Untuk Blogger Indonesia, Selamat Hari Blogger Nasional

Untuk kalian (yang ngakunya) blogger Indonesia, ada yang tahu tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari apa? Ah sudahlah, gue rasa nggak ada yang tahu. Buat yang sudah tahu, kalian hebat!

Sekedar informasi aja, hari ini, tanggal 27 Oktober diperingatin sebagai HARI BLOGGER NASIONAL. Gue rasa, sedikit dari temen-temen blogger yang tahu bahwa hari ini diperingati sebagai hari blogger nasional. Iya kan? Udahlah, ngaku aja...

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL SIKONYOLS

Sewaktu gue belom ngeblog, dulunya gue juga nggak tahu ada hal istimewa apa di balik tanggal 27 Oktober. Yang gue tahu, besoknya, tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Namun, setelah gue mencoba serius ngeblog, sejak dua tahun silam. Akhirnya, gue pun menyadari bahwa ada something special di tanggal 27 Oktober. Yap, itu adalah hari blogger nasional (~‾ ‾)~

Peringatan hari blogger nasional memang tidak sebegitu ‘wah’ jika dibandingkan dengan peringatan hari yang lain di Indonesia. Ini dikarenakan kalangan awam (bukan blogger) banyak yang tidak tahu. Tapi jangankan mereka, sesama blogger aja masih banyak yang nggak tahu. Iya kan? Udahlah, ngaku aja...

Bagi gue pribadi, gue bersyukur telah menjadi seorang blogger. Gue juga tidak pernah menyesali sedikit pun keputusan itu. Yang ada malah, gue sekarang bisa tersenyum bahagia. Karena setidaknya keputusan yang gue pilih tidaklah salah. Ngeblog ternyata bukanlah aktivitas yang membuang-buang waktu tapi salah satu aktivitas yang menyenangkan dan juga bermanfaat.

Kalo seandainya bisa flashback, justru gue pengen bisa ngeblog dari sejak lama lho :)

Gue kenal blog sejak zaman SMP, sekitar tahun 2008. Tapi sayang, waktu itu cuma sebatas kenal alias nggak pernah mencoba sama sekali. Habisnya untuk internetan di zaman itu susahnya minta ampun. Terus juga, kalo mau internetan, ya harus ke warnet. Bayangin aja, tiap hari gue ngelakuin hal kayak gitu. Hasilnya, gue bangkrut, pulang-pulang malah dapet ceramah dari orang tua. Maklum, waktu itu gue masih SMP coy. Uhuk! *ngemut dasi*

Ngomongin hari blogger nasional, gue rasa memang banyak blogger yang nggak tahu akan informasi ini. Maka dari itu, biar semua jadi tahu dan nggak kudet lagi, ini gue mau berbagi informasi sekilas ‘sejarah lahirnya hari blogger nasional’.

SEJARAH LAHIRNYA HARI BLOGGER NASIONAL

Hari Blogger Nasional dicetuskan pertama kali pada tanggal 27 Oktober 2007 oleh bapak Muhammad Nuh (yang waktu itu menjabat sebagai Menkominfo). Pendeklarasian Hari Blogger Nasional itu juga bertepatan dengan digelarnya acara Pesta Blogger 2007.

Pesta Blogger merupakan sebuah acara gathering blogger nasional terbesar yang untuk pertama kalinya digelar. Acara saat itu dihadiri kurang lebih 500 blogger dari berbagai daerah di Indonesia dan berlangsung di Blitz Megaplex, Jakarta.

Pesta Blogger 2007 2014 2015
Suasana Pesta Blogger 2007

Untuk lebih lengkapnya bisa temen-temen baca di sini.

Oh iya, kalo kalian baca dengan seksama artikel tersebut, ada banyak hal positif lho yang disampaikan bapak Nuh mengenai sosok blogger. Katanya “blogger memiliki peran penting dalam hal edukasi dan memberdayakan masyarakat. Dan juga agar senantiasa blogger tidak 'malu-malu' ataupun takut dalam menulis blog”. Asoydah!

Melihat dari peristiwa itu, berarti saat ini sudah masuk usia yang ke-7 tahun untuk hari blogger nasional. Wah hebat ya ~(‘’~)

Untuk sekarang Pesta Blogger hanya tinggal kenangan. Acara ini hanya bertahan selama 4 tahun. Terakhir diselenggarakan pada tahun 2010. Dan setelah itu, pada tahun 2011 berganti nama menjadi ON | OFF Indonesia (OnOffID).

LOGO PESTA BLOGGER DAN SOSIAL MEDIA FESTIVAL SIKONYOLS
Pesta Blogger - ON | OFF Indonesia

Pesta Blogger yang saat itu hanya berfokus kepada pesta akbar pertemuan para blogger se-Indonesia. Sejak berganti nama, berganti pula konsepnya. Bukan lagi sekedar pertemuan blogger namun mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis. Acaranya saat itu mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya.

Well oh well... terasa banget ya perbedaanya.

Mau tahu bagaimana ending dari event tersebut? Yup, kini acara yang semacam itu telah matot alias mati total alias bener-bener sudah tidak ada lagi. Baik Pesta Blogger maupun On Off ID, semua telah menghilang.

Sayang banget ya, padahal banyak bermunculan blogger-blogger hebat dari acara tersebut. Sebut saja Raditya Dika, Bena Kribo, Sikonyols Ndoro Kakung, dan masih banyak lagi.

Uhm...

Gue nggak tahu pasti apa penyebab event besar para blogger Indonesia ini tidak diadakan lagi. Apakah karena pembahasannya sudah nggak asyik lagi? Apakah karena kekurangan dana buat menyelenggarakan acara yang semacam ini lagi? Atau mungkin ada skandal lain? Entahlah, gue juga nggak tahu.

Saat event ini ada, jujur aja, gue masih SMP dan saat itu gue belom ada niatan sama sekali untuk mencoba yang namanya ngeblog. Gue bisa nulis tentang sejarah hari blogger nasional ini, karena gue mengumpulkannya dari beberapa tulisan blogger yang mungkin saat itu, mereka ikut langsung dalam event tersebut. Jadi, mohon maaf aja kalo seandainya gue ada salah-salah dalam penggunaan kata dan kalimat.

Untuk tahun kemarin, gue sendiri memperingati hari blogger nasional sembari gathering dengan komunitas blogger yang ada di kampus gue. Namanya Blogger UNSRI. Tenang, ceritanya sendiri ada kok diblog gue, klik aja di sini.

Perihal kenapa tidak diadakan lagi event besar blogger Indonesia. Konon katanya karena pamor blog sudah menurun dengan seiring bermunculannya sosial media jenis lain. Uhm... bisa jadi sih.

Tapi terlepas dari itu semua, menurut gue, blog adalah sosial media yang posisinya sulit untuk digeser oleh sosial media manapun. Kalo sosial media lain, mungkin bisa menjenuhkan, namun beda untuk blog. Sampai sejauh ini, itulah yang gue rasakan :)

Kalo kalian ngeblog tapi merasa jenuh, mungkin ada yang salah saat kalian memulai ngeblognya. Untuk itu, ini tips untuk memulai ngeblog yang baik dan benar dari gue, semoga bermanfaat.

Memang benar, tidak ada lagi event besar untuk blogger Indonesia semacam Pesta Blogger. Ya, tidak apa-apa. Namun, itu semua bisa terobati lewat gathering komunitas blogger di masing-masing daerah, bukan begitu?

Yang terpenting kita semua tetap semangat dalam ngeblognya. Dan logika sederhananya menjadi blogger seperti ini, pernah nggak kalian mikir kalo seandainya nggak ada blogger di dunia ini? Ya, mbah google nggak bakal keren men! :)

Maka dari itu, di Hari Blogger Nasional ini, mari kita bangkitkan kembali semangat ngeblog untuk kita semua wahai para blogger. Jangan biarkan ngeblog hanya menjadi sebuah trend sesa(a)t.

Dan terakhir, berharap semoga kedepannya ada pihak swasta ataupun pemerintah yang tergerak hatinya untuk menghidupkan kembali event blogger nasional seperti Pesta Blogger. Aamin (^v^)

Salam dari gue…

Untuk blogger Indonesia, selamat hari blogger nasional!

Subscribe to receive free email updates:

50 Responses to "Untuk Blogger Indonesia, Selamat Hari Blogger Nasional"

  1. Ooh jadi sekarang udah gak ada lagi yaa acara pesta bloggernya.. Sayang juga yaa!! ( tapi kalaupun masih ada saya juga belum tentu bisa ikutan ) ^_^
    Selamat Hari Blogger Nasional!

    BalasHapus
  2. Sepertinya pamor blog sekarang udah mulai turun kembali, dikarenakan sekarang lagi heboh-hebohnya sama video-video di Instagram maupun Vine, kalo menurut pandangan saya sih ya emang bener. Tapi ya mari kita konsisten ngeblog!!

    *padahal saya juga gak konsisten ngeblog. Hampir beberapa bulan gak ngeblog* *tempeleng diri sendiri*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sih, tapi jangan khawatir. Blog masih tetep dihati.
      Anggap aja maen sosial media seperti instagram ataupun vine hanyalah selingan belaka :)

      Semoga jadi rajin ngeblog kembali.
      Semangat!

      Hapus
  3. Isnpirasi lu bikin gue gigit jempol

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan tulisan 'isnpirasi' lu bikin gue gigit bibir :(

      Hapus
  4. SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL YAAAA NYOOOOOLS *capslock jebol* :D

    BalasHapus
  5. Gue baru tau ternyata sejarahnya begitu, dan gue juga baru tau tadi siang kalau hari ini hari blogger nasional :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa, yang penting sekarang sudah tahu kan?

      Hapus
  6. Gue juga gak tau gue blogger apa bukan, cuma ngaku2 aja sih. Hahaha.
    Eh itu gue baru tau lho sejarahnya gitu. Selamat hari blogger nasional! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah punya blog dan suka nulis diblog, ya bisa dibilang sudah menjadi blogger sih.
      Syukurlah kalo sekarang sudah tahu.

      Selamat hari blogger nasional :)

      Hapus
  7. Selamat hari blogger Nasional !!

    BalasHapus
  8. Baru pulang dinas sempet-sempetin buat artikel Hari blogger Nasional alhamdulillah dah di publish. Tapi gue sejarahnya baru tau dari blog nya bang juju konyols hehe.. maklum bang anak kemaren. Selamat Hari Blogger Nasional Semuanya, semoga silaturrahim nya tetap terjaga amin,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih, salut juga gue dengan semangat lo, Bro!
      Dan jadi ikut seneng juga, ternyata postingan gue bisa membantu lo jadi tahu soal sejarah hari blogger nasional.
      Aamin :)

      Hapus
  9. wow.. baru tau sejarahnya hari blogger nasional, selama ini cuma tau kalo hari blogger tgl 27 okt --"
    pingin ikutan acara2 macem onoff tapi..... jauh haha salam kenal :D

    BalasHapus
  10. wahah gue baru tau sejarahnya.. ngeblog biar nggak goblog hasyekkk :p

    BalasHapus
  11. Hemm yah bener tuh uda nggak ada lagi. Padahal gue tergerak nge-blog saat liat pesta blogger. Apa blog uda nggak berjaya lagi yah? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tahu deh, tapi semoga aja ada event yang seperti ini lagi. Aamin.

      Hapus
  12. begitu bangun tidur di tgl 27 oktober langsung ngetwit 'selamat hari blogger nasional' loh :D gak pernah nyesel jadi seorang blogger, ya walopun masih amatiran. coba kenal blog dari lahir ..hmmm

    BalasHapus
  13. Selamat hari blogger teman-temans :D

    BalasHapus
  14. Kalo tahun 2007 gue malah belum kenal blog. Kenal sih baru tahun lalu, mudah-mudahan tetep ngeblog sampe nanti, hehe..

    BalasHapus
  15. hii..juju onyols yang keren...
    selamar hari blogger nasional yak...
    aku dulu waktu kuliah, yang namanya internet itu juga butuh perjuangan ke warnet..
    dulu pake internet gratisan pulsanya 50 rb dari daftar ulang kuliah, tapi nunggunya juga lama , lha mahasiswanya lama
    kalo ke warnet juga nunggu tengah mlam yang paket 7rb dapet 3 jam hahaha..

    sekarang udah ngenet dikamar sendiri..alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, dapet komenan dari bang Whizi. Makasih ya..
      Bener, dulu kalo mau internetan susahnya minta ampun, sekarang sudah lebih nyaman.
      Dikamar sendiri aja sudah bisa internetan. Asoydah!

      Selamat hari blogger juga bang :)

      Hapus
  16. Kalo gue sih baru kenal blog 2010, masih 1 SMP. Sama sih cuma sekedar kenal, dan coba bikin yang isinya cuma copas-copasan lirik lagu. Kalo gue tau nih fungsi blog kaya sekarang, udah mulai dari dulu nih. Nice post! Selamat Hari Blogger Nasional bang Juju Onyols!✌/ (/‾▿‾)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, berarti kita sama ya.
      Ya wes, semoga tetep semangat ngeblognya. Hobla! :)

      Hapus
  17. wahh..seru banget kayaknya disana, kita-kita disini hanya skedar ngumpul-ngumpul doang sesama blogger lainnya, ya cuma bercerita hal ylain diluar blogger jadinya ngerumpi dech.

    semoga dengan adanya hari memperingati blogger ini, kita semua bisa bersaudara, karena pengguna blog banyak yang hanya bisa menyapa dalam maya.kelak semoga bisa bertemu dan berpesta layaknya hari raya,.setuju..!!

    BalasHapus
  18. Semoga cepet diresmiin sama pemerintah beneran, biar asoy. Haha pesta blogger pernah ganti nama kan pas tahun 2010an. Blogger nusantara kalo gak salah namanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kurang tahu gue soal itu, Dwi.
      Aamin, semoga pemerintah baik hatinya...

      Hapus
  19. ingin deh ikutan acara2 kayak gitu. :')

    BalasHapus
  20. Iyah, kenapa ya gak ada perayaan akbar lagi untuk memperingati ini? :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tahu juga kenapa acara keren seperti ini, malah ditiadakan huhu :(

      Hapus
  21. karena belakangan ini gue sudah menulis rutin, ya minimal seminggu sekali lah..
    banyak temen-temen gue yang manggil gue mr. blogger, dan gue merasa. kalo gue ini pantas dipanggil blogger, haha daripada dipanggil alayers, panggilan blogger lebih keren
    dan temen-temen gue di dunia nyata, jarang banget yang bisa konsisten, dengan seringnya gue memposting, banyak yang minta saran, gimana biar bisa konsisten..
    selamat hari blogger ya, meski telat tapi gue ucapkan, sekali lagi selamat hari blogger yak bro.. haha
    gue berharap tahun depan ada yang menyelenggarakan.. aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai blogger Mr. Blogger :)
      Bagus tuh tandanya temen-temen lo udah mengakui lo. Keren..

      Yoi selamat hari blogger juga

      Hapus
  22. Meskipun telat, selamat hari Blogger Nasional juga yaa, semuanya... untuk seluruh blogger di alam semesta :)

    BalasHapus
  23. Hai Teman ..kami dari Agen poker terbaik dan agen poker terpercaya ingin mengajak kamu bergabung di DNAPOKER.
    ♠ Bonus New Member 20% max bonus Rp 300.000,-
    ♣ Bonus setiap Deposit 5% max bonus Rp 100.000,-
    ♥ Bonus Cashback rollingan 0,3%
    ♦ Bonus Refferal 15% ( Seumur Hidup )
    Untuk info lebih lanjut :
    WA : +8558692773
    link alternatif kami :
    www.dnawin.net
    www.dnawin.co
    www.dnapoker.com

    BalasHapus
  24. Mari Bergabung di KartuVIPQQ Situs Judi Online Terpercaya dan Win Rate Tertinggi di Indonesia

    KARTUVIPQQ MENYEDIAKAN 9 PERMAINAN KARTU POPULER:
    BANDAR66| DOMINO QQ | POKER | BANDAR POKER | SAKONG | CAPSA SUSUN | ADUQ | BANDARQ | PERANG BACCARAT


    Dengan Proses Deposit & Withdraw yang super CEPAT
    Min. Deposit Dimulai Dari 15 RIBU
    Withdraw minimal 20 RIBU

    DI SUPPORT 5 BANK TERBESAR & TERNAMA
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON

    KARTUVIPQQ Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0.5%
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP 20%

    ! Permainan 100% Murni Player Vs Player, No Robot !
    JADI, TUNGGU APALAGI?

    GABUNG BERSAMA KAMI DI KARTUVIPQQ
    LINE : kartuvipqq
    WHATSAPP : +85510791654
    Wechat : kartuvipqq

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols