dibahas pada acara ini adalah tentang “Era-nya Gadget dan Sosial Media”, jadilah mereka mengundang gue sebagai narasumber. Diundang karena katanya cukup paham akan hal itu dan juga sebagai seorang selebgram kota Palembang.

OH SHIT! SPEECHLESS-LAH GUE DIBILANGI KAYAK GITU!! HAHAHA!! *NYENGIR KUDA*


A photo posted by JUJU Onyols (@sikonyols) on


Gue nggak diundang sendirian kok. Ada juga temen gue, yang sesama creator video instagram yaitu Dedi.

Dedi ini bisa dibilang anak didik gue (asoy bahasanya hehe). Ya, dia ini baru aktif bener main video instagram kira-kira awal tahun 2015. Ngeliat dia yang dulu sama yang sekarang, itu jelas beda banget. Perkembangannya sangat signifikan. Dan, gue sebagai salah seorang yang telah banyak ngajarin dia soal video instagram. Ya, senanglah, artinya ilmu yang gue kasih, bermanfaat juga buat orang lain.

Jadi, bisa dibilang acara kemarin itu bintang tamunya seorang guru dan anak murid. Cielaaaaa. Hahaha..

Sebelum bahas inti, ini ada video youtube gue yang terbaru. Semacam pencapaian di tahun 2015 dan resolusi yang ingin dicapai ditahun 2016 ini. Tonton ya dan jangan lupa SUBSCRIBE! :)




Salah satu sifat buruk manusia adalah suka berprasangka buruk (baca: suudzon). Bener nggak sih?

Gue sendiri gak mau munafik, gue termasuk orang yang suka banget berprasangka buruk. Bukan berarti setiap orang bakal gue pikirin jelek, bukan. Maksudnya itu, lebih kepada orang yang baru dikenal dan yang menyangkut urusan kerja. Dan gue tahu, berprasangka buruk ini nggak baik. Karena, jika salah dikit ujung-ujungnya nanti jadi fitnah, dan malah berdosa sendiri untuk diri kita. *Benerin kopiah*

Cuma, ya mau gimana lagi. Orang baik yang hidup di dunia ini ada banyak dan begitu pun orang yang jahat. Jadi, berprasangka buruk itu menurut gue nggak salah juga, ya sebagai cara kita biar aman aja kalo sewaktu-waktu berhadapan dengan orang jahat. Ya nggak?

Betewe ini gue ngomong apa sih? SOK BIJAK BENER! JIJIK!! :(

Di postingan ini, gue nggak akan bahas soal berprasangka buruk dalam arti hubungan manusiawi. Semacem menjelek-jelekkan orang, nggak ya. Tapi, lebih kepada hal berbagi cerita soal hubungan ‘berprasangka buruk dengan rejeki’. Weh… udah kayak orang bener belom gue? Haha

Tahun 2015 kemarin, bisa dibilang gue kebanjiran banyak rejeki, alhamdulillah. Ya, lo baca aja deh postingan gue yang di sini. Dan dari sekian banyak itu, ada 3 hal yang bikin gue nyesel banget karena udah berpikiran jelek. Yaudah biar nggak penasaran, akan gue ceritain satu per-satu.

Harusnya liburan ke Jogjakarta, Gratis!

Sekitaran awal bulan oktober 2015 yang lalu, gue dikasih kabar oleh ketua Stand-up Comedy Palembang, kak Arul. Selain menjabat ketua, sehari-harinya beliau ini bekerja di salah satu BUMN Indonesia, inisialnya PLN.

Malam itu, sekitaran jam 8 malam, gue mendapat pesan BBM dari kak Arul.

“Ju, mau liburan ke Jogjakarta nggak?”

Orang bego mana yang menolak liburan, iya nggak. Lalu, langsung aja gue jawab. “Mau lah kak… kalo itu gratis”. Informasi aja, chat yang begitu namanya bukan kode keras tapi gak tahu malu :p

“Iya, Ju, ini liburannya gratis. Tapi Juju mesti nulis semacem artikel gitu di suatu portal. Kasarnya, kayak ikutan lomba gitu. Kalo menang baru deh bisa ke Jogja.”

Gue antusias mendengarnya. Antusias banget coy. “Hah? Cuma nulis? Serius kak?”

“Nanti deh, pas Openmic kakak jelasin ya. Sekalian minta e-mailnya ya, Ju. Kakak mau forward tentang informasi ini. Soalnya dapet dari temen kakak”

Berbalasan pesan BBM pun berakhir ditandai dengan emoticon titik dua bintang tutup kurung, dan gak lama kemudian, gue buka email dari kak Arul, malam itu juga. Gue agak bingung baca email forward-nya. Tambah bingung lagi, ketika tahu bahwa tema tulisan yang kudu dibuat adalah “Peran Generasi Muda Dalam Pencegahan Terorisme”.

Nah, di sini sifat berprasangka buruk gue muncul. Ngeliat ada hal yang berbau ‘terorisme’, gue langsung nggak antusias lagi menanggepinnya. Ya, gue udah mikir yang aneh-aneh. Manusiawi-lah gue rasa itu ya. Siapa orang yang di dunia ini mau berurusan dengan hal yang berbau ‘terorisme’. Dan tanpa panjang lebar lagi, gue pun menolak tawaran ini.

Sampai akhirnya, pas hari sumpah pemuda, tanggal 28 Oktober 2015. Paginya gue buka twitter. Kebetulan gue follow akun berita @LIPUTAN6, dan ngeliat twit dari akun ini tentang seputar hari sumpah pemuda, gue pun seketika menyesal. Karena akun itu lagi live tweet report memberitakan bahwa saat itu di Jogjakarta lagi diadakan pertemuan dengan perwakilan generasi muda dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia yang diadakan oleh BNPT.

Sekedar informasi, itu adalah acara dari e-mail forward yang gue dapat dari Kak Arul. Iya, gue nggak bohong. Jadi kasarnya, gue mesti nulis artikel dengan tema yang tadi. Terus kalo tulisan gue terpilih, gue berangkat ke Jogja, ke acara tersebut.

Well, di sini gara-gara prasangka buruk gue, rejeki liburan gratis pun hilang. Pinter, Ju!

Harusnya liburan ke Bangka Belitung, Gratis!

Satu bulan kemudian, hal serupa gue alamin. Nggak dari Kak Arul, tapi ini dari instagram. Tepatnya, tanggal 10 November 2015 yang lalu. Akun instagram @palvidgram dapet DM dari salah satu akun official provider, inisialnya XL.

Awalnya sih gue percaya aja kalo itu akun asli, tapi setelah baca DM-nya, gue mulai berprasangka buruk. Isinya itu… ngajak salah satu orang perwakilan dari Palvidgram (admin) untuk ikut seminar tentang social media dan sekaligus gathering sesama admin media online di Palembang pada tanggal 5-7 Desember 2015. Dan ini semuanya gratis!

Dan begonya gue saat itu, nggak cari tahu dulu akun resmi instagram XL regional Palembang itu apa, tapi langsung aja menanggepi DM tersebut dengan prasangka buruk. “Ah, ini pasti palsu. Pasti penipuan.” Alhasil, DM itu gue biarin begitu saja.

Sampai akhirnya, hal yang sama terjadi. Pagi, tanggal 5 Desember 2015. Gue buka twitter (jam-jam gue maen twitter sekarang antara pagi dan tengah malam). Gue lihat tweetan dari akun informasi kota Palembang yang kebetulan gue follow yaitu @AboutPalembang. Isinya kayak gini…


Liburan Ke Bangka Belitung Gratis


Pas baca twit itu, pikiran gue langsung terhubung dengan DM-an dari XL waktu itu. “ANJRITTT… INI JANGAN-JANGAN?”

Buru-buru deh gue buka akun Palvidgram, terus bales DM yang dari XL tersebut. Dan… jawabannya bener-bener bikin gue kesel dan nyesel dua kali. Tanpa gue ceritain pun kalian pasti tahu ya. Haha :’)

Yap, bener banget. Dua kali gue nolak rejeki Cuma gara-gara prasangka buruk.

Sekedar informasi aja, gue sekarang dapet amanat buat menjadi ketua koordinasi Palvidgram. Founder Palvidgram-nya lagi banyak urusan, jadi dianya udah gak ke-handle lagi kalo harus ngurus Palvidgram. Jadi, ya bisa dibilang gue yang meng-koordinasikan saat ini. Tapi, bukan admin. Pokoknya sosok admin dirahasiakan :)

Nyaris Nolak Jam Tangan Mahal!

Seakan belajar dari kesalahan, gue pun mencoba untuk merubah cara berfikir. Nggak merubah seutuhnya, tapi lebih… menerima namun tetep dicari tahu sampai bener-bener valid, itu beneran atau palsu.

Dasar emang rejeki gue, di bulan Desember itu juga. Gue kembali dapet rejeki.

Ada pesan yang masuk ke e-mail gue dari seseorang. Semacam tawaran endorsement. Jujur saja nih, selama main instagram sudah hampir 1 tahun lebih. Ya, alhamdulillah gue udah beberapa kali dapet tawaran endorsement ataupun paid promote, entah via e-mail, DM, line, dsb. Dan sekedar informasi juga, gak semuanya tawaran endorsement itu berujung manis. Ada yang deal, kandas ditengah jalan, bahkan ternyata nipu, maunya endorse tetapi malah mau hack akun instagram. Semacam ngasih fake link (baca: phising). Serem.

Makanya, melihat e-mail tawaran endorse yang kayak gini. Gue biasa-biasa aja, nggak terlalu bersemangat banget.

Sewaktu gue ngeliat e-mailnya, gue udah mulai berprasangka buruk loh. Apalagi isi e-mailnya pakai bahasa inggris, dan brand yang nawarin endorse ke gue ini bukanlah sembarangan yaitu Daniel Wellington (produk jam tangan gitu). Ditunjang juga, link-link yang nggak meyakinkan di e-mail tersebut. Mulai deh prasangka buruk.


Sikonyols Endorsement Daniel Wellington


“Haduh, palsu lagi deh ini.” Yaudah, nggak gue respon.

Dua minggu berlalu begitu saja. Dan hal aneh pun terjadi, di tanggal 25 Desember 2015. Gue dapet pesan lagi dari orang yang sama. Inti pesannya yaitu menanyakan gue, kenapa nggak respon e-mail dari mereka. Apakah gue nggak tertarik, tanya orang yang kirim e-mail ke gue ini.


Sikonyols Endorsement Daniel Wellingtong


Ya, gue sebagai orang yang nggak mudah percaya sama orang lain. Kalo udah dapet e-mail 2x kali kayak gini, gue mulai rada bimbang. Antara percaya, apakah itu beneran atau palsu. Namun, inget dengan hal-hal sebelumnya, gue coba untuk belajar dari kesalahan dan coba untuk percaya. Gue berdoa semoga ini bukan bohongan, bukan penipuan.

Gue pun jawab e-mailnya. Gak lama kemudian dapet balesan lagi, dan gue diminta pilih jam yang gue inginkan sekaligus kasih alamat lengkap rumah gue. Selesai semua, ya gue cuma bisa berdoa, semoga nggak ada hal aneh apalah nantinya yang menimpa gue.

Hari-hari berlalu sampai akhirnya tahun baru 2016 pun tiba.

Sekitar jam 1 siang di hari pertama tahun 2016, nggak ada angin, nggak ada hujan. Ada orang datang ke rumah gue, ngirimin sebuah paket. Terus terang gue nggak belanja online apa-apa selama beberapa hari sebelumnya. Makanya agak heran dengan kiriman paket itu. Dan barulah sadar… “OH SHIT! NGGAK MUNGKIN INI JAM TANGAN ITU?”. Gue ngomong dalem hati.

Setelah urusan tanda tangan paket sama kurir selesai. Gue buru-buru masuk kamar… dan buka paket itu. Dan mau tahu apa hasilnya…. BOOOM! BENERAN JAM TANGAN DANIEL WELLINGTON. ASLI. ADA GARANSINYA! ANJIRRRRRRRR!!


Asli coy! Hehe :p

A photo posted by JUJU Onyols (@sikonyols) on
Jamnya udah gue posting ke instagram gue. Ganteng dikit cekrek!

Well, sorry ya tulisan gue agak panjang. Maklum rata-rata cewek suka yang panjang. Ehmmm… uhmm… oke, skip!

Ya, intinya sih… semoga dari beberapa kejadian yang gue alamin ini. Kalian bisa ambil hikmahnya. Berhati-hati boleh, tapi jangan sampai berprasangka buruk kayak gue ini. Entar malah nyesel sendiri loh. Dari kejadian yang gue alamin ini, gue jadi belajar banyak hal bahwasanya nggak semuanya itu buruk, selagi kita berfikirnya positif, insyallah itu baik. Bukan begitu? Asoydah!

Pernah mengalami hal serupa? Yuk komen dibawah ya! :)

Subscribe to receive free email updates:

43 Responses to "Jangan Suka Berprasangka Buruk, Siapa Tahu Rejeki!"

  1. waduh serius tuh bang yg jam tangan? weleh2 kok brani y mereka ngasih jam tangan gratis gitu :3 btw saya jg kadang radak bingung karna email jg bercampur dg spam, endorsment, phising, dll. mana bhs inggris saya jelek banget wkwkwkwk. btw slamat ye bang nyang jd artis wkwkwk :v

    klo yg kyk begini saya dah tiap hari atau tiap jam ngalamin wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya berani aja sih, kalo emang niatnya buat promosiin produk jualannya.

      Lebih berhati-hati aja, jangan asal klik takutnya malah phising.

      Alhamdulillah kalo lo bilang gue artis :p

      Hapus
  2. asik bang jam tangannya, udah jangan suudzon lagi, kalo spam biasanya juga soal yg gitu2 toh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nggak lagi mau suudzon-an deh, gak baik :D
      Thanks yaa

      Hapus
  3. Wah, nolak liburan di dua kota. Sayang banget. Untungnya, pas yang kedua ngga ketolak~

    BalasHapus
  4. wanjir mantep nian ju dapet DW ori!!! keren!!! asoydah! Hahahaha XD

    BalasHapus
  5. mantaaap.. emang rejeki gak kemana, kalau emang udah waktunya dapet jam tangan, ya sampai juga jamnya.. mungkin yang dulu2 emang belum waktunya aja.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya nih.
      Mungkin nanti dapet rejeki yang lebih indah lagi. Aamin :D

      Hapus
  6. Keren nyol, untung dah berakhir happy ending dapet jam tangan...hahaha

    BalasHapus
  7. Mau juga dong jadi muridnya, Juu. :P

    Eh ini Daniel Wellington asli anjir! Asoy banget lah ya endorse-nya yang beginian. Alhamdulillah sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, gak usalah.
      Bukan guru yang baik gue ini :p

      Iya nih, alhamdulillah haha

      Hapus
  8. Alhamdulillah rejeki nomplok. dapet jam geratiss. :')

    BalasHapus
  9. Waduh sayang amat ya gara-gara suudzon nmalah jadi rugi. Hohoho. Anyway, congrats ju! Makin banyak job aja nih kayaknya! \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang nggak mau lagi suudzon, Di. Haha
      Aamin, semoga beneran banyak job ya alloh :p

      Hapus
    2. Aamiin! Gue juga deh. Hahaha. :))

      Hapus
  10. Wah si konyols makin ngehits sekarang...congrats atas semua pencapaian...keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dikomen oleh blogger senior nih.
      Alhamdulillah bang :D

      Hapus
  11. Yang liburan mungkin emang belum rejeki kak, Buktinya jam tangan tetep aja nyampe walauupun awalnya dicuekin. Rejeki gak bakal ketuker. Semoga semua yang baca bisa dapet pelajaran dari tulisan ini :D

    BalasHapus
  12. gue yang bacanya ikut menyesalkan prasangka buruk lo hahaha
    untung jam tangannya nggk raib kaya liburan di dua kota itu ya :D

    BalasHapus
  13. Wah mau dong jamnya.. branded mahal dikasih gratis pula. Sama gue aja mas ju: D

    BalasHapus
  14. YASSALAM ITU YANG BNPT GUE JUGA NGALAMIN BANG JUUUUUU. PENGEN BANGET IKUT TAPI KARENA SESUATU DAN LAIN HAL JADI NGGAK BISA. PRASANGKA BURUK MENJAUHKAN DARI REZEKI YA KADANG-KADANG :'D
    Seandainya ikut mungkin kita bisa berjumpa dan selfie bareng :'3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, depa dapet juga ya info itu. Wah, samaan dong berati kita. Haha, batal selfie bareng :p

      Hapus
  15. suudzon bikin nyesel ya ternyata

    BalasHapus
  16. Gue pernah dapet hal yang sama. Di Instagram juga. Ada brand sepatu keren yang nge-DM gue. ceritanya bisa dicek aja di postingan terbaru gue huehehe #SekalianPromosi

    Salam, Indra Permana

    BalasHapus
  17. wah ketemu bujang kreatif asal palembang.
    bangga bisa tahu blog ini. sukses trus si konyol!
    soal prasangka buruk,yakin pasti konyol bisa milah-milih tawaran mana yg asli atau tipu-menipu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, orang palembang juga kah?
      Syukurlah kalo udah nemuin blog ini haha :p

      Siap bang, bakal lebih hati-hati pokoknya

      Hapus
  18. Njirr..ntap banget lo bang. Mao mau orangnya, eh jam tangannya :')

    BalasHapus
  19. Kemaran juga saya dapat email dari brand ternama
    awalnya emg agak ragu baget, tpi di coba aja
    kalau emg bener rejeki ya dapet, kalau ngak berarti bukan rejeki
    dan ternayata bener saya dapet vouncher benlanja gratis

    BalasHapus
  20. Widih, belajar banyak dari tulisan ini. Makasih, Nyols! Nggak bakal ngelakuin hal yang sama kayak lo nih wkwkwkwkw.

    BalasHapus
  21. Jam tangannya boleh juga, btw bisa banyak belajar nih gue dari post ini. Mantaph!

    BalasHapus
  22. banga gua mau nanya gua juga punya blog tapi knapa blog gua susah di iklanin gmna solusi nya bang pusing gua jadi gua mainin nya skrang di youtube . makasih

    BalasHapus
  23. Bisa juga ya,,,, bermula dari berprasangka buruk, malah menjadi rejeki.
    Hahaha

    BalasHapus
  24. KARTUVIPQQ

    Situs judi online Domino QQ dan Poker Terpercaya se Indonesia yang Memberikan pelayanan maksimal dan terbaik

    Mari daftarkan diri anda sekarang juga di situs judi online terbaik dan terpercaya :


    KARTUVIPQQ menyediakan 9 games yang dapat dimainkan dalam 1 AKUN

    *ADU Q
    *POKER
    *DOMINO
    *CAPSA SUSUN
    *BANDAR Q
    *BANDAR POKER
    *BANDAR SAKONG
    *BANDAR 66
    *PERANG BACCARAT

    Promo yang disediakan KARTUVIPQQ

    *Bonus Turn Over 0.5%
    *Bonus Referral 10% + 10%
    *Bonus Jackpot Terbesar


    Minimal Deposit : Rp 15.000
    Minimal WithdrAw : 20.000


    Kami menyediakan 5 bank untuk mempermudah transaksi anda.
    BCA - BRI - BNI - DANAMON - MANDIRI


    Kelebihan - kelebihan yang disediakan jika anda bergabung bersama kami di KARTUVIPQQ :
    *Layanan untuk LiveChat & Whatsapp Fast Respon 24 Jam
    *Proses untuk Deposit & Withdraw hanya membutuhkan waktu 1-3 menit (Jika keadaan bank normal)
    *Fairplay 100% Murni player vs player / NO ROBOT
    *Bisa di proses 24 jam nonstop

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di.
    Whatsapp : +85510791654

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols